Comscore Tracker

5 Hal yang akan Terjadi bila Kamu Gak Kunjung Punya Pekerjaan

Jadi gak bisa tahu senangnya punya penghasilan sendiri!

Alasan mengapa kita semua harus punya pekerjaan adalah agar nantinya bisa mandiri dari penghasilan yang kita punya. Gak kerepotan bila ada hal buruk terjadi nantinya. Bukan bermaksud meremehkan mereka yang gak kunjung mendapat pekerjaan. Namun, bila profesi idaman belum bisa didapatkan sekarang, maka lebih baik mengerjakan apa yang bisa dikerjakan saat ini, meskipun ada sisi minusnya. 

Karena jika kamu sendiri masih saja menunggu sampai waktu yang benar-benar tepat, yang ada nantinya kamu malah menemui beberapa kendala seperti yang ada pada pembahasan di bawah. Apa saja kira-kira? Yuk, simak sampai habis!

1. Kamu bakal tertinggal dari teman-temanmu

5 Hal yang akan Terjadi bila Kamu Gak Kunjung Punya Pekerjaanilustrasi termenung melihat kehidupan orang lain (unsplash.com/abdullah ali)

Alasan pertama mengapa kamu gak boleh menunda-nunda untuk segera bekerja adalah agar nantinya kamu gak tertinggal jauh dari teman-temanmu. Memang bukan hal yang bagus untuk membanding-bandingkan diri dengan orang lain, karena setiap orang pasti punya rezekinya masing-masing.

Tapi dengan bekerja, setidaknya kamu sudah ada usaha untuk menghidupi dirimu sendiri. Hal itu tentu lebih bagus, dibanding hanya duduk di rumah saja tanpa punya penghasilan apa pun.

Jadi, meskipun temanmu sudah ada jauh di depan sana, kamu gak akan merasa terlalu minder. Toh, kamu juga sudah punya karier dan pegangan finansialmu sendiri.

2. Sainganmu bakal bertambah banyak

5 Hal yang akan Terjadi bila Kamu Gak Kunjung Punya Pekerjaanilustrasi lulusan baru (unsplash.com/Good Free Photos)

Realistis saja, kita semua pasti ingin bekerja di perusahaan yang memberikan salary atau gaji yang tinggi. Tapi, yang namanya masuk ke perusahaan bonafit seperti itu, tentu perlu perjuangan yang gak mudah. Ada banyak pesaing yang mesti kita kalahkan sebelum bisa diterima bekerja di sana.

Ini juga yang jadi alasan mengapa kamu gak boleh menunda-nunda hanya untuk mendapat pekerjaan yang diimpikan. Karena bila kamu terus-terusan seperti itu, yang ada pesaingmu bakalan bertambah banyak nantinya. Junior-junior yang dulu berada satu tingkat di bawahmu, kini juga bakal menjadi lawanmu untuk bersaing dalam proses penerimaan kerja.

Belum lagi, jika kamu menganggur dalam waktu yang lama. Maka statusmu yang sebelumnya seorang "fresh graduate", tentu saja bakal kedaluwarsa. Ketika kamu bukan lagi seorang lulusan baru, maka biasanya perusahaan akan memberi tambahan kualifikasi, yang mana mengharuskanmu untuk punya pengalaman bekerja selama periode tertentu, sebagai syarat untuk diterima menjadi karyawan.

Baca Juga: 5 Alasan Punya Penghasilan Kecil Lebih Baik daripada Menganggur

3. Perkembangan kariermu pun akan mengalami penundaan

5 Hal yang akan Terjadi bila Kamu Gak Kunjung Punya Pekerjaanilustrasi stres kerja (pexels.com/ANTONI SHKRABA production)

Lambat memulai tentu akan sedikit berpengaruh terhadap perkembangan kariermu ke depannya. Andai saja kamu mau mulai bekerja sejak dulu, mungkin sekarang kamu bisa berada di jenjang dan juga penghasilan yang lebih baik dari yang kamu miliki saat ini.

Makanya, jangan terlalu mengulur-ngulur waktu untuk mengambil pekerjaan. Lebih baik merangkak dari posisi bawah dulu. Karena sayang sekali jika umurmu harus dihabiskan hanya untuk menunggu sampai mendapat pekerjaan atau posisi yang diinginkan.

4. Kamu jadi gak tahu bahagianya punya penghasilan sendiri

5 Hal yang akan Terjadi bila Kamu Gak Kunjung Punya Pekerjaanilustrasi bahagia punya uang (pexels.com/Karolina Grabowska)

Meskipun kamu masih punya orangtua yang siap menafkahimu, tapi pasti ada rasa sungkan untuk terus-terusan meminta uang dari mereka. Karena di usia yang sudah bukan anak kecil lagi, tentu kita sudah harus mencari pendapatan sendiri.

Kamu pun gak akan tahu bagaimana senangnya ketika waktu gajian telah tiba. Yang mana dengan gaji yang kita punya, kita jadi bisa menikmati sedikit hasil jeri payah kita untuk membeli sesuatu yang sudah diidamkan dari lama. Makanya, bila pekerjaan idaman belum bisa didapatkan, lebih baik ambil saja terlebih dulu kesempatan yang ada sekarang.

5. Bakal malu ketika berjumpa dengan orang lain

5 Hal yang akan Terjadi bila Kamu Gak Kunjung Punya Pekerjaanilustrasi bertemu teman di jalan (pexels.com/Armin Rimoldi)

Hal kelima yang akan terjadi bila kamu gak kunjung bekerja adalah kamu bakal malu untuk bertemu orang lain. Malu bertemu teman ketika berpapasan di jalan. Malu bertemu keluarga ketika ada perayaan tertentu.

Gak bisa dielak lagi bahwa kalimat-kalimat, seperti "kerja apa sekarang?" atau "kok, kamu gak kerja-kerja, sih", mungkin akan sering kamu dengar ketika sedang pada fase gak punya pekerjaan.

Selain itu, pasti ada perasaan takut tersendiri yang mana dengan keadaanmu saat ini, bisa saja akan memancing orang lain untuk berpikiran buruk tentangmu. Entah itu, ngecap kamu sebagai anak malas atau beban keluarga.

Maka dari itu, jika pekerjaan idamanmu belum bisa kamu dapatkan, lebih baik kerjakan saja apa yang bisa kamu lakukan saat ini. Karena lebih baik menghasilkan daripada duduk diam tanpa mengusahakan apa-apa.

Baca Juga: 5 Aturan Penting Tinggal dengan Orangtua Saat Masih Menganggur

Hay Lee Photo Verified Writer Hay Lee

Nulis karena bingung mau ngapain lagi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya