Comscore Tracker

Si Pendiam Lakukan 5 Hal Ini, agar Kamu Asyik Diajak Ngobrol

Selama masih memiliki kepercayaan diri, kamu pasti bisa berubah, kok!

Dunia memang unik, ya. Tuhan menciptakan semua manusia dengan berbagai macam sifat dan juga karakter. Salah satunya adalah sifat pendiam. Kalau kamu seseorang yang pendiam, jangan pernah merasa paling gak beruntung dari yang lain. Percayalah, bahwa kamu memiliki potensi yang besar untuk berevolusi lebih baik lagi ke depannya. Atau kalau masih bingung gimana caranya, coba simak tips di bawah ini, ya. Kamu pasti bisa, kok!

1. Percaya diri

Si Pendiam Lakukan 5 Hal Ini, agar Kamu Asyik Diajak Ngobrolilustrasi tersenyum di depan cermin (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Percaya diri itu sikap yang wajib banget kamu miliki. Tapi, jika kamu masih belum juga merasa percaya diri, cobalah mulai dari sekarang untuk berhenti membanding-bandingkan dirimu dengan orang lain.

Ingat, setiap orang memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing, kok. Bicaralah pada diri sendiri, bahwa aku pasti bisa melewati ini semua. Jangan overthinking, ya!

2. Berikan feedback secara perlahan ketika sedang mengobrol

Si Pendiam Lakukan 5 Hal Ini, agar Kamu Asyik Diajak Ngobrolilustrasi ngobrol bersama teman (pexels.com/Toa Heftiba Şinca)

Ketika kamu sedang dalam sebuah tongkrongan, cobalah untuk memberikan feedback kepada orang yang sedang berbicara di dekatmu itu. Kamu bisa bertanya, bertanya balik atau sekadar memberikan ekspresi takjub kepadanya. Intinya, jangan biarkan dirimu terdiam seperti batu, ya. 

Baca Juga: 5 Alasan si Pendiam Lebih Suka Chat daripada Telepon

3. Sering-seringlah berlatih

Si Pendiam Lakukan 5 Hal Ini, agar Kamu Asyik Diajak Ngobrolilustrasi ngobrol bersama teman online (pexels.com/Anna Shvets)

Nah, tahap ini adalah tahap yang tidak boleh kamu lewati. Karena dengan seringnya berlatih, secara perlahan akan mampu mengendalikan sifat pendiammu itu. Kamu bisa berlatih dengan berbicara pada diri sendiri di depan cermin.

Atau sekarang ada lho, aplikasi di Android yang dapat betemu dengan orang-orang online secara random. Dengan demikian, lama-lama kamu pasti akan terbiasa ketika ngobrol bersama teman-temanmu, gak canggung deh pokoknya. 

4. Cobalah untuk keluar dari zona nyaman, tantang dirimu untuk berkumpul bersama teman-teman

Si Pendiam Lakukan 5 Hal Ini, agar Kamu Asyik Diajak Ngobrolilustrasi berkumpul bersama teman (pexels.com/PNW Production)

Biasanya, orang pendiam akan selalu menjauhi perkumpulan. Bahkan, sekadar untuk ngobrol santai pun terkadang mereka hindari. Ingat, jangan begitu, ya! Nanti dirimu gak akan berkembang, kan?

Nah, mulai sekarang, cobalah paksakan dirimu untuk berkumpul bersama teman-teman. Intinya, kalau kamu ingin berubah, keluarlah dari zona nyaman. Nanti, lama-lama juga kamu akan terbiasa, kok. 

5. Amati dan perhatikan cara orang lain bergaul

Si Pendiam Lakukan 5 Hal Ini, agar Kamu Asyik Diajak Ngobrolilustrasi berkumpul bersama teman-teman (pexels.com/Diva Plavalaguna)

Setiap orang memiliki cara masing-masing dalam bergaul. Nah, kamu bisa tuh untuk mengamati dan memperhatikan bagaimana cara mereka ngobrol, menanggapi dan memberikan feedback kepada lawan bicaranya. Amati, tiru dan modifikasi. Dengan demikian, kamu akan memiliki banyak referensi tentang bagaimana cara bergaul yang baik ketika sedang berkumpul bersama teman-teman. Jangan ragu !

Melakukan percakapan bersama teman-teman, mungkin agak sedikit susah ya, bagi orang yang pemalu. Tentunya, perlu latihan yang agak lama untuk menghilangkan sifat ini. Maka di samping kamu berlatih, memiliki pola pikir positif pun sangat diperlukan pastinya. Percayalah, bahwa suatu saat kamu pasti bisa untuk menikmati obrolan-obrolan bersama temanmu. Tetap semangat!

Baca Juga: 5 Hal yang Buat Anak jadi Pendiam dan Tertutup

Muhammad Riyadi Nugraha Photo Verified Writer Muhammad Riyadi Nugraha

Memediasi pena untuk mengkspresikan sebuah rasa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya