Comscore Tracker

Gak Perlu Catokan, 7 Cara Ini Bisa Bikin Rambut Lurus secara Natural

Bisa kurangi risiko rambut rusak

Cara termudah meluruskan rambut adalah dengan catokan. Sayangnya, alat pelurus rambut yang satu ini dapat membuat rambut rusak jika terlalu sering digunakan. Padahal, banyak kok cara alami agar rambut jadi lebih lurus.

Memang memakan waktu yang tidak sebentar, tapi tujuh cara alami agar rambut lebih lurus ini tidak merusak rambut. Bahkan, rambut akan semakin sehat, lho. Yuk, simak bersama!

1. Susu dan madu

Gak Perlu Catokan, 7 Cara Ini Bisa Bikin Rambut Lurus secara Naturalilustrasi madu (unsplash.com/Alexander Mils)

Rambut terdiri dari protein yang dinamakan keratin. Nah, susu mengandung protein yang bermanfaat untuk meningkatkan kekuatan rambut dan tubuh secara keseluruhan. Susu juga mengandung lemak yang dapat menghaluskan dan melembutkan rambut.

Sementara, madu bermanfaat untuk melembabkan sekaligus membuat rambut berkilau. Jika dilakukan perawatan rutin, bukan hal mustahil rambut jadi lebih sehat, mudah diatur, dan jadi gampang diluruskan.

Cara penggunaan: ambil satu sendok makan madu, lalu campurkan dengan sedikit susu cair. Setelah itu, taruh ke dalam botol semprot. Secara perlahan, semprot larutan ini di rambut secata merata sambil menyisir agar rambut jadi lebih lurus. Lakukanlah setelah keramas, ya. Setelah rambut disemprot, diamkan sekitar dua menit dan bilas dengan air biasa.

2. Santan dan air lemon

Gak Perlu Catokan, 7 Cara Ini Bisa Bikin Rambut Lurus secara Naturalilustrasi air jeruk lemon (unsplash.com/Brittney Weng)

Air lemon bisa membuat rambut jadi lebih lurus, lho. Apalagi jika dikombinasikan denhan santan, vitamin C di dalamnya bisa membuat kulit kepala semakin sehat. Keduanya bisa dijadikan masker yang membuat rambut jadi lebih halus sejak dari perawatan pertama, nih. Keren, ya.

Cara penggunaan: campurkan 1/4 cup santan kental dengan 1 sendok makan air lemon hingga rata. Diamkan masker semalaman. Di pagi hari, oleskan rambut dengan masker ini dari kulit kepala hingga ujung rambut. Tunggulah sekitar 30 menit dan cuci bersih menggunakan air dingin. Setelah itu, cuci rambut dengan sampo bebas sulfat. Lakukan masker rambut ini seminggu sekali.

3. Pisang, yogurt, madu, dan minyak zaitun

Gak Perlu Catokan, 7 Cara Ini Bisa Bikin Rambut Lurus secara Naturalilustrasi buah pisang (pexels.com/Aleksandar Pasaric)

Pisang mempunyai sifat untuk melembutkan rambut. Buah ini juga bagus untuk melembabkan rambut keriting dan kering. Tak hanya meluruskan rambut secara alami, nutrisi alami di dalamnya juga menyehatkan rambut yang rusak kronis karena penggunaan kimia secara berlebihan. Sedangkan yogurt, madu, dan minyak zaitun dapat membuat rambut jadi lebih sehat, berkilau, dan lembut.

Cara penggunaan: tumbuk dua buah pisang yang terlalu matang dengan garpu. Tambahkan yogurt, madu, dan minyak zaitun masing dua sendok makan pada pisang, lalu blender hingga menjadi pasta.

Setelah itu, oleskan pada rambut secara merata dan bungkus dengan shower cap  selama setengah jam. Lalu, bilas dan keramas hingga bersih.

Baca Juga: 7 Catok Terlaris di Tahun 2021, Rambut Lurus Sekejap

4. Telur dan minyak zaitun

Gak Perlu Catokan, 7 Cara Ini Bisa Bikin Rambut Lurus secara Naturalilustrasi minyak zaitun (pixabay.com/stevepb)
Struktur kimia minyak dalam tubuh sangat mirip dengan minyak zaitun. Karena itulah, penggunaan minyak zaitun secara rutin bisa mengembalikan keseimbangan tubuh dengan cara yang sehat. Minyak ini mengandung vitamin E dan hidroksitirosol yang dapat menutrisi rambut.

Di sisi yang lain, telur mengandung vitamin, mineral, dan asam lemak yang dapat membuat rambut jadi lebih lurus, nih.

Cara penggunaan: kocok dua telur dengan beberapa tetes minyak zaitun. Setelah itu, oleskan pada rambut secara merata dan diamkan selama 20 menit sebelum dibilas dan keramas.

5. Minyak kelapa dan minyak castor

Gak Perlu Catokan, 7 Cara Ini Bisa Bikin Rambut Lurus secara Naturalilutrasi minyak kelapa (unsplash.com/Tijana Drndarski)

Minyak kelapa sangat ampuh memperbaiki rambut rusak, lho. Tak hanya iti, minyak ini juga bisa memudahkan penataan rambut keriting dan tetap membuat rambut terhidrasi dan lembut. Sedangkan minyak kelapa bisa menghaluskan dan menambahkan kilau rambut.

Cara penggunaan: campurkan minyak kelapa dan minyak kastor dan panaskan beberapa detik sehingga minyak sedikit hangat. Setelah itu, oleskan minyak dari kulit kelapa dan rambut secara merata. Kemudian pijat kulit kepala selama 15 menit dan diamkan rambut selama 30 menit. Setelah itu cuci rambut dengan air dingin dan keramas dengan sampo bebas sulfat.

6. Lidah buaya, minyak zaitun, minyak rosemary, dan minyak cendana

Gak Perlu Catokan, 7 Cara Ini Bisa Bikin Rambut Lurus secara Naturalilustrasi tanaman lidah buaya (pexels.com/Cintia Siqueira)

Lidah buaya mendorong pertumbuhan rambut jadi lebih sehat, halus, lembap, dan lembut. Selain itu, lidah buaya juga bisa mempengaruhi tekstur rambut jadi lebih lurus. 

Cara penggunaan: campurkan getah lidah buaya dan minyak zaitun yang sudah dihangatkan. Tambahkan juga minyak rosemary dan minyak cendana masing-masing enam tetes. 

Oleskan minyak tersebut secara rata dari kulit kepala hingga ujung rambut dan pijat. Setelah itu, tutupi rambut dengan shower cap selama satu hingga dua jam. Setelah itu, keramas rambut dengan sampo dan kondisioner.

7. Minyak kedelai dan minyak jarak

Gak Perlu Catokan, 7 Cara Ini Bisa Bikin Rambut Lurus secara Naturalilustrasi kacang kedelai (pixabay.com/Jing)

Mengoleskan minyak kedelai secara teratur pada kulit kepala bisa membuat tampilan rambut jadi lebih lurus. 

Cara pengunaan: ambil satu sendok minyak kedelai dan dua sendok minyak jarak, aduk hingga rata. Panaskan larutan minyak tersebut hingga hangat dan oleskan ke kulit kepala hingga ujung rambut. Diamkan sekitar 30 menit dan cuci rambut dengan sampo dengan kandungan sulfat yang rendah.

Meski beberapa perawatan di atas membutuhkan waktu cukup lama untuk meluruskan rambut, namun rambut jadi tidak rusak bahkan jadi lebih sehat. So, ganti catokan yang dapat merusak rambut dengan bahan dan cara yang lebih alami, ya. Sayangkan kalau rambutmu yang indah jadi rusak?

Baca Juga: 5 Cara Memilih Jenis Catokan Rambut yang Sesuai dengan Tipe Rambutmu

IamLathiva Photo Verified Writer IamLathiva

Love To See, Love To Read, and Love To Share.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya