Comscore Tracker

5 Tips Aman saat Bertemu Kenalan Baru Lewat Media Sosial

Gak usah khawatir dan takut, ya!

Di zaman yang serba canggih seperti ini, kita bisa sangat mudah mencari kenalan atau teman lewat media sosial seperti Instagram, Facebook, dan Twitter. Bahkan kita pun bisa menemukan jodoh lewat sana.

Namun berkenalan dengan seseorang lewat media sosial gak menjamin seratus persen keamanannya, karena sedikit informasi yang kita dapat jika hanya mengandalkan aktivitasnya di medsos.

Selain itu risiko adanya pemalsuan identitas juga harus diwaspadai. Namun tenang jangan langsung takut, berikut lima tips aman saat bertemu kenalan baru lewat media sosial. 

1. Cari tahu informasi tentang dia sebanyak-banyaknya

5 Tips Aman saat Bertemu Kenalan Baru Lewat Media Sosialseorang wanita (pexels.com/@andrea piacquadio)

Tips pertama yang bisa kamu lakukan sebelum bertemu, yaitu gali informasi sebanyak-banyaknya tentang dia. Kamu bisa stalking media sosialnya lewat Instagram, Facebook, atau lewat Google. Kalau dia mengatakan bekerja di suatu perusahaan, kamu bisa mengecek namanya di LinkedIn apakah benar dia bekerja di perusahaan tersebut atau tidak.

Pastikan sebelum bertemu kamu cakup tahu informasi tentangnya, hal itu dilakukan untuk meminimalisir adanya penipuan atau pemalsuan identitas. Karena potensi adanya kebohongan lewat media sosial itu sangatlah besar, jadi lebih baik hati-hati sebelum melangkah. 

2. Jangan langsung memberi informasi pribadi

5 Tips Aman saat Bertemu Kenalan Baru Lewat Media Sosiallaki-laki dan perempuan (pexels.com/@Yasmin Luisa k)

Tips kedua yaitu, jangan langsung memberikan informasi pribadi. Sebaiknya tak usah buru-buru untuk memberi nomor telepon, alamat rumah, alamat kantor, atau data pribadi lain yang sifatnya sensitif.

Karena bisa saja data pribadi tersebut dimanfaatkan untuk hal yang gak bertanggung jawab. Kecuali kalau kalian sudah merasa dekat dan saling percaya ya.

Alangkah baiknya untuk antisipasi gak usah terlalu terbuka dulu pada orang baru. Sekedar berteman baik saja dan kalau diajak ketemu, dan hindari membahas hal yang sifatnya privasi.

Baca Juga: 5 Alasan Jangan Mudah Jatuh Cinta dengan Kenalan Lewat Media Sosial

3. Memilih lokasi umum untuk tempat ketemuan

5 Tips Aman saat Bertemu Kenalan Baru Lewat Media Sosiallaki-laki dan perempuan (pexels.com/@Kampus Production)

Usahakan untuk pertama kali ketemu orang baru, pilih lokasi yang umum. Pilih tempat yang ramai misal restoran atau coffee shop langgananmu.

Hindari bertemu di rumah pribadi, tempat terpencil, dan wilayah yang gak kamu kenali. Hal itu dilakukan jika nanti terjadi sesuatu yang tidak-tidak, kamu bisa cepat mendapat pertolongan dan bisa pulang cepat. 

So, pemilihan tempat ini harus diperhatikan ya, kalau dia mengajak ketemu di lingkungan yang sekiranya gak membuatmu nyaman, jangan ragu untuk menolak. 

4. Membawa kendaraan sendiri atau naik transportasi umum

5 Tips Aman saat Bertemu Kenalan Baru Lewat Media Sosialperempuan sedang menyetir (pexels.com/@Peter Fazekas)

Untuk bertemu kenalan lewat medsos pertama kali, alangkah baiknya bawalah kendaraan sendiri atau naik transportasi umum. Hindari dia untuk menjemputmu di rumah apalagi kalian masih belum kenal secara langsung.

Dengan naik transportasi sendiri, tentu membuat kita jauh lebih nyaman dan kamu bisa lebih bebas. Ya meskipun akan baik-baik saja dan bukan orang yang jahat, tapi antisipasi itu sangat diperlukan. 

5. Jangan lupa beritahu teman atau keluarga 

5 Tips Aman saat Bertemu Kenalan Baru Lewat Media SosialTeman ngobrol (pexels.com/george milton)

Saat pertama kali bertemu dengan kenalan baru lewat media sosial, jangan ragu untuk memberitahu dan berpamitan dengan teman dekat atau keluarga. Kamu bisa beritahu mereka di mana tempat kamu janjian, jam berapa kamu berangkat, kapan pulangnya, dan dengan siapa. Atau kalau kamu masih takut, kamu bisa mengajak teman untuk menemanimu bertemu dengan kenalan.  

Hal itu dilakukan jika nanti terjadi sesuatu yang gak diinginkan mereka bisa siap siaga untuk membantumu. Jadi, penting banget untuk mengabari orang terdekat sebelum pergi, ya. 

 

Itulah lima tips aman saat bertemu kenalan baru lewat media sosial yang bisa kamu lakukan, guys. Semoga tips di atas bisa membantumu, ya. 

Baca Juga: 5 Tips Anti Canggung saat Harus Kenalan dengan Orang Baru

Ruhil Sabrina Photo Verified Writer Ruhil Sabrina

find me on instagram : @ruhilsabrina

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya