Comscore Tracker

8 Ide Penataan Taman Depan Rumah, Gak Perlu Biaya Besar!

Biar menambah kesan nyaman ketika memasuki rumah

Kita tak bisa menyangkal bahwa rumah menjadi satu-satunya tempat ternyaman dibandingkan tempat indah lainnya di seluruh dunia. Oleh karena itu, tergantung pada kita bagaimana cara kita meningkatkan kesan rumah yang nyaman agar penghuninya pun bakal betah di rumah. Salah satunya adalah desain depan rumah.

Walaupun depan rumah bukan pojok untuk kita istirahat, tapi setidaknya menjadi titik terpenting saat kita kembali. Disambut dengan nuansa kesegaran depan rumah bakalan menumbuhkan aura positif bagi jiwa dan pikiran kita.

Ini dia 8 dekorasi simpel taman depan rumah yang tak perlu biaya yang mahal. Simak, yuk.

1. Menambahkan aroma kesegaran halaman dengan beberapa tanaman herbal

8 Ide Penataan Taman Depan Rumah, Gak Perlu Biaya Besar!www.telegraph.co.uk

Mayoritas tumbuhan herbal dapat tumbuh subur tanah liar, seperti halaman rumah. Gak terlalu mahal, kamu bisa memilih alternatif seperti pohon mint atau rosemary.

Kamu bisa memberikan sedikit ruang untuk menanam beberapa herbal di dekat pintu atau jendela depan. Agar tampak lebih menonjol dan rapi, kamu juga bisa menata bebatuan mengitari tanaman herbal yang kamu tanam.

2. Tambahkan jalan setapak menuju pintu rumah sebagai jalan utama

8 Ide Penataan Taman Depan Rumah, Gak Perlu Biaya Besar!www.feedinspiration.com

Walaupun kamu memiliki halaman yaang sangat luas hingga bebas berlarian kesana kemari, tapi penting juga buat memperjelas area masuk, lho. Agar halaman terkesan rapi dan terstruktur, kamu bisa menonjolkan jalanan menuju pintu rumahmu dengan bebatuan ataupun rumput hijau.

3. Buatlah tatanan rerumputan di samping jalan setapak menuju pintu rumah

8 Ide Penataan Taman Depan Rumah, Gak Perlu Biaya Besar!www.airtasker.com

Tak perlu tanaman yang mahal untuk menambah keindahan rumah, kamu bisa menanam sembarang rerumputan. Walaupun hanya rerumputan saja, itu juga akan menambah cantik taman jika kamu merawat dan menatanya dengan baik.

Selain dapat menambah efek alami, rerumputan dengan penataan berjajar bisa menonjolkan batas tanpa kamu harus membangun pagar-pagaran

4. Tanamlah beberapa pohon perindang   

8 Ide Penataan Taman Depan Rumah, Gak Perlu Biaya Besar!www.housebeautiful.com

Walaupun bermacam tanaman sudah menghiasi halaman, tapi itu tak lengkap jika belum ada pohon perindang. Tak hanya sebagai penghias saja, adanya pohon perindang ini sangat bermanfaat untuk menambah nuansa sejuk serta menambah teduh halamanmu. Kamu bisa menanam dua pohon beringin hias atau pohon palem hias.

Baca Juga: Ide Dekorasi Ruang Kerja di Rumah dengan Tanaman, Mood Kerja Nambah!

5. Tanam beberapa pohon buah-buahan   

8 Ide Penataan Taman Depan Rumah, Gak Perlu Biaya Besar!www.homestratosphere.com

Jangan hanya bunga saja, menanam buah juga banyak memberikan manfaat buat halaman rumahmu. Selain kamu bakal menambah asik saat panen tiba, pohon buah-buahan juga bisa menambah teduh dan sejuk halaman rumahmu, lho. Tanamlah beberapa pohon, seperti pohon kelengkeng ataupun pohon mangga. Bakalan untung, deh.

6. Tambahkan beberapa tanaman gantung gantung  

8 Ide Penataan Taman Depan Rumah, Gak Perlu Biaya Besar!mysolluna.com

Hamparan tanaman halaman memang sudah cukup indah, tapi akan lebih lengkap lagi jika kamu memiliki beberapa tanaman gantung yang akan menghiasi terasmu. Kamu bisa menanam beberapa tanaman bunga gantung yang murah dan cepat subur dengan kondisi suhu halaman rumahmu.

7. Tambahkan pagar alami dengan jajaran tanaman hias   

8 Ide Penataan Taman Depan Rumah, Gak Perlu Biaya Besar!www.houzz.com

Daripada kamu harus membuat pagar dengan biaya yang gak sedikit, kamu bisa menanam tanaman hias hijau dengan membentuk barisan. Tak perlu yang mahal, kamu bisa memilih alternatif seperti tanaman bunga asoka, pucuk merah ataupun bambu hias untuk menonjolkan batas rumahmu.

8. Tambahkan kolam kecil di dekat jendela atau pintu masuk  

8 Ide Penataan Taman Depan Rumah, Gak Perlu Biaya Besar!homebnc.com

Kolam ikan di halaman rumah memang terkesan mewah dan perlu biaya tinggi. Tenang, kamu hanya perlu membuat lingkaran ruang untuk air yang bisa kamu tambahkan dekorasi dengan tempelan bebatuan hias saja. Jika gak mau repot memelihara ikan, kamu juga bisa menanam beberapa tanaman air di kolam kecil itu. Mudah, kan?

 

Itulah beberapa trik untuk mempercantik halaman rumah tanpa biaya yang banyak. Semoga menginspirasi.

Baca Juga: Lebih Segar dan Adem! 10 Ide Dekorasi Rumah dengan Tanaman Gantung

senja sandera Photo Verified Writer senja sandera

Seekor kupu yg sedang bermetamorfosa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya