Comscore Tracker

5 Tips Menghindari Hal Negatif dalam Pertemanan

Circle pertemanan dapat mempengaruhi hidupmu

Setiap manusia pasti memiliki seorang teman. Teman adalah orang yang secara intens berhubungan dengan kita. Dalam hubungan pertemanan, terkadang kita menemukan hal negatif yang dapat memberikan pengaruh negatif juga pada diri kita. Sebenarnya, kita dapat menghindari pengaruh negatif dari hubungan pertemanan yang kita jalani.

Bagaimana cara kita menghindari hal negatif dalam pertemanan? Berikut adalah tips untuk menghindari hal negatif dalam berteman. Simak, ya!

1. Selektif dalam berteman

5 Tips Menghindari Hal Negatif dalam Pertemananilustrasi kejutan ulang tahun (pixabay.com/Elkaaaaaaa)

Menghindari hal negatif dalam berteman dimulai dari sikap selektif dalam memilih teman. Sedikit ataupun banyak, sifat dan karakter teman yang selalu berhubungan dengan kita akan mempengaruhi bagaimana kehidupan kita. Oleh karena itu, usahakan untuk memilih teman yang baik dan memberikan pengaruh positif dalam kehidupan kita.

Hindari berteman dengan orang-orang yang berperilaku negatif karena dikhawatirkan akan memberikan efek negatif juga bagi kita. Misalnya, teman yang suka melakukan bullying atau berkata-kata kasar. Jika terus-menerus berteman dengan mereka, tanpa kita sadari kita dapat mengikuti perilaku negatif tersebut.

2. Awali hubungan pertemanan dengan ketulusan

5 Tips Menghindari Hal Negatif dalam PertemananIlustrasi persahabatan (pixabay.com/sweetlouise)

Jalani hubungan pertemanan dengan landasan ketulusan. Jangan pernah memiliki niat yang buruk saat menjalin hubungan pertemanan dengan orang lain. Misalnya, berniat menjalin pertemanan karena ingin memanfaatkanya saja.

Menjalani hubungan dengan ketulusan akan memancarkan energi positif dalam dirimu. Diharapkan orang yang menjalani persahabatan denganmu juga dapat terpengaruh oleh sifat positifmu sehingga sama-sama menjalani pertemanan dengan ketulusan. Sifat tulus dalam berteman juga dapat menghindarkan kita dari hal negatif dalam pertemanan.

Baca Juga: 5 Dampak Negatif jika Menghindari Orang yang Mengajakmu Ngobrol

3. Saling memberikan bantuan

5 Tips Menghindari Hal Negatif dalam Pertemananilustrasi tangan membantu (pixabay.com/JooJoo41)

Hubungan pertemanan yang baik hendaknya dapat memberikan manfaat positif antara satu dan lainya. Salah satunya adalah saling memberikan bantuan saat salah satu teman ada yang membutuhkan. Misalnya, saat teman sakit atau tertimpa musibah, maka kita dapat datang memberikan bantuan.

Saling memberikan bantuan kepada teman dapat membuat hubungan pertemanan semakin terjalin dengan erat. Hubungan pertemanan yang sudah erat diharapkan dapat memberikan pengaruh positif, di antaranya rasa saling menyayangi.

4. Tingkatkan rasa empati

5 Tips Menghindari Hal Negatif dalam PertemananIlustrasi wanita muda (pixabay.com/5688709)

Rasa empati dibutuhkan dalam hubungan pertemanan agar antar teman dapat saling memahami terhadap apa yang sedang dirasakan teman lainya. Misalnya, saat teman sedang bersedih, maka teman yang lain dapat menghiburnya.

Dengan menumbuhkan rasa empati antar teman, diharapkan hubungan pertemanan akan berjalan dengan harmonis. Hal-hal negatif dalam pertemanan pun dapat dihindari.

5. Jangan menyakiti perasaan teman

5 Tips Menghindari Hal Negatif dalam Pertemananilustrasi perempuan (pixabay.com/DtheDelinquent)

Kita harus saling menjaga perasaan teman agar jangan sampai tersinggung atau merasa tersakiti oleh sikap atau perilaku yang kita lakukan. Misalnya, menjadikan kekurangan teman sebagai bahan candaan.

Perlu diketahui bahwa perasaan sakit hati dapat memunculkan perilaku negatif yang dapat berdampak negatif pula pada diri kita. Misalnya, teman akan menyimpan rasa dendam dan benci karena kekurangan dirinya dijadikan bahan candaan. Itulah sebabnya kita harus menjaga perasaan teman kita dan tidak menyakitinya.

6. Segera menjauh jika kamu merasa tak nyaman

5 Tips Menghindari Hal Negatif dalam PertemananIlustrasi merenung (pixabay.com/andreas160578)

Jangan memaksakan untuk berteman dengan mereka jika kamu merasa tidak nyaman. Rasa tidak nyaman dalam dirimu adalah pertanda ada hal yang tidak baik dalam hubungan pertemanan yang kamu jalani. Segeralah menjauh jika kamu merasa tidak nyaman.

Mungkin kamu akan merasa sungkan atau khawatir tidak memiliki teman jika menjauhi mereka. Namun, memaksakan diri untuk berasa pada lingkungan pertemanan yang membuatmu tidak nyaman akan merugikan dirimu sendiri. 

Menghindari hal negatif dalam hubungan pertemanan dapat dimulai dari diri kita terlebih dahulu. Misalnya dengan memberikan bantuan dan menjaga perasaan teman. Semoga tips di atas bisa membantumu menghindari hubungan pertemanan yang tidak sehat.

Baca Juga: 5 Tips Menghindari Pikiran Negatif Terhadap Orang Lain, Bikin Capek!

Rinda Septiana Photo Verified Writer Rinda Septiana

Writing is my self healing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya