Comscore Tracker

5 Manfaat jika Kita Gak Sering Menyesali Keputusan yang Sudah Dibuat

Yang lalu, biarlah berlalu

Kita semua pasti sepakat bahwa hidup adalah pilihan. Dalam hidup ini, kita memang dihadapkan dengan berbagai pilihan. Kita tentu harus bisa memutuskan setiap pilihan dengan bijak agar mendapatkan hasil terbaik.

Namun, ada kalanya keputusan yang kita buat ternyata 'salah'. Contoh simpelnya, hari ini kamu memilih pergi ke kantor dengan mobil daripada sepeda motor. Ternyata kamu terjebak macet di jalan sehingga kamu pun datang terlambat ke kantor. Padahal jika kamu memilih naik sepeda motor, kamu bisa lebih leluasa dan gak terjebak macet. Atau, salah memilih rute jalan yang menyebabkan durasi perjalanan semakin panjang.

Dalam banyak kasus, ada juga kesalahan pengambilan keputusan yang mungkin lebih serius, seperti salah memilih jurusan kuliah, profesi atau pekerjaan, dan lain sebagainya. Biasanya, kita baru menyadari hal tersebut setelah menjalani keputusan tersebut, namun ternyata gak sesuai dengan harapan kita. Dalam kondisi seperti itu, gak jarang orang akan menyesali keputusannya yang 'salah' dulu. Padahal, hal tersebut hanya membuang waktu dan tenaga kita. 

Berikut ini lima manfaat bila kita gak sering menyesali keputusan yang telah kita buat.

1. Pikiran jadi lebih tenang

5 Manfaat jika Kita Gak Sering Menyesali Keputusan yang Sudah DibuatPexels.com/Matthias Cooper

Terus menyesali keputusan yang sudah dibuat hanya akan membuat pikiran kita jadi gak tenang. Kita akan terus dibayangi perasaan gelisah sehingga kita justru jadi gak produktif.

Sebaliknya, pikiran kita akan jadi lebih tenang bila kita mau menerima keputusan yang sudah kita buat di masa lalu. Pada akhirnya, pikiran tenang akan berdampak pada kesehatan mental dan fisikmu.

2. Hemat waktu, tenaga, dan pikiran

5 Manfaat jika Kita Gak Sering Menyesali Keputusan yang Sudah DibuatPexels.com/Pixabay

Menyesali keputusan yang telah diambil sama saja membuang banyak waktu berharga kita, apalagi bila kita terus menyesalinya seumur hidup. Selain itu, tenaga dan pikiran kita juga akan terkuras.

Daripada menyesali sesuatu yang sudah terjadi, bukankah lebih baik jika kita mencurahkan waktu, tenaga, dan pikiran kita untuk melakukan sesuatu yang positif? Dengan begitu, kita pun bisa jadi lebih produktif.

Baca Juga: 7 Tips agar Gak Mudah Terpengaruh Orang Lain saat Membuat Keputusan

3. Gak takut atau ragu jika harus mengambil keputusan lagi ke depannya

5 Manfaat jika Kita Gak Sering Menyesali Keputusan yang Sudah DibuatPexels.com/Andrea Piacquadio

Hidup ini gak hanya untuk hari ini. Ke depannya, kita akan selalu dihadapkan dengan berbagai pilihan. Jika kita terus meratapi keputusan yang sudah kita buat di masa lalu, kemungkinan kita akan merasa takut atau ragu jika harus membuat keputusan ke depannya.

Lain halnya bila kita terbiasa menerima keputusan yang sudah kita buat di masa lampau. Kita jadi lebih mantap dalam mengambil berbagai keputusan di masa depan. Kita pun bisa lebih fokus dengan apa yang ada di depan.

4. Kita akan jadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya

5 Manfaat jika Kita Gak Sering Menyesali Keputusan yang Sudah DibuatUnsplash.com/Brooke Cagle

Bila kita mau berdamai dengan keputusan yang sudah dibuat di masa lalu, kita akan jadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya. Kita akan belajar menjadi seorang yang bertanggung jawab dan berjiwa besar.

Bila ternyata keputusan yang kita ambil dulu 'salah', kita tetap bisa belajar banyak hal dari situ. Keputusan yang salah mungkin membawa kerugian buatmu, tapi pasti ada sesuatu yang bisa dipelajari atau hal positif yang bisa dipetik dari situ. Dengan begitu, kita pun bisa jadi lebih berhati-hati saat mengambil keputusan ke depannya.

5. Mendorong kita berpikir kreatif

5 Manfaat jika Kita Gak Sering Menyesali Keputusan yang Sudah DibuatPexels.com/Andrea Piacquadio

Jika sebuah keputusan yang sudah kita buat ternyata 'salah' atau gak sesuai harapan kita dan kita berhenti menyesalinya, kita bisa lebih terdorong untuk berpikir kreatif dalam menemukan alternatif untuk menghapus penyesalan kita. Misalnya, kita terjebak dalam kemacetan selama berjam-jam karena salah mengambil rute.

Jika kita hanya menyesalinya, kita tentu hanya akan merasa kesal. Sebaliknya bila kita gak menyesali keputusan kita tersebut, kita bisa berpikir jernih dalam menyelesaikan masalah tersebut, misalnya berusaha menemukan rute alternatif lain, mengganti rencana untuk istirahat atau menginap dulu di hotel terdekat sambil refreshing, dan lain sebagainya.

Nah, itulah tadi lima alasan kenapa kita gak perlu menyesali keputusan yang sudah kita buat di masa lalu. Yang lalu, biarlah berlalu. Lebih baik terima dan jalani keputusan yang sudah kita ambil karena semua keputusan pasti punya sisi positif dan negatifnya masing-masing. Tetap semangat ya!

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Masih Belum Mampu Menghargai Keputusan Orang Lain

Rivandi Pranandita Putra Photo Verified Writer Rivandi Pranandita Putra

Mencari proofread skripsi/tesis/jurnal ilmiah? IG: @mollyproofread

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya