Comscore Tracker

5 Hal Memalukan saat Galau yang Gak Perlu Dilakukan, Pikir Logis, Yuk!

Coba tahan dulu emosimu...

Kata galau sudah tidak asing lagi di telinga kita. Alasan yang menjadi penyebab seseorang galau pun bermacam-macam, seperti patah hati atau ada masalah dengan teman. Dalam menghadapi kegalauan ini pun, setiap orang menyikapinya dengan cara yang berbeda. Ada yang memilih untuk menyendiri ada juga yang langsung meminta pertolongan dari orang terdekat.

Namun, sangat disayangkan. Sampai saat ini, masih ada saja orang-orang yang justru menyikapi kegalauan mereka dengan cara yang dapat mempermalukan diri mereka sendiri. Berikut lima hal memalukan yang gak perlu lagi kamu lakukan ketika galau.

1. Mengunggah kegalauan ke media sosial

5 Hal Memalukan saat Galau yang Gak Perlu Dilakukan, Pikir Logis, Yuk!Unsplash.com/Becca Tapert

Media sosial jadi salah satu pilihan orang-orang untuk menyalurkan kegalauan mereka. Coba kamu pikir, deh. Apakah menunjukkan kegalauanmu akan menyelesaikan masalah? Justru dengan melakukan hal ini, sama saja kamu mempermalukan dirimu sendiri. 

2. Melampiaskannya ke orang yang tidak bersalah

5 Hal Memalukan saat Galau yang Gak Perlu Dilakukan, Pikir Logis, Yuk!unsplash.com/Mikail Duran

Galau memang membuat emosi kamu menjadi tidak stabil. Tak heran bila sedikit saja orang berbuat salah, akan memancing emosi kamu. Namun, di sinilah kamu belajar untuk bisa mengontrol emosimu. Melampiaskan emosi kamu kepada orang yang tidak bersalah hanya akan membuat orang lain semakin tidak menyukaimu. 

Baca Juga: 5 Hal Ini Pasti Bikin Galau Saat Meninggalkan Pekerjaan yang Dicintai

3. Curhat ke semua orang

5 Hal Memalukan saat Galau yang Gak Perlu Dilakukan, Pikir Logis, Yuk!Unsplash.com/Eliott Reyna

Tak ada yang salah jika kamu ingin curhat di saat galau. Dengan curhat, kamu bisa meringankan beban yang ada. Namun, kadang beberapa orang justru kebablasan dengan curhat ke semua orang. Alhasil, bukannya meringankan beban, malah kamu mempermalukan dirimu sendiri. Bahkan, tak jarang, orang-orang justru akan menghakimimu dengan kata-kata "playing the victim".

4. Begadang semalaman

5 Hal Memalukan saat Galau yang Gak Perlu Dilakukan, Pikir Logis, Yuk!Unsplash.com/Jordan Bauer

Kalau kamu galau, cobalah melampiaskannya dengan hal-hal yang positif. Tidak perlu menyiksa tubuhmu dengan begadang semalaman. Galaumu bukannya hilang, malah kamu jadi sakit-sakitan. Hal itu hanya akan mengganggu kegiatanmu sehari-hari.

5. Menyakiti diri sendiri

5 Hal Memalukan saat Galau yang Gak Perlu Dilakukan, Pikir Logis, Yuk!Unsplash.com/Jordan Whitfield

Sering kali, galau membuat beberapa orang menyakiti diri mereka sendiri dengan narkoba atau mabuk-mabukan. Coba pikir dengan akal sehatmu, deh. Apakah menghancurkan diri sendiri menyelesaikan masalah? 

Kamu perlu tahu bahwa hal-hal tersebut hanya akan memberikan ketenangan sementara. Setelah efek yang diberikan hilang, kamu akan semakin terpuruk. Lebih buruk lagi, hal ini tak hanya mempermalukan dirimu sendiri, tapi juga mempermalukan keluargamu. 

Baca Juga: Gak Usah Galau, Ikuti 8 Langkah Ini untuk Temukan Potensi Diri

Ruth Cikita Photo Verified Writer Ruth Cikita

[kosong]

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya