Comscore Tracker

5 Tanda Ini Menunjukkan Bahwa Kamu Memiliki Kedewasaan dalam Berpikir 

Ternyata tidak semua orang mampu berpikir dewasa  

Semakin usia bertambah, menjadi tua adalah hal yang pasti namun menjadi sosok yang dewasa adalah pilihan. Tidak semua orang memiliki pola pikir yang dewasa, ada orang yang sudah berumur namun tidak memiliki kedewasaan dalam berpikir dan juga sebaliknya.

Dari sini bisa kita lihat bahwa usia bukanlah patokan seseorang untuk memiliki pola pikir yang dewasa dan matang. Nah apa saja sih tanda kamu sudah memiliki kedewasaan dalam berpikir? Baca artikelnya di bawah ini!

1. Berpikir sebelum bertindak 

5 Tanda Ini Menunjukkan Bahwa Kamu Memiliki Kedewasaan dalam Berpikir unsplash.com/Marco Xu

Tanda pertama yaitu sebelum bertindak kamu selalu berpikir terlebih dahulu. Kamu tidak gegabah dalam mengambil keputusan dan memikirkan terlebih dahulu setiap pilihan yang kamu ambil.

Selain itu kamu selalu mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan dari setiap keputusan tersebut. Bahkan, kamu juga berusaha untuk berpikir logis agar tindakanmu tidak merugikan diri sendiri dan orang lain. 

2. Mampu menerima kritikan dari orang lain

5 Tanda Ini Menunjukkan Bahwa Kamu Memiliki Kedewasaan dalam Berpikir pexels.com/Ketut Subiyanto

Kehidupan yang kita jalani saat ini tidak terlepas dengan adanya kritikan dari orang lain. Namun tidak semua orang ketika mendapat masukan bisa menerimanya dengan legawa. Jika kamu memiliki pola pikir yang dewasa, kritikan tersebut justru dijadikan sebagai motivasi untuk memperbaiki diri, bukan justru membuatmu menjadi down

3. Mampu memilih sesuatu yang baik dan buruk dalam hidup 

5 Tanda Ini Menunjukkan Bahwa Kamu Memiliki Kedewasaan dalam Berpikir unsplash.com/Daniel Corneschi

Selanjutnya yaitu kamu mampu bertindak untuk membedakan mana hal yang baik dan buruk dalam hidupmu. Dari kecil kita sudah diajarkan untuk selalu bertindak baik bukan, namun semakin dewasa kita akan dihadapkan berbagai kenyataan hidup yang membutuhkan kita untuk berpikir secara matang. Maka dari itu jadilah sosok yang mampu berpikir dewasa dengan mengetahui mana hal yang baik dan tidak baik dalam hidupmu.

Baca Juga: 7 Hal Berbeda Perempuan Dewasa Vs Belum Dewasa ketika Memandang Cinta

4. Bisa menghargai orang lain 

5 Tanda Ini Menunjukkan Bahwa Kamu Memiliki Kedewasaan dalam Berpikir unsplash.com/LOGAN WEAVER

Kita tidak bisa membuat orang lain memiliki pendapat dan pikiran yang sama dengan kita. Dalam hal ini seseorang yang memiliki pola pikir dewasa dan matang tidak akan pernah memaksa orang lain untuk sependapat dengan keputusan yang kita ambil.

Justru kamu akan mencoba menghargai dan mengerti dari sudut pandang orang tersebut. Kamu tidak menjadi orang egois hanya ingin membuat orang lain mengertimu. 

5. Tidak mudah tersulut emosi 

5 Tanda Ini Menunjukkan Bahwa Kamu Memiliki Kedewasaan dalam Berpikir unsplash.com/ Daniel Corneschi

Terakhir yaitu kamu sangat paham untuk tidak mudah terpancing emosi. Kamu mampu mengolah emosi dan pikiranmu dengan baik. Sehingga ketika dihadapkan pada situasi yang sulit sekalipun kamu bisa mengendalikan diri. Berbeda jika kamu cenderung bersifat tempramental dan emosi yang meledak-ledak, hal itu menunjukkan kamu belum memiliki emosi yang stabil dan belum punya kedewasaan dalam berpikir. 

Dari penjelasan di atas, apakah kamu sudah memiliki pola pikir yang dewasa dan matang dalam hidupmu?

Baca Juga: 5 Cara Dewasa Mengurangi Rasa Curiga pada Pasangan saat Menjalani LDR

Ruhil Sabrina Photo Verified Writer Ruhil Sabrina

Life is more than social media

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya