Comscore Tracker

5 Alasan Nyata Kamu Tidak Berbahagia, Temukan Masalahnya! 

Cobalah untuk lebih berpikiran terbuka 

Kebahagiaan adalah hal yang didamba-dambakan oleh seluruh manusia. Terlalu banyak orang asing yang menekankan perspektif mereka tentang kebahagiaan kepada dirimu, hal tersebut bisa merenggut kebahagiaan menurut definisimu sendiri.

Kamu tidak perlu berpikir bahwa berbahagia adalah hal yang sulit. Kamu harus terus melakukan hal-hal yang menurutmu bermakna, dan kebahagiaan akan mengikutimu. Di bawah ini ada 5 tips yang bisa membantumu untuk berpikir, dimanakah kamu salah mengenai kebahagiaan. Kamu bisa menjadikan hal-hal di bawah ini untuk bahan renungan untuk memulai kehidupan yang lebih bahagia.

1. Ekspektasi itu berbahaya 

5 Alasan Nyata Kamu Tidak Berbahagia, Temukan Masalahnya! Ilustrasi orang yang ekspektasinya tidak terpenuhi (Pexels/cottonbro)

Satu-satunya hal yang membuatmu tidak bahagia adalah ekspektasi. Cobalah untuk memperhatikan ekspektasimu tentang hal-hal sehari-hari, adakah hal yang tidak membuatmu puas? Kamu bisa melakukan dua hal, antara benar-benar menghilangkan ekspektasimu, atau mulai membenahi hal yang kurang membuatmu puas.

Ingatlah ada hal-hal yang di dalam kendalimu, dan hal-hal yang di luar kendalimu. Tidak ada gunanya memedulikan hal-hal yang di luar kendalimu. Mulailah membenahi hal-hal yang berada di bawah kendalimu. Dan coba untuk tidak tersangkut dengan hal-hal yang di luar kendalimu. Maka kamu akan hidup lebih bahagia.

2. Berpikiran tertutup 

5 Alasan Nyata Kamu Tidak Berbahagia, Temukan Masalahnya! Ilustrasi orang yang sedang berbagi pengalaman (Pexels/Alexandr Podvalny)

Kamu harus mencoba hal-hal baru. Kamu harus terus mencari makna hidupmu, dan untuk melakukannya, kamu harus memiliki pikiran yang terbuka. Lihatlah apa yang bekerja pada orang lain, dan mungkin saja hal itu bisa diterapkan ke dalam hidupmu.

Tidak ada gunanya memiliki pikiran yang tertutup, menangkis pikiran-pikiran orang lain hanya untuk sekadar mempertahankan dirimu yang sudah kamu kenal sejak dulu. Semuanya berubah, tidak ada yang konstan, termasuk dirimu juga. Jadi, cobalah untuk memulai hal baru yang bisa membawamu kepada kebahagiaan.

3. Tidak memiliki tujuan 

5 Alasan Nyata Kamu Tidak Berbahagia, Temukan Masalahnya! Ilustrasi orang yang sedang memikirkan rencana hidup (Pexels/Andrea Piacquadio)

Memiliki tujuan, walaupun tujuan itu kecil, lebih baik daripada tidak memiliki tujuan sama sekali. Meluangkan waktumu untuk memikirkan apa yang akan kamu lakukan untuk satu atau dua bulan ke depan, bukanlah waktu yang terbuang secara sia-sia. Kamu harus memiliki tujuan.

Mulailah dengan tujuan yang kecil, dan revisi tujuanmu itu sejalan dengan waktu. Lihatlah apa yang bekerja dan apa yang tidak. Evaluasi apakah tujuanmu ini membuatmu bertindak lebih baik atau lebih buruk. Proses ini akan terus berlangsung, dan hal itulah yang seharusnya membuatmu bahagia. Karena tujuan yang bagus, akan terus kamu pegang hingga napas terakhirmu.

Baca Juga: 5 Tips Menjaga Kebahagiaan dalam Keluarga Kecilmu

4. Keterikatan yang tinggi 

5 Alasan Nyata Kamu Tidak Berbahagia, Temukan Masalahnya! Ilustrasi orang yang sedang berusaha untuk melepaskan keterikatannya (Pexels/Pixabay)

Terlalu terikat dengan suatu ide, bahwa hal akan berjalan dengan keinginanmu, bisa menjadi pembunuh kebahagiaan. Kamu harus bisa melihat keadaan dengan apa adanya, dan menyadari terkadang hidup bisa menghantammu dengan keras, dan kamu harus bisa melepaskan beberapa hal yang sudah tidak melayani hidupmu lagi.

Jadilah fleksibel, seperti air. Tarik napas yang dalam, dan perbaiki situasimu. Tidak ada yang akan terus bertahan. Rasa sakit akan berlalu. Kebahagiaan akan datang jika kamu terus bertindak sesuai dengan makna hidupmu. Sabarlah, dan terus berjuang.

5. Tidak menghargai hal-hal kecil dalam hidup 

5 Alasan Nyata Kamu Tidak Berbahagia, Temukan Masalahnya! Ilustrasi orang yang sedang mengelus hewan peliharaannya (Pexels/Yan Krukov)

Eluslah hewan peliharaanmu. Beri makan kucing-kucing liar. Buatlah kebaikan di harimu, dan kamu bisa merasakan kebahagiaan orang-orang yang kamu bantu. Jangan menjadi kaku, menggertakkan gigi setiap sepuluh menit sekali. Sapalah orang tuamu jika kamu masih tinggal bersama mereka. Siapkan sesuatu yang berkesan untuk mereka.

Jika makna hidupmu adalah membantu orang, maka bantulah keluargamu. Lebih peduli dengan orang-orang yang selalu berada di sekitarmu. Hal yang berarti adalah hal-hal yang kamu lakukan setiap hari, bukan keadaan hipotesis di masa depan tentang bagaimana kamu bisa memperbaiki umat manusia. Semuanya bermula dari kamarmu, membereskannya, dan perhatikan hal-hal kecil.

Itulah 5 hal yang bisa membantumu untuk berpikir mengapa kamu tidak lebih berbahagia. Kebahagiaan tidak bisa dikejar, tapi harus dialami, itu adalah kata-kata Viktor E. Frankl. Cari maknamu, bertindaklah sesuai dengan itu, maka kebahagiaan akan terjadi kepadamu. Terus semangat!

Baca Juga: 7 Tips Menghadirkan Energi Positif dalam Hidup, Jadi Makin Bahagia! 

Rizky Adipratama Photo Verified Writer Rizky Adipratama

Halo (...) *anggap saja aku sedang memanggil namamu. Wattpad: https://www.wattpad.com/user/Rizkyfaj

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya