Comscore Tracker

7 Kegiatan yang Kini Bisa Dikerjakan Lewat Smartphone, Multifungsi

Dinamakan smartphone karena pintar melakukan banyak hal

Walaupun HP sudah muncul sejak lama, namun fitur yang dimilikinya saat itu masih terbatas pada kegiatan tertentu. Namun, berkat perkembangan teknologi, HP jadul yang dulunya hanya bisa melakukan kegiatan sederhana. Kini di-upgrade menjadi versi terbaiknya yang kita kenal sebagai smartphone atau ponsel pintar.

Kemunculan smartphone memang membawa perubahan besar bagi kehidupan kita. Kegiatan yang dulunya hanya bisa diakses dengan perangkat tertentu. Sekarang dapat dengan mudah dikerjakan lewat smartphone. Untuk tahu apa saja fungsi pintar yang dapat dilakukan smartphone masa kini, yuk simak artikel berikut!

1. Menonton televisi atau film

7 Kegiatan yang Kini Bisa Dikerjakan Lewat Smartphone, Multifungsiilustrasi menonton televisi (pexels.com/cottonbro)

Sebenarnya ponsel keluaran lama sudah menyediakan fitur yang bisa kita gunakan untuk menonton video. Namun, sayangnya masih terdapat kekurangan di banyak aspek, seperti penyimpanan yang terbatas, resolusi video rendah, dan output suara yang tidak sejernih ponsel keluaran sekarang. Selain itu, rata-rata orang yang hidup semasa ponsel jadul masih eksis, kebanyakan hanya menonton tayangan lewat televisi atau bioskop.

Namun, semua itu berubah saat smartphone muncul ke dunia. Versi upgrade dari ponsel lama yang dilengkapi banyak fitur keren, salah satunya bisa menonton video atau film panjang dengan kualitas jernih sekaligus audio yang mumpuni.

Bahkan, dengan fitur streaming video, kita bisa mengakses banyak tontonan tanpa perlu khawatir lagi storage-nya bakal penuh. Kini, menonton apa pun bisa dengan mudah diakses lewat perangkat kecil yang compact alias mudah dibawa di saku celana.

2. Bermain game

7 Kegiatan yang Kini Bisa Dikerjakan Lewat Smartphone, Multifungsiilustrasi bermain game (unsplash.com/SCEEEN POST)

Lagi-lagi, game juga sudah sejak lama hadir dan tersedia pada perangkat seluler macam handphone. Namun, grafis yang tersedia kala itu masih tergolong biasa saja. Jika ingin menikmati grafis dan pengalaman bermain yang lebih baik, maka kita harus membeli perangkat game khusus seperti PlayStation. Atau opsi lainnya yaitu dengan pergi ke rental game untuk menyewa perangkat bermain selama durasi tertentu.

Tapi sekarang, dengan kehadiran smartphone. Game-game grafis bagus yang dulu hanya tersedia pada perangkat tertentu, kini dapat dengan mudah dimainkan lewat smartphone. Bila sedang ada waktu luang, kita hanya tinggal mengeluarkan smartphone dari saku atau tas kita, kemudian tinggal memilih game yang ingin dimainkan. Sangat praktis bukan?

3. Mengetik

7 Kegiatan yang Kini Bisa Dikerjakan Lewat Smartphone, Multifungsiilustrasi mengetik (unsplash.com/Amelia Bartlett)

Memang, mengetik di smartphone masih tergolong kalah cepat dan gak senyaman bila kita mengetiknya secara langsung lewat komputer atau laptop. Tapi ya, untuk kegiatan mengetik ringan, sebenarnya smartphone masih bisa diandalkan, kok. Bahkan, untuk membuat artikel atau tulisan beratus-ratus kata juga masih bisa dilakukan lewat smartphone.

Jadi, jangan berkecil hati kalau kamu gak punya notebook untuk mengerjakan tugas, seperti mengetik makalah. Selagi naskahnya masih bisa diketik lewat smartphone, langsung saja kerjakan di sana!

Baca Juga: 7 Aplikasi yang Wajib Ada di Smartphone kamu, Berikut Daftarnya 

4. Membaca

7 Kegiatan yang Kini Bisa Dikerjakan Lewat Smartphone, Multifungsiilustrasi membaca buku (pixabay.com/hoahoa111)

Kini, kalo mau baca gak perlu beli koran atau buku lagi. Dengan kemunculan smartphone, makin banyak pula situs yang menghadirkan artikel-artikel menarik untuk menemani waktu luang.

Pun, bila ingin membaca buku-buku tebal dari karya penulis tertentu, terdapat pula platform yang menyediakan akses ke banyak buku digital. Tinggal pilih saja mau yang gratis atau membeli versi berbayarnya.

5. Mendengarkan musik

7 Kegiatan yang Kini Bisa Dikerjakan Lewat Smartphone, Multifungsiilustrasi alat pemutar DVD (unsplash.com/Brett Jordan)

Kalau dulu saat ingin mendengarkan musik, orang-orang harus membeli DVD atau kaset CD dulu. Baru setelahnya bisa diputar lewat perangkat khusus. Pilihan lainnya, biasanya sih harus menunggu acara musik di televisi yang bakal menayangkan video klip dari lagu yang sedang hype atau sesuai permintaan penonton.

Namun, kebanyakan orang kini sudah tidak mendengarkan lagu lewat CD lagi. Sebab, sekarang sudah ada platform streaming digital yang banyak menyediakan lagu-lagu, tidak hanya keluaran lama namun juga rilisan terbaru. Yup, lagi-lagi kita semakin dimudahkan untuk mendengarkan musik. Sebab, aplikasi streaming macam ini memang tersedia dan dapat diunduh secara langsung ke smartphone kita.

6. Melakukan komunikasi jarak jauh

7 Kegiatan yang Kini Bisa Dikerjakan Lewat Smartphone, Multifungsiilustrasi video call (unsplash.com/Surface)

Kalau ponsel dulu hanya bisa melakukan SMS atau telepon jarak jauh. Kini kita juga bisa melakukannya lewat smartphone. Namun, gak cuma sekadar berkirim pesan teks atau mendengar suara orang lain saja.

Lebih dari itu, kita bahkan bisa melihat wajah orang yang dihubungi dengan jelas lewat fitur video call yang ada pada smartphone keluaran masa kini. Benar-benar terasa sekali perubahannya, bukan?

7. Melakukan transaksi jual beli

7 Kegiatan yang Kini Bisa Dikerjakan Lewat Smartphone, Multifungsiilustrasi transaksi keuangan (pexels.com/energepic.com)

Kini, sekadar mengirim uang pun bisa dengan mudah dilakukan lewat smartphone. Gak perlu jauh-jauh pergi ke ATM, asalkan smartphone milikmu sudah terdaftar ke fitur m-banking. Maka kamu pun sudah bisa langsung melakukan transaksi jual beli dengan mudah.

Bahkan, sudah banyak pula aplikasi dompet digital yang proses registrasinya sangat mudah dan gak makan waktu lama. Tinggal top up saldo sebentar, kemudian langsung bisa dipakai untuk belanja apa pun di internet.

Wah, ternyata kemunculan smartphone memang sangat memudahkan kita dalam banyak hal. Berbeda dengan dulu, yang mana jika ingin menikmati kegiatan tertentu. Maka kita harus membeli perangkat yang sesuai dengan fitur yang diinginkan. Tapi sekarang, kini semua kegiatan tersebut bisa dengan mudah dilakukan lewat smartphone. Bahkan, smartphone yang tergolong low-end masih tetap bisa melakukannya.

Baca Juga: 5 Tips Merawat Smartphone Fast Charging Agar Berumur Panjang

Hay Lee Photo Verified Writer Hay Lee

Nulis karena bingung mau ngapain lagi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya