Comscore Tracker

5 Cara Balas Dendam dengan Elegan pada Musuhmu

Mari balas dendam on another level!  

Pasti pernah di dalam pikiranmu untuk balas dendam kepada orang yang telah berbuat jahat kepadamu. Balas dendam merupakan hal yang manusiawi. Jika kamu membalas dendam dengan cara yang sama seperti mereka lakukan, maka kepuasan yang kamu peroleh hanyalah sesaat.

Ketika kamu membalas dendam dengan cara yang sama yang dilakukan oleh orang yang membenci kamu. Itu akan menciptakan masalah baru. Bagi sebagian orang ketika balas dendam maka mereka akan mendapatkan kepuasan yang tersendiri. Balas dendam seperti ini hanya memperoleh kepuasan sesaat saja. Tidak jarang akan mempersulit situasi atau menciptakan masalah baru. 

Jadi kamu harus melakukan balas dendam dengan elegan.

1. Diamlah ketika mereka berharap kamu membalas kata-kata terburuk   

5 Cara Balas Dendam dengan Elegan pada MusuhmuUnsplash.com/Jasmin Chew

Dalam situasi seperti ini sangat cocok kamu berprinsip "diam adalah emas". Kamu harus diam ketika mereka yang membencimu berharap kamu membalas dengan kata-kata buruk. Percayalah mereka hanya sengaja untuk memancing emosimu. Kemudian kamu kehilangan kendali. Itu artinya harapan mereka terkabul. Mereka menang. 

2. Tersenyum dan tetaplah tenang ketika mereka berharap kamu marah besar  

5 Cara Balas Dendam dengan Elegan pada MusuhmuInstagram.com/kimsejeong_k

Senyummu adalah kekuatan mu yang sesungguhnya.

Cara elegan kedua adalah kamu tetap tersenyum dan tetap tenang ketika mereka berharap kamu marah besar. Ketika kamu berhasil, orang yang membencimu pasti akan semakin kesal. Jika kamu tetap senyum dan tetap dalam situasi tersebut itu artinya kamu menang.

3. Tinggalkan ketika orang berharap kamu melanjutkan perdebatan  

5 Cara Balas Dendam dengan Elegan pada MusuhmuInstagram.com/taetaebooo

Balas dendam on another level!

Musuhmu akan semakin kesal ketika kamu meninggalkan perdebatan. Kamu tidak kalah. Ketika kamu melakukan hal tersebut, pasti musuhmu akan semakin kesal. Kamu harus bisa menguasai emosi dan pikiran kamu. Biarkan mereka berdebat dengan diri mereka sendiri layaknya orang bodoh. Apalagi ketika mereka sampai berteriak untuk memanggil-manggil kamu, itu artinya mereka sangat kesal. Ingat jangan terpancing saat mereka meneriakimu ya!

Baca Juga: 5 'Balas Dendam' Ideal Ini Bisa Kamu Lakukan ke Mantan yang Khianatimu

4. Lepaskanlah ketika mereka berharap kamu mengotot dan memaksa  

5 Cara Balas Dendam dengan Elegan pada MusuhmuUnsplash.com/Dave Goudreau

Jangan pernah mengikuti permainan mereka. Jangan hilang kendali. Ketika kamu hilang kendali, maka kamu akan menyesalinya. Jangan mengikuti permainan mereka karena dirimu berharga. Jangan mengabulkan harapan orang yang membencimu. Itu sama saja karena apa pun yang kamu lakukan akan selalu salah di mata mereka.

5. Memaafkan dan move on

5 Cara Balas Dendam dengan Elegan pada MusuhmuInstagram.com/do0_nct

Sesungguhnya, hati yang terluka itu benar-benar bisa terobati, bukan dengan balas dendam tetapi dengan menyembuhkan diri dari dalam. Mungkin sikap mereka sulit kamu maafkan tetapi hati kamu perlu mendapatkan kedamaian. Fokuslah terus memperbaiki dirimu, meningkatkan kualitasmu, dan bertumbuh sebaik-baiknya kamu. Menyimpan dendam adalah sebuah hukuman yang kamu berikan buat dirimu sendiri atas kesalahan yang dibuat orang lain.

Itu adalah cara membalas dendam dengan elegan. Kamu harus bisa melakukannya. Jika musuhmu negatif, jangan biarkan dirimu negatif. Jika kamu membalas dengan cara yang sama, lalu apa bedanya dirimu dengan mereka? 

Baca Juga: 5 Cara 'Balas Dendam Asyik' pada Orang yang Pernah Menyakitimu

SRYMM SMR Photo Verified Writer SRYMM SMR

Dreamer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya