Comscore Tracker

5 Filosofi Tak Biasa dari Boneka yang Seolah Bisa Menjadi Kawan

Boneka biasa dimainkan oleh anak-anak kecil

Semua orang tentu sudah tidak asing lagi dengan keberadaan boneka. Sebab, boneka kerap kali menjadi salah satu pilihan mainan yang banyak dimiliki oleh anak-anak. Bahkan tak jarang orang dewasa pun masih memiliki boneka yang kerap menjadi pajangan ataupun untuk disimpan di kamar tidur.

Di balik kelucuan dan gemasnya boneka, ternyata benda tersebut memiliki banyak filosofi tersendiri yang dapat dijadikan sebagai nasihat hidup. Kamu dapat mengetahui beberapa filosofi berikut ini yang bisa dipetik dari keberadaan boneka.

1. Dapat menjadi teman bagi orang-orang

5 Filosofi Tak Biasa dari Boneka yang Seolah Bisa Menjadi Kawanilustrasi teddy bear (unsplash.com/@sanateddy)

Berbeda dengan benda lainnya, mungkin boneka tidak memiliki tujuan-tujuan khusus yang dapat memudahkan aktivitas manusia. Namun, hal yang dibutuhkan dari boneka biasanya terletak pada keberadaannya. Hal ini karena memang boneka kerap kali dijadikan sebagai teman bagi orang-orang.

Di balik hal ini, maka ada satu fakta menarik yang ternyata dimiliki manusia, yaitu sangat membutuhkan keberadaan orang lain. Boneka selayaknya teman yang dapat menemani disaat suka dan duka, sehingga tak mengherankan apabila manusia sebagai makhluk sosial juga membutuhkan sosok yang dapat menemaninya. Itulah mengapa jangan sampai menyepelekan keberadaan orang-orang tersayang yang ada di sekitar.

2. Memberikan kenyamanan tersendiri

5 Filosofi Tak Biasa dari Boneka yang Seolah Bisa Menjadi Kawanilustrasi boneka (unsplash.com/@murrrchalla)

Melihat dari keragaman boneka, maka kamu dapat memperhatikan bahwa ada banyak sekali ukuran dan jenis yang mungkin dimiliki oleh boneka. Dari yang kecil hingga boneka yang memiliki ukuran sangat besar. Sebetulnya hal utama yang terlihat dari keberadaan boneka adalah kenyamanan yang diperoleh oleh pemiliknya.

Meski merupakan benda mati, nyatanya boneka tetap dapat memberikan kenyamanan tersendiri. Hal ini menjadi satu filosofi unik, sebab manusia secara natural memang selalu membutuhkan kenyamanan. Inilah mengapa seseorang sangat memerlukan keberadaan orang lain yang tentunya dapat membuat mereka merasa nyaman.

Baca Juga: 5 Koleksi Boneka Barbie yang Pernah Hits Bagi Anak-anak 2000an

3. Menjadi benda kesayangan bagi orang-orang

5 Filosofi Tak Biasa dari Boneka yang Seolah Bisa Menjadi Kawanilustrasi boneka (unsplash.com/@darkmoonart)

Setiap orang biasanya memiliki benda-benda kesayangannya tersendiri. Hal ini biasanya kerap kali disimpan di kamar tidur ataupun di tempat-tempat yang memang sering ditinggalinya. Boneka ternyata bisa menjadi salah satu benda kesayangan bagi banyak orang.

Melalui hal ini, ada satu filosofi yang dapat dipetik dari keberadaan boneka. Hal tersebut adalah bagaimana manusia dapat mencurahkan rasa kasih sayang meski terhadap benda kesayangannya sendiri. Inilah yang membuat manusia menjadi makhluk perasa yang tidak hanya mengandalkan logika, namun juga perasaannya.

4. Seakan menjadi bagian dari keluarga

5 Filosofi Tak Biasa dari Boneka yang Seolah Bisa Menjadi Kawanilustrasi teddy bear (unsplash.com/@__drz__)

Bagi orang-orang yang memiliki boneka kesayangan, benda tersebut bukanlah sesuatu yang sepele bagi mereka. Bahkan tidak sedikit orang-orang yang juga menganggap boneka kesayangannya sebagai bagian dari keluarga. Tentu saja mereka akan sangat menyayangi boneka-boneka yang dimilikinya.

Hal ini membuktikan bahwa perasaan manusia memang kadang kala sulit untuk ditebak. Jika sudah merasa sayang, maka tidak mengherankan bahwa benda mati seperti boneka pun dapat menjadi hal yang sangat dijaga dan dianggap berharga.

5. Bentuk ungkapan rasa kasih sayang

5 Filosofi Tak Biasa dari Boneka yang Seolah Bisa Menjadi Kawanilustrasi boneka (unsplash.com/@mclee)

Boneka bukan hanya sekadar benda mati atau mainan yang dapat disimpan sesuka hati. Lebih dari itu, boneka ternyata dapat menjadi suatu bentuk ungkapan rasa kasih sayang terhadap diri sendiri ataupun orang lain. Misalnya ada banyak orang-orang yang memberikan boneka sebagai hadiah untuk dan hal ini menjadikannya sebagai sesuatu yang sangat berharga.

Melalui hal tersebut, maka tidak mengherankan apabila boneka sesungguhnya memiliki makna yang cukup dalam bagi banyak orang. Bukan hanya sebagai benda biasa, melainkan dapat menjadi bentuk ungkapan rasa cinta dan kasih sayang terhadap orang terdekat.

Setiap orang boleh memiliki persepsi yang berbeda-beda mengenai keberadaan boneka. Bisa dianggap sebagai mainan biasa atau bisa pula menjadi benda kesayangan yang sangat berharga. Terpenting, tetap selalu mengambil sisi positif yang ada di dalamnya, ya!

Baca Juga: 5 Filosofi Segelas Teh yang Mungkin Jarang Diketahui, Penuh Makna!

Salsabila Manlan Photo Verified Writer Salsabila Manlan

Jangan bosan menebarkan ilmu baru pada sesama!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya