Comscore Tracker

Kebiasaan Sepele Albert Einstein yang Membuatnya Genius

Kamu berani tiru?

Albert Einstein adalah ilmuwan fisika yang lahir pada 14 Maret 1879 di Ulm, Jerman. Einstein sangat berpengaruh terhadap fisika modern saat ini, salah satunya adalah pengembangan teori relativitas. Eintein wafat pada 18 April 1955 di Penn Medicine Princeton Medical Center, New Jersey, Amerika.

Seperti yang kita ketahui masa kecil Einstein tidak pandai di sekolah, tetapi Einstein mengejar ketertinggalannya saat dewasa. Einstein mempunyai metode belajarnya sendiri yang membuatnya menjadi ilmuwan paling berpengaruh di abad 20.

Beberapa hal dilakukan Einstein ini mengubah dirinya menjadi genius, bahkan di seluruh dunia. Kamu pun bisa melakukan apa yang dilakukan Albert Einstein. Penasaran, yuk simak pembahasannya.

1. Metode belajar

Kebiasaan Sepele Albert Einstein yang Membuatnya Geniusunsplash.com/Noémi Macavei-Katócz

Cari tahu metode belajar terbaikmu! Einstein saat masih sekolah ia kerap bolos sekolah, karena ketidakcocokan cara pembelajaran saat sekolah bagi Einstein. Saat bolos sekolah Einstein sebenarnya mempunyai teman yang mencatat pelajaran matematika dan fisika, dan Einstein membaca dan mempelajari di saat waktu luangnya.

Tidak harus kamu ikuti cara Einstein bolos sekolah ini, tapi kamu harus ikuti cara belajarnya. Carilah metode belajar terbaik versimu!

2. Bergaul dengan orang pintar

Kebiasaan Sepele Albert Einstein yang Membuatnya Geniusunsplash.com/Austin Distel

Lingkunganmu juga berpengaruh untuk proses belajarmu, untuk itu bergaullah dengan orang pintar di sekitarmu tidak hanya pintar namun kamu harus bergaul dengan orang yang satu pemikiran denganmu atau bahkan satu visi & misi.

Einstein saat melakukan pendidikan dan pembelajaran kerap kali bergaul dengan mentor, guru, dan orang yang memberinya inspirasi. 

3. Selalu bertanya segala hal

Kebiasaan Sepele Albert Einstein yang Membuatnya Geniusunsplash.com/Edwin Andrade

Albert Einstein saat masa study-nya, ketika menjadapat materi Einstein selalu mencerna terlebih dahulu dan memuntahkan kembali setiap materi yang diterimanya. Kebiasaan inilah yang membuat Einstein selalu bertanya segala hal tentang materi yang dipelajarinya, bisa dikatakan Einstein akan memikirkan materi tersebut sampai benar-benar paham baru mempelajari materi yang lain.

Buat kamu, saat diajar di dalam kelas atau saat mendapat materi dari mentormu cobalah untuk meniru apa yang dilakukan Einstein. Dan yang terpenting janganlah langsung kamu tulis, cerna terlebih dahulu tanyakan hal yang kurang kamu pahami dari materi tersebut.

Baca Juga: Genius Banget, 7 Karakter Detektif dalam 'Detective Conan'

4. Berimajinasi tinggi

Kebiasaan Sepele Albert Einstein yang Membuatnya Geniusunsplash.com/Josh Hild

Berimajinasi itu terkadang penting seperti halnya Einstein, ia berimajinasi tentang teori fisika modern dan mampu diwujudkan dengan pengembangannya contoh teori relativitas, berawal dari imajinasi menjadi kenyataan dan menjadikan Einstein salah satu ilmuwan paling berpengaruh di dunia.

Ketika kamu lagi malas dan bosan saat ada tugas atau pekerjaan cobalah berimajinasi tentang bidang yang kamu kuasai dan cobalah untuk mewujudkannya berlahan. Pergilah ketempat yang baru dan seru biarkan fokusmu hilang dan temukan tujuan imajinasimu!

5. Tujuan yang tidak main-main

Kebiasaan Sepele Albert Einstein yang Membuatnya Geniusunsplash.com/Jo Szczepanska

Seperti halnya imajinasi, tujuan harus diwujudkan dengan sungguh-sungguh. Einstein tidak pernah ragu apalagi main-main dengan tujuannya, terbukti banyak pengembangan Einstein yang berguna bagi ilmu fisika bahkan dunia.

Cobalah untuk memperluas minatmu sehingga kamu bisa menemukan tujuanmu yang benar-benar ingin kamu wujudkan.

6. Terbuka dengan kegagalan  

Kebiasaan Sepele Albert Einstein yang Membuatnya Geniusunsplash.com/Stefan Spassov

Jika Albert Einstein tidak terbuka dengan sebuah kegagalan pasti Einstein tidak menjadi seorang yang genius, setiap pembelajaran harusnya siap dengan segala resikonya termasuk sebuah kegagalan.

Saat kamu merasa gagal, gagal, dan gagal cobolah mengevaluasi apa yang salah jangan sampai mengulangi kesalahan yang sama, saat kamu berhasil nanti apa yang kamu berikan akan lebih sempurna dan bermanfaat seperti teori-teori Albert Einstein.

Nah, itu adalah sebagian kebiasaan Albert Einstein yang terlihat sepele namun susah untuk dijalani. Jangan menyerah dan terus semangat untuk tujuanmu yang bermanfaat untuk semua orang. Gimana, siap menjadi seperti Albert Einstein?

Baca Juga: Dear Parents, Ini 7 Ciri-ciri Bayi Berpotensi Genius

Ryan Haqiqi Photo Writer Ryan Haqiqi

Hallo, Jangan bosan membaca!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya