Comscore Tracker

Ingin Jadi Freelance Writer? Ini 5 Tips Supaya Bisa Konsisten Menulis

Boleh banget kamu coba lho

Siapa nih dari kalian yang memiliki hobi menulis atau kalian yang bekerja sebagai freelance writer, kamu pernah gak merasakan berat banget untuk menulis, ide sih ada tapi untuk mengawali tulisan seringkali dikalahkan oleh rasa malas.

Padahal rasa malas tersebut jika dibiarkan dapat membuat semangatmu meredup, bisa tambah malas, hingga berujung menulis hanya sebatas wacana yang tidak terealisasikan. Nah supaya semangatmu kembali membara baca nih lima tips supaya bisa tetap konsisten dalam menulis.

1. Sediakan waktu untuk menulis

Ingin Jadi Freelance Writer? Ini 5 Tips Supaya Bisa Konsisten MenulisUnsplash.com/Luke Chessar

Berniat menjadi penulis profesional, kamu harus siap-siap meluangkan waktumu setiap harinya untuk menulis. Sempatkan waktumu di tengah kesibukan, misalnya meluangkan waktu untuk menulis di malam hari, saat pulang kantor, atau setelah bangun tidur. Kenapa sih kita harus menyisihkan waktu? Karena jika tidak, besar kemungkinan keinginanmu menulis hanya akan sebatas wacana saja. 

2. Cari sumber motivasi

Ingin Jadi Freelance Writer? Ini 5 Tips Supaya Bisa Konsisten MenulisPexels/Daria Shevtsova

Penting kiranya menjaga gairah dan semangat untuk menulis dengan mencari sumber motivasi. Sumber motivasi tersebut bisa dari orang tua, orang terkasih, atau berupa target-target pencapaian yang ingin kamu wujudkan.

Nah target pencapaian setiap orang itu berbeda-beda, misalnya di tahun ini kamu harus bisa menerbitkan buku, atau ingin membeli laptop baru dari uang hasil menulis. Oleh karena itu segera kamu temukan sumber motivasi tersebut.

Baca Juga: Inilah 9 Tips Menulis Artikel Traveling yang Harus Kamu Ketahui

3. Jangan hanya fokus pada uang

Ingin Jadi Freelance Writer? Ini 5 Tips Supaya Bisa Konsisten Menulispexels.com/Public Domain Picture

Tidak ada salahnya kok memasukkan penghasilan sebagai sumber motivasi untuk memulai menulis. Namun, jika kamu melakukannya semata-mata hanya untuk mencari penghasilan maka kamu akan sulit untuk berkembang apalagi kamu sebagai penulis pemula. Jika kamu masih penulis pemula alangkah baiknya fokus dulu terhadap karya yang kamu hasilkan, jangan malas untuk eksplorasi wawasan, dan terus perbaiki gaya tulisanmu supaya bisa menghasilkan karya yang berkualitas.  

4. Menghilangkan gangguan

Ingin Jadi Freelance Writer? Ini 5 Tips Supaya Bisa Konsisten Menulispexels.com/fotografierende

Tips selajutnya yaitu dengan menghilangkan gangguan. Terutama gangguan yang paling berat yaitu pengaruh HP dan aktivitas media sosial. Maka dari itu saat menulis jauhkan dirimu dari gadget, matikan data HP atau jika perlu memutus sambungan internet sementara waktu. Selain itu supaya kamu dapat konsentrasi, carilah tempat yang nyaman, minum kopi, atau kegiatan lain yang bisa membuatmu lebih semangat. 

5. Luangkan waktu untuk eksplorasi ide

Ingin Jadi Freelance Writer? Ini 5 Tips Supaya Bisa Konsisten Menulispexels.com/@david bartus

Bagi sebagian orang hambatan terbesar kenapa malas untuk menulis yaitu kesulitan mencari ide. Mencari ide adalah hal yang sangat penting, tanpa adanya ide kamu tidak bisa menulis. Maka dari itu luangkan waktumu untuk eksplorasi ide atau gagasan supaya kamu memiliki bahan untuk ditulis. 

Nah ada beberapa cara untuk mencari ide misalnya dengan banyak membaca artikel atau berita di internet, membaca buku, mendengarkan musik, menonton film, atau dengan mengamati lingkungan sekitar kita. 

Selain lima tips di atas pastikan juga kamu memiliki komitmen yang sungguh-sungguh untuk menjadi seorang penulis lepas. Semoga tips di atas bisa membantumu ya dan terima kasih sudah membaca!

Baca Juga: 5 Cara Menyehatkan Mentalmu Lewat Kegiatan Menulis, Wajib Dicoba!

Ruhil Sabrina Photo Verified Writer Ruhil Sabrina

find me on instagram : @ruhilsabrina

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya