Comscore Tracker

Galau Memikirkan Masa Depan? Tenang Atasi dengan 5 Cara Ini 

Jangan sampai overthinking terus

Memasuki usia dewasa pasti kalian pernah mengalami yang namanya overthinking terhadap masa depan. Bertanya-tanya bagaimana nanti masa depanmu, apakah bisa sukses, dapat pekerjaan apa, dan pertanyaan yang lain. 

Hal inilah yang memicu kita jadi galau yang akibatnya muncul keraguan dan kekhawatiran dalam diri. Namun tenang saja, jangan buru-buru khawatir pada hal yang belum pasti, ini lima cara mengatasi galau tiba-tiba saat memikirkan masa depan. 

1. Cari aktivitas lain

Galau Memikirkan Masa Depan? Tenang Atasi dengan 5 Cara Ini teman perempuan/pexels.com

Saat pikiran tiba-tiba overthinking terhadap masa depan, coba deh atasi dengan mencari aktivitas yang lain. Jangan biarkan kecemasan pada hal yang belum pasti, merusak suasana hatimu. Kamu bisa mengalihkan pikiran pada aktivitas lain mungkin menekuni hobi, nonton film, olahraga, nongkrong bareng teman, dsb. 

Sebab melakukan aktivitas yang disuka ampuh membuat suasa hati jadi lebih bahagia. Jadi, kalau misal pikiran tersebut mengganggumu kamu bisa atasi dengan melakukan kegiatan positif tersebut. 

2. Kadang kita perlu untuk menikmati overthinking tersebut

Galau Memikirkan Masa Depan? Tenang Atasi dengan 5 Cara Ini wanita sedang merenung (pexels.com/ Keenan Constance)

Kadang pikiran galau terhadap masa depan perlu juga kita nikmati. Sesekali kita juga perlu overthinking mengenai hal tersebut. Supaya kamu bisa memikirkan bagaimana strategi yang harus dilakukan untuk mencapai kesuksesan, supaya bisa mempersiapkan segala risiko yang bisa kapan saja terjadi, dan lainnya. 

Gak masalah kok galau, itu hal yang sangat wajar. Tapi yang perlu dicatat janganlah berlebihan hingga membuatmu terpuruk dan tertekan sendiri. Sewajarnya saja, kamu harus yakin pada kekuatan dalam dirimu. 

Baca Juga: 5 Dampaknya kalau Kamu Terlalu Overthinking sama Hal Gak Penting 

3. Fokus pada kemampuan diri

Galau Memikirkan Masa Depan? Tenang Atasi dengan 5 Cara Ini seorang wanita (pexels.com/@Lucas Allmann)

Cara selanjutnya mengatasi pikiran yang tiba-tiba galau terhadap masa depan yaitu, dengan memfokuskan pada kemampuan diri. Daripada memikirkan hal yang belum pasti, lebih baik fokus pada dirimu sendiri. Nikmati hidupmu sekarang dan lakukan kegiatan yang bisa mengasah kemampuan atau skill. 

Misalnya, jika saat ini kamu sedang galau setelah lulus kuliah mau kerja di mana, nah lebih baik dipersiapkan mulai sekarang. Kamu bisa rajin ikut workshop, magang, belajar bahasa asing, dsb. Dengan demikian kamu bisa mengatasi kegalauan tersebut dengan hal yang bermanfaat. 

4. Jauhi hal yang bisa memicu pikiran negatif

Galau Memikirkan Masa Depan? Tenang Atasi dengan 5 Cara Ini wanita galau (pexels.com/@Min an)

Selain tiga poin di atas, cara selanjutnya yaitu dengan menjauhi hal yang bisa memicu pikiran negatif itu datang. Pemicunya pun bisa dari mana saja, karena kita suka membandingkan diri dengan orang lain, karena iri melihat mereka dengan kelebihan atau pencapaian yang telah diraih, dsb. 

Maka jauhi hal-hal yang bisa memunculkan overthinking tersebut supaya kedamaian hati bisa kamu raih. Sayangi jiwa dan pikiranmu, tetaplah yakin bahwa masa depan akan baik-baik saja asalkan kita mau berusaha dan tidak lupa berdoa. 

5. Cari sumber motivasi

Galau Memikirkan Masa Depan? Tenang Atasi dengan 5 Cara Ini wanita sedang berjalan (pexels.com/@ Keenan Constance)

Kadang penyebab kita selalu cemas memikirkan masa depan, ragu terhadap hidup yang dijalani, dan overthinking pada hal yang belum pasti, karena kita gak punya sumber motivasi dalam hidup. Carilah sumber motivasi tersebut mungkin dari orangtua, dari cita-cita yang ingin kamu gapai, atau dari quote inspiratif yang pernah kamu baca. 

Percaya deh motivasi tersebut adalah sumber kekuatan yang bisa kamu pegang. Saat kamu merasa down atau jatuh, ingat lagi motivasi tersebut supaya bisa kembali bangkit. Jadi semangat ya, gak usah galau berlebih. 

Wajar saja kok memasuki usia dewasa kita jadi sering galau memikirkan masa depan. Namun ingat, jangan berlebihan yang akibatnya membuatmu semakin tertekan. Semangat terus ya! 

Baca Juga: 6 Tips Merasa Lebih Baik Saat Dilanda Stres, Stop Overthinking!

Ruhil Sabrina Photo Verified Writer Ruhil Sabrina

find me on instagram : @ruhilsabrina

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya