Kapan Perayaan Cap Go Meh 2024? Simak di Sini!

Sejumlah daerah merayakan dengan meriah

Indonesia merupakan salah satu negara multikultural yang memiliki struktur masyarakat yang beragam, mulai dari adat, tradisi, budaya, bahasa, agama, etnis dan sebagainya. Salah satu golongan etnis yang ada di Indonesia adalah Tionghoa, yang masih melestarikan tradisi Cap Go Meh. Bahkan, beberapa daerah di Indonesia juga merayakannya dengan bentuk festival yang meriah.

Lalu yang jadi pertanyaan, kapan perayaan Cap Go Meh 2024? Seperti apa tradisi dan perayaannya? Untuk itu, kamu bisa menyimak ulasannya di bawah ini.

1. Mengenal Cap Go Meh

Kapan Perayaan Cap Go Meh 2024? Simak di Sini!suasana imlek di singkawang (dok. djkn.kemenkeu.go.id)

Dalam artikel “Nilai–nilai tradisi budaya Cap Go Meh pada masyarakat China Benteng di Tangerang sebagai sumber pembelajaran di sekolah” oleh Ivan Sanjaya, Suswandarib, Rudy Gunawanc, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka Jakarta, etnis Tionghoa di Indonesia pada umumnya masih berpegang teguh pada tradisi dan nilai leluhur. Mereka menggunakan tradisi leluhur dalam lingkungan kehidupan seperti upacara kematian, pernikahan, melahirkan, upacara tolak bala, dan masih lainnya.

Salah satu budaya Tionghoa yang masih dilestarikan sampai saat ini adalah tradisi Cap Go Meh yang dirayakan setelah Imlek. Cap Go Meh adalah akhir dari rangkaian perayaan tahun baru Imlek yang dilakukan tiap tanggal 15 pada bulan pertama penanggalan Tionghoa.

Perayaannya diawali dengan berdoa di vihara atau klenteng, kemudian dilanjutkan dengan iringan kenong dan simbal serta pertunjukan barongsai dan pertunjukan tradisional masyarakat setempat. Istilah Cap Go Meh berasal dari bahasa Hokkien "Chap Goh Meh" (十五冥) yang berarti malam kelima belas. Istilah ini umum digunakan oleh Tionghoa Indonesia dan Malaysia.

Di Tiongkok, nama yang umum adalah festival lampion (元宵節; Pinyin: yuánxiāo jié). Perayaan Cap Go Meh atau Festival Lentera dapat ditelusuri hingga era Dinasti Han (206 SM hingga 220 M), ketika para biksu Budha menyalakan lentera pada hari ke-15 tahun baru Imlek untuk menghormati Sang Budha. Ritual tersebut kemudian diadopsi oleh masyarakat umum dan menyebar ke seluruh China dan bagian lain Asia.

Baca Juga: 7 Fakta Angpao Imlek, Bukan Sekadar Memberikan Uang Lho!

2. Kapan perayaan Cap Go Meh 2024?

Kapan Perayaan Cap Go Meh 2024? Simak di Sini!suasana imlek di singkawang (dok. djkn.kemenkeu.go.id)

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, Cap Go Meh dirayakan setelah perayaan Imlek hari ke-15. Tahun Baru Imlek sendiri akan dirayakan pada tanggal 10 Februari yang tidak lama lagi. Jadi, kapan perayaan Cap Go Meh 2024?

dm-player

Tradisi ini akan dirayakan lima belas hari setelah tahun baru Imlek atau yang disebut dengan penanggalan Cap Go – Jia Gwee. Jika Imlek jatuh pada tanggal 10 Februari 2024, artinya Cap Go Meh akan dirayakan pada tanggal 24 Februari 2024.

3. Perayaan Cap Go Meh 2024

Kapan Perayaan Cap Go Meh 2024? Simak di Sini!Ilustrasi perayaan Cap Go Meh di Singkawang (dok. via mediacenter.singkawangkota.go.id)

Nilai tradisi budaya Cap Go Meh sendiri mampu membentuk masyarakat menjadi lebih toleran dan berintegrasi tinggi dalam memamahi Kebhinnekaan di Indonesia. Biasanya, masyarakat Tionghoa menggunakan warna merah dalam penyambutan Cap Go Meh karena merah merupakan simbol kebahagiaan.

Di Indonesia sendiri, beberapa daerah juga merayakan Cap Go Meh secara meriah. Salah satunya adalah kota Singkawang, Kalimantan Barat, yang dikenal dengan kota seribu vihara/klenteng. Selama suasana Imlek, kota ini menjadi favorit destinasi wisata karena selalu menghadirkan perayaan menarik.

Namun pada tahun ini sedikit berbeda. Mengutip Media Center Kota Singkawang, Perayaan Imlek 2575 dan Cap Go Meh 2024 di Kota Singkawang digelar dengan adaptasi dan format baru. Hal ini dikarenakan bersamaan dengan agenda nasional Pemilu 2024.

“Ada tiga agenda yang tidak bisa digelar seperti tahun sebelumnya, yaitu Parade Tatung, Pawai Lampion dan Pameran UMKM/panggung hiburan,” kata Pj Wali Kota Singkawang, Sumastro, Senin (22/1/2024).

Sumastro menyebutkan alasan keamanan jadi prioritas utama sehingga Perayaan Imlek dan Cap Go Meh 2024 digelar dengan adaptasi dan format berbeda dari tahun sebelumnya. Jadi harus melakukan penyesuaian agar bisa berjalan selaras.

“Jadi harus berjalan selaras dan harmonis dengan pelaksanaan Pemilu,” katanya.

“Saya beserta jajaran menginginkan perayaan Imlek dan Cap Go Meh tetap digelar namun harus diadaptasi dan disesuaikan dengan skenario pengamanan dari pihak yang berwenang,” lanjut Sumastro.

Sementara, Ketua Panitia Pelaksana Imlek dan Cap Go Meh, Bong Cin Tong, menjelaskan bahwa Perayaan Imlek dan Cap Go Meh 2024 tahun ini menggunakan konsep berbeda. Tapi dia menjamin akan tetap meriah dan spesial.

“Ada 6.000 lampion yang menghiasi ruas jalan Kota Singkawang. Termasuk menghias bundaran 1001 dan beringin corner dengan ornamen naga sesuai shio tahun ini,” ujarnya.

“Jadi ada spot-spot foto menarik untuk wisatawan yang akan datang ke Kota Singkawang,” tambahnya.

Jadi, untuk menjawab pertanyaan kapan perayaan Cap Go Meh 2024? Jawabannya adalah 15 hari setelah Imlek 10 Februari 2024, tepatnya pada tanggal 24 Februari. Selamat Tahun Baru Imlek 2024 bagi kamu yang merayakan. Gong xi fa cai!

Baca Juga: 5 Tips Merayakan Tahun Baru Imlek dengan Hemat dan Seru

Topik:

  • Pinka Wima
  • Delvia Y Oktaviani

Berita Terkini Lainnya