Hancurkan Emosi Negatifmu Dengan 9 Cara Ini

Jangan biarkan emosi negatif menghancurkanmu

 

Pikiran negatif bila diabaikan akan terus bertambah dan menggunung. Ibaratnya seperti bola salju yang sedang menggelinding. Bola akan menjadi lebih besar, cepat dan intens. Cara terbaik untuk menghancurkannya adalah dengan terus mengembangkan kemampuan berpikir positifmu. Tentu saja lebih mudah mengatakannya daripada melakukannya. Kamu memang harus berjuang ‘lebih keras’. Cara-cara dibawah ini bisa kamu coba untuk membuatmu berpikir positif.

1. Meditasi atau Yoga

Hancurkan Emosi Negatifmu Dengan 9 Cara Iniveithhouse.com

Mungkin terdengar klise, tapi cara ini memang efektif untuk mengusir pikiran negatif. Meditasi dan yoga dapat mengalihkan fokus dan perhatian kita ke pernapasan. Olahraga ini juga mudah untuk dilakukan dan dapat meringankan pikiran.

2. Tersenyum

Hancurkan Emosi Negatifmu Dengan 9 Cara Inicrewafterwork.com

Cukup berdiri di depan cermin dan tersenyum. Kamu akan lebih rileks walau hanya sesaat. Senyum adalah cara terbaik untuk mengubah mood jelekmu.

3. Berlatih bersyukur

Hancurkan Emosi Negatifmu Dengan 9 Cara Inipexels.com

Cobalah untuk mensyukuri semua yang kamu miliki. Dengan berfokus pada hal-hal yang kamu punya daripada yang tidak kamu punya, bisa membuat pikiran negatif menjauh. Dengan bersyukur kamu juga bisa lebih tenang secara rohani.

4. Kelilingi dirimu oleh orang-orang yang positif

Hancurkan Emosi Negatifmu Dengan 9 Cara Inihuffingtonpost.com

Kamu sudah merasa melakukan hal-hal diatas tapi masih berpikir negatif? Mungkin karena lingkungan yang tidak mendukung, guys. Yang kamu butuhkan adalah orang-orang yang bisa membantu mengarahkanmu ke arah yang lebih positif.

5. Mulai mengambil tanggung jawab

Hancurkan Emosi Negatifmu Dengan 9 Cara Inilinkedin.com

Pikiran negatif selalu terjadi saat kamu menjadikan dirimu sendiri sebagai korban. Di sisi lain, kamu masih bisa kok menjadi ‘Tuan’ untuk kebahagiaanmu. Untuk itu, cobalah tegas pada dirimu sendiri. Salah satu hal indah yang ditawarkan kehidupan adalah; kita diberikan kebebasan untuk memilih.

6. Ubah kata “tidak bisa” menjadi “bisa”

Hancurkan Emosi Negatifmu Dengan 9 Cara Inipexels.com

"Aku gak bisa dapat pekerjaan. Aku gak bisa ngasilin uang. Aku gak bisa hebat kayak kamu."

Ada banyak kata “tidak bisa” di kehidupan ini yang membuat hidup kita menyedihkan jika terus terpusat pada hal-hal itu. Kita bisa mulai dengan yang paling dasar yaitu mengubah “tidak bisa” menjadi “bisa”. Lihat apa yang bisa kamu capai dan apa yang sudah kamu capai sebelumnya.

7. Menjadi baik dan terus berusaha agar lebih baik

Hancurkan Emosi Negatifmu Dengan 9 Cara Inithefreedictionary.com

Life is a boomerang. What you give, you get. Pribahasa itu benar sekali. Kalau kamu baik kepada orang lain maka kebaikan itu akan kembali padamu. Kamu mungkin tidak menyadari, tapi kebaikan itu bisa banyak bentuknya. Mungkin salah satunya membantumu memandang hidup jadi lebih positif.

8. Buat standar diri

Hancurkan Emosi Negatifmu Dengan 9 Cara Inixrcoaching.com

Kamu adalah nahkoda untuk perahumu sendiri. Hiduplah sesuai standarmu sendiri jangan hanya mengikuti arus orang lain. Ikuti dan raih mimpi-mimpimu, akan mengembangkan keyakinan yang membantumu untuk terus maju.

9. Jangan lupa tertawa dan bermain

Hancurkan Emosi Negatifmu Dengan 9 Cara Inipexels.com

Temukan orang atau sesuatu yang bisa membuatmu tertawa. Atau mungkin, kamu bisa mencoba mentertawakan dirimu. Carilah kesempatan untuk bermain, tertawa dan membuat orang lain tertawa!

Tidak ada perjalanan yang mulus. Semua orang pada suatu saat pasti akan mengalami perjalanan yang sangat berliku. Kalau kamu mengejar hal positif dalam hidupmu, kamu harus beristirahat sejenak dengan semua energi negatif.

Rina Aprilia Photo Community Writer Rina Aprilia

Thank God, I love writing.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You