Comscore Tracker

5 Filosofi Menarik Seputar Alat Musik Gitar, Penuh Nasihat Hidup!

Ada banyak nasihat penting yang bisa dipetik dari gitar

Gitar merupakan salah satu alat musik yang dimainkan dengan cara dipetik. Keberadaan gitar rasanya sudah cukup umum bagi kebanyakan orang, apalagi bagi mereka yang memang berkecimpung dalam dunia musik. Semua rentang usia bisa memainkan gitar apabila telah handal dalam mempelajarinya.

Gitar ternyata bukan hanya sekadar alat musik semata, namun bahkan dianggap sebagai instrumen yang dapat memberikan banyak hal baru pada melodi yang diciptakannya. Dari alat musik yang satu ini, ternyata ada beberapa filosofi menarik berikut ini yang dapat dijadikan sebagai nasihat hidup.

 

1. Butuh proses dalam belajar bermain gitar

5 Filosofi Menarik Seputar Alat Musik Gitar, Penuh Nasihat Hidup!ilustrasi bermain gitar (unsplash.com/@jefflssantos)

Mempelajari suatu alat musik memang bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan, apalagi bila sama sekali tidak memiliki sebelumnya. Sama halnya apabila kamu kamu mulai mempelajari cara memetik gitar yang tepat, sehingga mampu menciptakan melodi yang indah.

Dilansir MightyExpert, untuk seseorang yang mempelajari gitar selama 30 menit setiap harinya atau 3-5 hari per minggu, maka durasi yang dibutuhkan akan memakan waktu sekitar satu hingga dua bulan. Tentunya ini akan berbeda apabila kamu ingin lebih andal lagi dalam memainkan gitar.

Dari proses untuk mempelajari gitar tersebut, ternyata ada satu filosofi menarik yang dapat dipetik. Setiap hal dalam hidup termasuk belajar tentunya membutuhkan proses tersendiri. Hal inilah yang jadi alasan mengapa tidak ada segala sesuatu yang dapat terlaksana secara instan sebab semuanya memerlukan proses.

2. Ketelatenan dan kesabaran dalam memainkannya

5 Filosofi Menarik Seputar Alat Musik Gitar, Penuh Nasihat Hidup!ilustrasi bermain gitar (unsplash.com/@caaaaaaaaaio)

Mungkin banyak dari kamu yang bertanya-tanya mengapa mempelajari gitar bisa memakan waktu yang cukup lama. Sebetulnya hal ini serupa apabila kamu mempelajari instrumen yang lainnya, sebab tentu tidak ada yang benar-benar mudah.

Mengutip Music Grotto, mempelajari gitar membutuhkan dedikasi dan kesabaran tersendiri sebab hal ini tidak mudah pada awalnya.

Melalui proses dalam mempelajari gitar, maka ada filosofi menarik yang semestinya dapat dijadikan nasihat hidup. Dalam melakukan segala hal, dedikasi dan kesabaran adalah kunci utama dalam memperoleh hasil yang terbaik. Oleh sebab itu, jangan sampai menyepelekan dan menganggap rendah keduanya.

Baca Juga: 5 Filosofi Penting yang dapat Dipetik dari Angin, Banyak Nasihat Hidup

3. Mampu menghasilkan melodi yang indah

5 Filosofi Menarik Seputar Alat Musik Gitar, Penuh Nasihat Hidup!ilustrasi bermain gitar (unsplash.com/@olegixanovpht)

Sebagai alat musik yang dapat menghasilkan suara, tentu salah satu fungsi adalah untuk memproduksi melodi. Instrumen ini sebetulnya merupakan cikal bakal dari terciptanya banyak lagu melalui berbagai melodi yang diarasemen dengan sebaik mungkin.

Biasanya para pemain gitar akan melakukan eksplorasi dan eksperimen dengan menggunakan kunci chord yang berbeda-beda sehingga dapat menghasilkan melodi yang indah, seperti dilansir GuitarZoom.

Melihat dari hasil luar biasa yang dapat dihasilkan dari bermain gitar, maka tentu ada satu nasihat hidup yang dapat menjadi di filosofi menarik. Melalui alat musik yang sederhana, maka bisa menghasilkan melodi yang luar biasa.

Sama hal dengan manusia, jangan sampai menyepelekan segala usaha walau sekecil apapun. Hal ini karena mungkin saja melalui usaha tersebut, justru dapat memberikan hasil yang luar biasa.

4. Penghibur di kala senggang

5 Filosofi Menarik Seputar Alat Musik Gitar, Penuh Nasihat Hidup!ilustrasi bermain gitar (unsplash.com/@adigold1)

Mungkin gitar hanya dipandang sebagai alat musik biasa bagi kebanyakan orang. Padahal gitar ternyata bukan hanya sebatas mengenai alat instrumen saja, namun juga kerap dijadikan sebagai penghibur di kala suntuk melanda. Bahkan bermain gitar disebut-sebut dapat berdampak baik pada kesehatan mental, sebab mampu meningkatkan kreativitas dan kepercayaan dalam diri, seperti dikutip MusicRadar.

Melalui sisi lain dari gitar, maka manusia dapat mempelajari satu filosofi penting yang ada di dalamnya. Bahwa segala sesuatu dapat memiliki sisi baiknya, apabila memang difungsikan untuk niat yang baik pula.

Sama halnya dengan aktivitas yang dilakukan oleh manusia. Apabila dilakukan dengan niat dan maksud yang baik, maka hasilnya pun akan baik.

5. Berbeda jenis gitar, maka berbeda cara memainkannya

5 Filosofi Menarik Seputar Alat Musik Gitar, Penuh Nasihat Hidup!ilustrasi bermain gitar (unsplash.com/@adigold1)

Nyatanya bermain gitar ternyata harus memperhatikan banyak hal yang ada di dalamnya. Dari mulai jenis gitarnya hingga senar yang memang digunakan dalam gitar tersebut. Hal ini karena memang cara permainannya pun jelas akan berbeda satu sama lain. Dilansir Guitar Lesson World, perbedaan jenis gitar dan senar dapat memberikan hasil suara yang berbeda.

Melalui cara penting dalam bermain gitar, maka semestinya ada satu hal yang harus kamu ingat. Sama halnya dengan segala aktivitas yang dilakukan oleh manusia, segala perbedaan tentu memiliki solusinya tersendiri. Oleh sebab itu, jangan sampai memaksakan satu solusi untuk semua masalah sebab tentu hal tersebut tidak akan dapat menghasilkan penyelesaian yang baik.

Ternyata memang ada banyak sekali sisi lain yang menarik untuk disimak dari keberadaan gitar. Tidak mengherankan bila memang gitar seakan mampu memberikan banyak filosofi penting bagi orang-orang. Mana filosofi yang menurutmu paling tepat?

 

Baca Juga: 9 Jenis Gitar yang Harus Kamu Tahu, Jangan Sampai Salah!

Salsabila Manlan Photo Verified Writer Salsabila Manlan

Jangan bosan menebarkan ilmu baru pada sesama!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya