Comscore Tracker

5 Cara Asyik Merayakan Lebaran Meski Tidak Mudik

#IDNTimesLife Siapa nih yang gak pulang kampung?

Tidak terasa sebentar lagi hari raya Idulfitri tiba. Momen yang paling ditunggu-tunggu dengan tradisi mudik ke kampung halaman untuk bertemu sanak keluarga. Namun adanya pandemik virus corona membuat pemerintah menerapkan kebijakan larangan mudik ke kampung halaman. 

Rasa sedih tidak bisa mudik sekaligus teringat bayang-bayang lezatnya opor ayam dan ketupat buatan ibu seketika muncul.Tapi tenang jangan buru-buru sedih, kamu masih bisa kok merayakan lebaran tahun ini walau dengan suasana yang berbeda. Nah berikut lima cara asyik merayakan lebaran walau tidak mudik. 

1. Memasak sendiri menu lebaran

5 Cara Asyik Merayakan Lebaran Meski Tidak Mudikilustrasi orang memasak (pexels.com/@Katerina Holmes)

Tidak mudik ke kampung halaman bukan menjadi alasan untuk tidak merayakan lebaran. Buat suasana lebaranmu di perantauan tetap asyik dengan memasak menu identik lebaran seperti opor ayam. Kamu bisa mencari resep praktis di internet untuk membuatnya atau masakan khas lebaran yang lain. Setelah itu kamu bisa berbagi masakan dengan temanmu sesama perantauan, atau tetangga satu kos. Nah, dengan begitu kamu tetap bisa menikmati suasa lebaran walau tidak mudik.  

2. Membut ketupat lebaran

5 Cara Asyik Merayakan Lebaran Meski Tidak Mudikilustrasi ketupat lebaran (pexels.com/@winatahenny )

Lebaran identik dengan yang namanya ketupat. Biasanya lebaran di rumah masak ketupat sudah dibuatkan oleh ibu, namun kalau tidak mudik kamu bisa membuat ketupat sendiri di kos atau rumah. Membuat ketupat juga sangtlah mudah kamu membutuhkan daun kelapa muda untuk membuat anyaman ketupat, dan untuk isinya membutuhkan daun pandan dan beras. Selamat mencoba ya! 

Baca Juga: Gak Mudik? Ini 10 Tempat Wisata Jakarta yang Buka saat Libur Lebaran

3. Hias kos atau rumah dengan nuansa lebaran

5 Cara Asyik Merayakan Lebaran Meski Tidak Mudikilustrasi ruang di rumah (pexels.com/@Chait Goli)

Gak usah sedih lagi, momen lebaran di perantauan bisa tetap asyik dengan cara menghias kos atau rumah dengan pernak-pernik ala lebaran. Kamu bisa menghiasnya dengan barang-barang bekas yang sudah tidak terpakai lagi, membuat ucapan hari raya Idulfitri, atau hiasan yang lainnya. Selain menghias, ini menjadi kesempatanmu untuk bersih-bersih dan merapikan rumah. 

4. Melakukan video call dengan keluarga

5 Cara Asyik Merayakan Lebaran Meski Tidak Mudikilustrasi video call(pexel.com/@edward jenner)

Jauhnya jarak bukan menjadi halangan untuk tidak melakukan silaturahmi. Kamu bisa manfaatkan teknologi video call untuk tetap bisa berhubungan dan menjalin silaturahmi dengan keluargamu di kampung halaman. Cukup bermodal HP atau laptop dan kuota internet kamu bisa manfaatin dengan memakai aplikasi video call untuk berbagi kebahagiaan, silaturahmi, bertukar kabar, dan saling mendoakan di hari kemenangan ini. 

5. Membeli parsel atau bingkisan lebaran

5 Cara Asyik Merayakan Lebaran Meski Tidak MudikIlustrasi parsel lebaran (instagram.com/@llittle.el.souvenir

Kali ini buat suasana lebaran terasa istimewa dengan membeli parsel lebaran untuk diri sendiri sekaligus kamu bisa membagikannya ke tetangga kos atau rumah. Beli beberapa kue kering khas lebaran, bungkus demikian rupa kemudian bagikan ke beberapa tetanggamu. Dengan begitu lebaran terasa menyenangkan dengan berbagi kebahagiaan bersama walau tidak mudik. 

Walau lebaran tahun ini tidak bisa berkumpul dengan keluarga, tapi tenang saja kamu masih bisa merayakannya dengan istimewa. Yuk, kita berdoa semoga pandemik ini segera berakhir dan kehidupan bisa normal kembali. 

Baca Juga: Vaksin Gak Bikin Kebal COVID-19 Loh! Jadi Jangan Mudik Ya

Ruhil Sabrina Photo Verified Writer Ruhil Sabrina

find me on instagram : @ruhilsabrina

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya