Comscore Tracker

5 Pelajaran Hidup yang Bisa Dipetik dari Film 'Green Book'

Mengharukan banget!

Peraih film terbaik dalam ajang piala Oscar 2019 ini menyorotkan kisah rasisme yang terjadi di Amerika pada tahun 1960an terhadap masyarakat berkulit hitam. Film ini dibumbui dengan kisah persahabatan yang hangat antara Tony Lip, supir berkulit putih, yang bekerja untuk mengantar Don Shirley, pemain piano berkulit hitam, ke setiap konsernya selama dua bulan.

Banyak yang terjadi sepanjang perjalanan. Banyak juga pelajaran moral yang dapat kamu ambil untuk diterapkan di kehidupan sehari-hari. Seperti toleransi, cinta, kesetiaan, dan masih banyak lagi. Yuk simak lima moral yang kita bisa petik dari film ini!

1. Masalah apa pun tidak dapat selalu diselesaikan dengan kekerasan

5 Pelajaran Hidup yang Bisa Dipetik dari Film 'Green Book'imdb.com

Tony memukul seorang polisi karena menyebutnya "separuh kulit hitam". Tindakan tersebut mengakibatkan Don dan Tony ditahan dalam sel. Don berkata pada Tony, "Kau tidak akan pernah menang dengan kekerasan. Kau menang ketika kau menjaga martabatmu. Martabat selalu menang." Betul, tidak ada masalah yang dapat diselesaikan dengan kekerasan, malah, bisa jadi akan menambah masalah yang sudah ada.

Segala masalah perlu diselesaikan dengan kepala dingin. Seberapa pun orang lain mengucilkan kamu, balaslah dengan kebaikan, selesaikan dengan baik dan beretika.

2. Seberapa jauh kamu pergi, keluarga tetap nomor satu

5 Pelajaran Hidup yang Bisa Dipetik dari Film 'Green Book'nola.com

Tony harus berkelana jauh dari keluarganya selama dua bulan meninggalkan istri dan kedua anak laki-lakinya. Namun, tetap ia berusaha menuliskan surat kepada istri dan anak-anaknya setiap waktu untuk memberi kabar. Ia juga memastikan bahwa ia sampai rumah sebelum malam Natal agar ia dapat merayakan natal bersama.

3. Persahabatan itu bisa dijalin dengan siapa saja, termasuk dengan orang yang berbeda latar belakang dan budaya

5 Pelajaran Hidup yang Bisa Dipetik dari Film 'Green Book'deadline.com

Dengan banyaknya waktu yang dihabiskan bersama dalam perjalanan, Tony dan Don akhirnya menjalin hubungan persahabatan yang indah walau ada perbedaan ras dan kelas sosial. Mereka belajar untuk saling memahami dan melindungi satu sama lain.

Baca Juga: Pikir Lagi, Ini 5 Tanda Temanmu Tidak Menghargai Persahabatan Kalian

4. Semua manusia memiliki derajat yang sama tanpa melihat perbedaan suku, budaya, dan warna kulit

5 Pelajaran Hidup yang Bisa Dipetik dari Film 'Green Book'imdb.com

Tony dan beberapa anggota keluarganya merupakan salah satu yang memandang rendah kaum-kaum kulit hitam. Namun, sepanjang perjalanannya dengan Don, ia belajar lebih dalam bahwa semua manusia memiliki derajat yang sama. Tidak pantas rasanya bila membeda-bedakakan sesama manusia dengan cara apa pun. 

5. Seberapa banyak tawaran kerja yang Tony dapat, ia tetap setia bekerja dengan Don

5 Pelajaran Hidup yang Bisa Dipetik dari Film 'Green Book'imdb.com

Di tengah maraknya isu rasial terhadap masyarakat kulit hitam, Tony dipandang aneh karena ingin bekerja untuk seseorang dengan kulit berwarna, seperti Don. Beberapa temannya sempat menawarkannya pekerjaan lain dengan imbalan yang lebih banyak.

Namun, Tony beberapa kali juga menolak tawaran-tawaran tersebut karena ia merasa bahwa ia sudah berjanji pada Don untuk menyelesaikan pekerjaannya. Ia memiliki tanggung jawab kepadanya tidak hanya sebagai supir, tapi juga sebagai sahabatnya.

Banyak kan pelajaran yang bisa dipetik dari film ini? Kalau ada yang belum nonton, tonton sekarang deh!

Baca Juga: 5 Alasan Pentingnya Pendidikan Moral Bagi Generasi Zaman Now

Topic:

  • Sarah Qonita
  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya