Comscore Tracker

Cuma Orang Berhasil yang Menanyakan 9 Pertanyaan Ini ke Diri Sendiri

#GoodLife Beranikah dirimu menjawabnya?

Apakah kamu terpikir jika banyak dari orang sukses itu suka berbicara sendiri? Mereka berbicara demikian bukan berarti karena mereka aneh. Mereka berbicara pada diri mereka untuk mengevaluasi atau membenahi sesuatu yang harus dilakukan. Gak sembarangan, ini pertanyaan yang sering ditanyakan orang berhasil ke dirinya sendiri. Kalau kamu bisa menjawabnya nggak?

1. Apa yang akan terjadi jika ini semua terasa mudah untuk didapat?

Cuma Orang Berhasil yang Menanyakan 9 Pertanyaan Ini ke Diri SendiriUnsplash.com/Mohammad Gh

Pernah tidak kamu menginginkan sesuatu namun ingin secara instan saja? Tanpa melalui proses dan perjalanan yang panjang. Namun, sayangnya hal itu tidak ada di dunia ini. Kita tidak bisa mendapatkan sesuatu yang besar dengan cara yang mudah dan biasa. Pernahkah kamu memikirkan jika segala sesuatu terasa mudah untuk didapatkan? Yang ada kamu hanya menjadi pribadi yang serba ingin enak saja. Tanpa tahu betapa susahnya untuk mendapatkan sesuatu.

2. Jika ini adalah hari terakhir aku hidup, apakah aku pantas untuk bangga?

Cuma Orang Berhasil yang Menanyakan 9 Pertanyaan Ini ke Diri SendiriUnsplash.com/eberhard grossgasteiger

Ya pertanyaan ini bisa kamu tanyakan pada dirimu sendiri. Apa yang yang sudah kamu lakukan dalam hidupmu. Apakah sudah bermanfaat bagi orang lain atau justru kurang? Dan jika kamu semisalnya tahu kapan hidupmu akan berakhir suatu waktu apakah kamu sudah bisa merasa bangga dan senang dengan apa yang kamu lakukan? Tanyakan itu pada dirimu. Karena kita tidak pernah tahu berapa umur ini akan terus berlanjut.

3. Apa sisi lain dari rasa takut itu?

Cuma Orang Berhasil yang Menanyakan 9 Pertanyaan Ini ke Diri SendiriUnsplash.com/allison griffith

Dalam melakukan sesuatu pasti kamu mengenal yang namanya ketakutan. Namun, pernahkah kamu berpikir apa sisi lain dari rasa takutmu itu. Di samping kamu hanya mendapatkan rasa gelisah dan was-was apa sebenarnya sisi lain dari rasa takut itu. Rasa takut bisa membuat dirimu menjadi lebih berusaha lagi. Karena mungkin ada rasa takut untuk gagal makanya kamu berusaha agar tidak jatuh atau gagal yang bertubi-tubi.

4. Apakah ini yang namanya euforia?

Cuma Orang Berhasil yang Menanyakan 9 Pertanyaan Ini ke Diri SendiriUnsplash.com/Jeremy Bishop

Apakah kamu pernah merasakan sesuatu yang benar-benar membuatmu terkesan? Seperti ada percikan bara api yang menggebu-gebu di hatimu. Seperti ada euforia yang "wah luar biasa". Pernahkah? Rasanya bagaimana? Luarbiasa bukan! Itulah rasanya jika kamu pernah merasakan sensasi itu. Apakah kamu tidak ingin merasakan euforia dari suatu keberhasilan lagi? Maka buatlah euforia itu lagi dan lagi terus dan terus. Sampai kamu merasa bahwa apa yang kamu lakukan dapat bermanfaat bagi orang lain.

Baca Juga: 8 Tanda Tersirat Kamu Sudah Berhasil Jadi Pribadi yang Bebas

5. Apa yang bisa aku lakukan untuk membenahi sesuatu. Apakah hal itu akan lebih mudah atau tidak berguna?

Cuma Orang Berhasil yang Menanyakan 9 Pertanyaan Ini ke Diri SendiriUnsplash.com/Christopher Sardegna

Pernah mengalami sebuah masalah? Pasti pernah, masalah memang selalu ada dimana-mana. Namun, apa yang lantas kamu lakukan untuk membenahi masalah itu. Apakah kamu pernah berpikir bagaimana caranya supaya masalah itu bisa tuntas. Apakah tindakanmu akan mempermudah atau justru tidak berguna. Itu semua tergantung padamu dan pada apa yang sedang kamu hadapi. Tenang dan pikirkan baik-baik supaya apa yang kamu lakukan bisa menjadi hal yang tepat.

6. Kalau bukan sekarang lantas kapan lagi?

Cuma Orang Berhasil yang Menanyakan 9 Pertanyaan Ini ke Diri SendiriUnsplash.com/Francisco Gonzalez

Jangan pernah menunda sesuatu. Lakukan sekarang juga jika memang harus. Semakin kamu menunda semakin kamu menumpuk tugasmu. Memang rasanya enak dengan alasan "ah nanti saja" atau "ah masih lama". Memang terkesan sederhana namun di akhir kamu sendiri yang akan susah. Jadi jika kamu tidak ingin mempersulit diri di belakang maka lakukan segalanya di awal. Supaya kamu bisa melakukan yang lain pula.

7. Bagaimana caranya supaya aku bisa bangkit kembali?

Cuma Orang Berhasil yang Menanyakan 9 Pertanyaan Ini ke Diri SendiriUnsplash.com/Roksolana Zasiadko

Pernah merasa terpuruk dan ingin berakhir saja? Jangan, karena itu bukan sejatinya dirimu. Jika kamu memiliki mimpi maka sebanyak apapun kegagalan dan terjatuh akan kebal padamu. Jika kamu memang berani bermimpi maka kamu berani jatuh. Dan setiap kali kamu jatuh, apa yang terlintas di benakmu saat itu? Apakah kamu memikirkan bagaimana kamu bisa bangkit kembali? Berarti itu menandakan bahwa kamu memang jiwa pejuang sejati. Kegagalan tidak membuat semangatmu surut begitu saja. Namun, memacumu untuk terus maju dan berkembang menjadi lebih baik lagi.

8. Apakah ini akan menjadi kenyataan atau hanya cerita saja?

Cuma Orang Berhasil yang Menanyakan 9 Pertanyaan Ini ke Diri SendiriUnsplash.com/GREG KANTRA

Hidup itu memang keras bagi orang-orang tertentu. Dan bagimu yang punya mimpi untuk menggapainya memang membutuhkan perjuangan yang keras pula. Pernahkah kamu memikirkan bahwa apa yang kamu lakukan ini akan menjadi sebuah kenyataan atau justru hanya menjadi sebuah cerita belaka. Apa yang musti kamu lakukan untuk membuat itu menjadi kenyataan? Pikirkan hal itu. Jangan biarkan apa yang kamu mau hanya menjadi cerita atau omongan belaka saja.

9. Bagaimana jika aku melakukan yang sebaliknya?

Cuma Orang Berhasil yang Menanyakan 9 Pertanyaan Ini ke Diri SendiriUnsplash.com/Brooke Cagle

Apa yang akan kamu lakukan jika kamu memiliki sebuah impian namun kamu pasrah begitu saja hanya mengikuti alur kehidupan. Maka hasilnya pun tidak akan seberapa. Pernahkah kamu memikirkan bagaimana jika kamu melakukan sesuatu sebaliknya. Kamu berusaha sekuat tenaga dan mempasrahkan setelahnya. Apa yang akan kamu dapatkan? Yang jelas adalah kepuasan. Kamu akan merasa apa yang kamu lakukan akan sepadan. Entah hasilnya nanti akan seperti apa, namun ada rasa bangga pada dirimu setelah berusaha

Jika kamu sendiri tahu jawabannya, maka peganglah itu karena bisa jadi hal ini yang akan membantumu naik ke tangga kesuksesan. Nah, sudahkah kamu menanyakan pertanyaan ini?

Baca Juga: Meski Sudah Hampir Berhasil, Ini 10 Hal Sepele yang Bikin Kamu Gagal

sekar jatiningrum Photo Verified Writer sekar jatiningrum

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya