Comscore Tracker

5 Hal yang Bisa Dilakukan Saat Kehabisan Ide untuk Menulis

Jangan langsung nyerah!

Salah satu hal yang sudah pasti pernah atau bahkan sering dialami oleh para penulis adalah buntunya ide untuk menulis.

Ide memang merupakan hal yang sangat istimewa dan penting bagi setiap orang, apalagi mereka yang sering menulis. Tidak jarang, produktivitas kamu dalam menulis pun mulai berkurang saat kamu kehabisan ide untuk menulis.

Daripada kamu dibuat pusing dengan ide yang tidak kunjung juga datang, lebih baik kamu temukan ide untuk menulis dengan beberapa hal di bawah ini.

1. Menjadikan pengalaman pribadi sebagai bahan untuk sebuah tulisan

5 Hal yang Bisa Dilakukan Saat Kehabisan Ide untuk Menulispexels.com/olly

Saat kamu bingung dengan tema atau pokok pembahasan yang akan kamu tulis, tidak ada salahnya kamu menjadikan pengalaman pribadi sebagai bahan tulisan.

Lagi pula, sekarang ini banyak sekali para penulis yang terinspirasi dari kisah pribadi mereka masing-masing. Kamu bisa mengambil dari sudut pandang pendidikan, kisah asmara, atau keadaan jatuh bangun saat sedang meraih impian.

2. Perbanyak bahan referensi dengan cara membaca

5 Hal yang Bisa Dilakukan Saat Kehabisan Ide untuk Menulispexels.com/rawpixel

Makanan para penulis adalah dengan membaca buku dan selalu update dengan berita terkini. Maka di saat pikiran kamu sedang buntu dengan ide, cobalah untuk membaca buku atau sekedar membuka-buka media sosial untuk mengetahui berita terkini.

Saat mencari referensi atau ide dari media sosial, kamu harus berhati-hati dan berwaspada. Karena tidak semua berita yang ada di media sosial dapat dipercaya dan dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya.

Baca Juga: 7 Pekerjaan Ini Cocok Buat Kamu yang Suka Menulis

3. Ajak sahabat atau orang terdekat untuk diajak bercerita dan bertukar pikiran

5 Hal yang Bisa Dilakukan Saat Kehabisan Ide untuk Menulispexels.com/hillaryfox

Saat kamu mempunyai teman yang satu pemikiran dan orang-orang yang cukup peduli kepada kamu, apa salahnya untuk meminta saran dan pendapat mereka tentang topik atau tema yang harus mulai kamu tulis. Kamu bisa menampung semua ide tersebut dan kamu jabarkan menggunakan gaya bahasa kamu sendiri.  

4. Segarkan pikiran dengan cara menghirup udara segar

5 Hal yang Bisa Dilakukan Saat Kehabisan Ide untuk Menulispexels.com/andre-furtado-43594

Pikiran kamu juga membutuhkan oksigen dan udara segar lho. Makanya cobalah untuk keluar sejenak dari ruangan dan hirup udara segar. Cara ini sangat ampuh dan sering sekali dilakukan oleh banyak orang saat sedang jenuh dan saat sedang kehabisan ide ketika mengerjakan sesuatu.

5. Jika pikiran terlalu penat, maka beristirahatlah

5 Hal yang Bisa Dilakukan Saat Kehabisan Ide untuk Menulispexels.com/@pixabay

Langkah terakhir adalah dengan cara melakukan istirahat. Jangan terlalu memaksakan pikiran kamu yang sedang penat dan tidak bisa berpikir sama sekali. Mungkin pikiran kamu sedang membutuhkan waktu untuk istirahat dan bukan waktunya untuk digunakan berpikir keras. 

Santai saja. Lagi pula jika tubuh sudah membutuhkan istirahat yang cukup, ide-ide yang keren pun akan mulai bermunculan dan tubuh akan kembali segar seperti biasanya.

Nah, itu dia 5 hal yang bisa kamu lakukan saat sedang kehabisan ide untuk menulis. Selamat mencoba!

Baca Juga: Gak Usah Bingung, Ini 5 Spot Nyaman Cari Inspirasi Menulis di Kampus 

sandinugraha Photo Community Writer sandinugraha

Kepoin aja dulu, Siapa tahu jodoh

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

JADWAL SALAT & IMSAK

26
MEI
2019
21 Ramadan 1440 H
Imsak

04.26

Subuh

04.36

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

Just For You