Comscore Tracker

5 Cara Cerdas Hadapi Body Shaming, Jangan Keburu Emosi Dulu!

#GoodLife Tak perlu takut dan bangga dengan dirimu sendiri

Body shaming bukanlah hal yang jarang terjadi. Banyak korban body shaming yang sebenarnya merasa sakit dan malu atas perkataan atau perlakuan yang orang berikan kepada mereka. Mereka takut untuk mengutarakan bahwa hal itu membuatnya tak nyaman. Mereka takut jika marah mereka akan terkesan terlalu membawa ke hati perkataan orang-orang tersebut atau mereka takut bahwa orang-orang akan semakin mengejek mereka.

Bagi kamu yang sebenarnya sering kali merasa kurang nyaman dengan body shaming tersebut, kamu bisa mengutarakannya dengan lima hal berikut ini.

1. Bernafas dan tenangkan diri terlebih dahulu

5 Cara Cerdas Hadapi Body Shaming, Jangan Keburu Emosi Dulu!bustle.com

Ketika kamu harus berhadapan dengan body shaming baik dari teman atau orang yang ada di sekitar kamu, tak jarang kamu mudah tersulut emosi karena tidak tahan dengan hal yang mereka nyatakan tentang tubuh atau penampilan kamu. Cobalah untuk membuat diri kamu setenang mungkin dengan menarik nafas dalam-dalam.

Dengan diri yang lebih tenang kamu tidak akan bertindak gegabah dalam menanggapi body shaming tersebut, misalnya: kamu akan tanpa sadar membalas mereka dengan ungkapan yang "berbau" body shaming pula.

2. Balas dengan ucapan positif

5 Cara Cerdas Hadapi Body Shaming, Jangan Keburu Emosi Dulu!npr.org

Balaslah perkataang-perkataan yang berbau "body shaming" dengan positif seperti misalnya: "Pinggul kamu gede banget loh". Nah daripada kamu haus marah-marah dan membalas dengan perkataan negatif lebih baik kamu membalas dengan jawaban yang positif, seperti : "Iya kah? Tapi tak apalah cewek yang punya pinggul besar lebih mudah melahirkannya." Dengan jawaban positif setidaknya orang yang memberikan perkataan kasar akan tahu bahwa kamu tidak tertindas akan perkataannya.

Baca Juga: 9 Model Bertubuh Plus Ini Akan Menginspirasimu Soal Body Acceptance

3. Ajak mereka berbicara dari hati ke hati

5 Cara Cerdas Hadapi Body Shaming, Jangan Keburu Emosi Dulu!bustle.com

Kalau kamu memang merasa kurang nyaman atas perlakuaan orang-orang yang memberikan komentar negatif akan tubuh atau penampilan kamu, kamu dapat mengajak mereka berbicara dengan tenang dari hati ke hati. Nyatakan bahwa perkataan mereka membuat kamu tidak nyaman dan itu membuat kamu sakit hati. Tidak perlu marah-marah di depan banyak orang yang ada nanti kamu akan mempermalukan diri kamu sendiri juga.

4. Jangan dihiraukan dan tetap cintai dirimu

5 Cara Cerdas Hadapi Body Shaming, Jangan Keburu Emosi Dulu!socialnews.xyz

Tak bisa dipungkiri bahwa perkataan dan perlakuan yang menuju body shaming sangat sulit untuk dihiraukan. Tapi ini penting, jika kamu terlalu peduli terhadap body shaming ini pada akhirnya akan membuat kamu semakin terpuruk dan membenci diri kamu kenapa harus memilki tubuh yang kamu miliki. Jadi lebih baik, tak perlu pedulikan omongan yang negatif dan mencintai diri kamu adalah hal yang penting dalam melawan body shaming.

5. Tinggalkan orang-orang seperti itu

5 Cara Cerdas Hadapi Body Shaming, Jangan Keburu Emosi Dulu!yfsmagazine.com

Jika kamu sudah berbicara dengan metode baik-baik tapi mereka masih tetap melakukan body shaming terhadap kamu. Sebaiknya, ambil keputusan untuk segera meninggalkan mereka, kamu tidak perlu berada di dalam lingkungan negatif. Yang ada, jika kamu tidak segera keluar dari lingkungan tersebut kamu akan semakin terpuruk akan diri kamu.

Gunakan cara cerdas ya dalam menanggapi body shaming yaa. Kalau kamu ikutan emosi, justru orang akan susah respect pada dirimu.

Baca Juga: Kamu Gak Dewasa Kalau Masih Melakukan Body Shaming ke Orang Lain!

Ruth Cikita Photo Verified Writer Ruth Cikita

[kosong]

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya