Comscore Tracker

Cek 5 Tanda yang Menujukan Kedewasaan Secara Emosional

Karena usia tidak menjamin kedewasaan seseorang

Umur atau usia bukanlah menjadi sebuah patokan seseorang menjadi dewasa. Ada banyak sekali faktor yang dapat mempengaruhi kedewasaan seseorang, seperti pengalaman hingga cara berpikir seseorang.

Sikap dewasa bisa kita lihat secara emosional. Berikut ada 5 tanda yang menunjukan bahwa seseorang telah dewasa secara emosional.

1. Mampu mengenali emosi yang sedang dirasakan

Cek 5 Tanda yang Menujukan Kedewasaan Secara Emosionalpexels.com/@pixabay

Jika kamu sudah dewasa secara emosional, kamu pasti akan kenal dan paham betul dengan emosi ataupun perasaan yang sedang kamu rasakan. Dimulai dari perasaan sedih hingga bahagia sekalipun.

Sehingga kamu mampu mengetahui penyebab emosi yang sedang terjadi dan mampu mengendalikan emosi tersebut dengan sebaik mungkin.

2. Tidak menjadikan orang lain sebagai kambing hitam

Cek 5 Tanda yang Menujukan Kedewasaan Secara Emosionaldramabeans.com

Disaat melakukan kesalahan, orang yang dewasa tidak akan menyalahkan kesalahan tersebut kepada orang lain. Tetapi, dia akan langsung meminta maaf dan mengakui kesalahan yang sudah diperbuatnya. Secara emosional, disaat dia mengakui kesalahannya. Dia akan lebih lega dan nyaman daripada harus menjadikan orang lain sebagai kambing hitam atas perbuatannya.

3. Menerima kritikan dan masukan dengan terbuka

Cek 5 Tanda yang Menujukan Kedewasaan Secara Emosionalpexels.com/@burst

Baca Juga: Dewasakan Diri, 8 Prinsip Hidup Ini Wajib Dipegang Sejak Awal 20an

Setiap orang pasti akan selalu mendapatkan kritikan dan masukan dari banyak orang. Meskipun pekerjaan atau hal yang kamu lakukan sudah benar sekalipun, kamu pasti akan mendapatkan kritikan dan masukan dari orang lain.

Orang yang sudah dewasa secara emosional. Dia tidak akan marah ataupun tersinggung disaat mendapatkan masukan dari orang lain. Justru dia akan sangat senang dan menerima masukan tersebut dengan senang hati dan tangan terbuka.

4. Tidak membiarkan emosi mengontrol diri sendiri

Cek 5 Tanda yang Menujukan Kedewasaan Secara Emosionalpexels.com/@mastercowley

Disaat sedang marah atau kesal, emosi akan secara langsung memuncak. Pikiran pun tidak bisa berpikir secara baik dan jernih, disaat kondisi kamu sedang seperti ini.

Namun jika kamu sudah benar-benar dewasa secara emosional, hal di atas tidak akan terjadi sama sekali. Justru kamu akan mencari akar dari masalah tersebut dan menyelesaikannya sampai tuntas.

5. Berhenti dari ketergantungan terhadap orang lain

Cek 5 Tanda yang Menujukan Kedewasaan Secara Emosionalpexels.com/@pixabay

Tanda dewasa secara emosional juga ditandai dengan sikap kamu yang mandiri dan tidak mempunyai rasa ketergantungan kepada oeang lain. Karena kamu yakin, bahwa kebahagian bukan berasal dari orang lain. Tetapi kebahagian berasal dari diri kamu sendiri.

Itu dia 5 tanda seseorang bisa disebut dewasa secara emosional. Teruslah berpiikr positif dan jangan pernah dikendalikan oleh emosi atau pikiran kurang baik.

Baca Juga: Awas! Ini 4 Pertanda Emosinal Kalau Kamu "Kecanduan" Stres

sandinugraha Photo Verified Writer sandinugraha

Kepoin aja dulu, Siapa tahu jodoh

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya