Comscore Tracker

9 Cara Mengembalikan Warna Pakaian yang Kelunturan, Bisa Pakai MSG!

#IDNTimesLife pakaian lama bisa seperti baru

Tentu menyebalkan apabila warna pakaian kita tak sengaja terkena noda luntur. Apalagi, pakaian itu merupakan barang kesayangan kita. Kita cenderung panik dan bingung ingin membuangnya atau tetap disimpan.

Jika pakaian yang kelunturan berwarna putih, kamu mungkin hanya membutuhkan pemutih sebagai solusi. Namun, bagaimana dengan pakaian bermotif dan berwarna? Dari beberapa sumber, berikut IDN Times akan memberikan cara mengembalikan warna pakaian yang kelunturan.

1. MSG

9 Cara Mengembalikan Warna Pakaian yang Kelunturan, Bisa Pakai MSG!hellosehat.com

MSG (monosodium glutamat) dikenal sebagai bahan penyedap rasa masakan. Tapi ternyata, MSG juga dapat membantu kita dalam mengembalikan warna pakaian, lho!

Caranya mudah, cukup campurkan sedikit MSG dengan detergen ketika mencuci pakaian. Kemudian, kucek seperti biasa.

2. Belimbing wuluh

9 Cara Mengembalikan Warna Pakaian yang Kelunturan, Bisa Pakai MSG!pixabay.com/Elenza

Belimbing wuluh memiliki sifat asam, sehingga termasuk sebagai bahan penghapus noda luntur yang efektif. Untuk menggunakannya, kamu hanya perlu memotong belimbing wuluh menjadi dua bagian.

Kemudian, gosokkan daging buahnya pada noda luntur di pakaianmu dan diamkan selama 30 menit. Setelah itu, kamu bisa lanjut mencucinya dengan menggunakan detergen dan air.

3. Campuran lemon, detergen, dan garam

9 Cara Mengembalikan Warna Pakaian yang Kelunturan, Bisa Pakai MSG!Pixabay/Stevepb

Lemon juga dikenal dengan kandungan asamnya, sehingga digunakan untuk menghapus noda luntur pada pakaian. Kamu bisa memeras airnya, kemudian gunakan pada campuran air rendaman baju.

Supaya lebih maksimal, tambahkan detergen dan garam ke dalam larutan air rendaman tersebut. Gak hanya untuk baju berwarna, bahan-bahan ini juga efektif untuk menghapus noda luntur pada baju putih.

Baca Juga: Berbahaya! Ini 5 Dampak Menjemur Pakaian di dalam Ruangan

4. Cuka

9 Cara Mengembalikan Warna Pakaian yang Kelunturan, Bisa Pakai MSG!Ilustrasi cuka. IDN Times/Febriyanti Revitasari

Campurkan cuka dengan air hangat, garam, dan detergen. Rendam pakaian ke dalam campuran air tersebut selama 15-30 menit. Setelah itu, kamu bisa mencucinya seperti biasa.

5. Cairan jeruk nipis

9 Cara Mengembalikan Warna Pakaian yang Kelunturan, Bisa Pakai MSG!pexels.com/Denys Gromov

Selain belimbing wuluh dan lemon, jeruk nipis juga bisa jadi pilihan karena kandungan asamnya sama. Selain itu, jeruk nipis juga lebih mudah ditemukan. Caranya, gosok potongan jeruk nipis ke permukaan noda luntur selama 5 menit.

Diamkan sebentar, kemudian kamu bisa mencuci baju seperti biasa. Air perasan jeruk nipis juga bisa digunakan untuk menghilangkan noda kekuningan pada baju putih.

6. Larutan aseton

9 Cara Mengembalikan Warna Pakaian yang Kelunturan, Bisa Pakai MSG!doktersehat.com

Selain sebagai penghilang kuteks, larutan aseton juga dapat menghilangkan noda luntur pada pakaian. Kamu hanya perlu menuang aseton di bagian noda kelunturan. Tunggu 30 menit sebelum mencucinya sepeti biasa.

7. Larutan alkohol

9 Cara Mengembalikan Warna Pakaian yang Kelunturan, Bisa Pakai MSG!Pexels.com/cottonbro

Cara ini efektif untuk menghilangkan noda luntur tinta pada pakaian, terutama yang berwarna putih. Carannya, gosokkan alkohol pada bagian noda luntur hingga memudar, kemudian kucek pakaian menggunakan detergen.

Lakukan dua sampai tiga kali hingga noda tinta hilang sepenuhnya dari pakaian kesayanganmu. Taraaa, hasilnya pasti lebih berbeda!

8. Pemutih tanpa klorin

9 Cara Mengembalikan Warna Pakaian yang Kelunturan, Bisa Pakai MSG!Unsplash.com/Kelly Sikkema

Sebelum menggunakan bahan ini, kamu perlu mengecek lebel pakaian yang akan dicuci. Apakah ia memuat simbol pemutih atau malah dilarang menggunakan pemutih saat dicuci?

Jika aman, tuangkan satu tutup botol pemutih ke dalam air rendaman pakaian dan diamkan selama 1-2 jam. Setelah itu, kamu bisa mencuci seperti biasa menggunakan detergen dan air.

9. Baking soda

9 Cara Mengembalikan Warna Pakaian yang Kelunturan, Bisa Pakai MSG!pexels.com/Kaboompics.com

Bahan yang terakhir adalah baking soda. Kamu hanya perlu merendam pakaian ke dalam campuran detergen dan baking soda selama 15 menit. Jika sudah selesai, angkat dan kucek baju seperti biasa. Namun, bahan ini gak seefektif bahan yang mengandung asam.

Itulah beberapa cara menghilangkan noda luntur. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: 5 Tips Merapikan Lemari agar Pakaian Gak Semakin Menumpuk, Coba Yuk!

Topic:

  • Febriyanti Revitasari
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya