Comscore Tracker

5 Tanaman Cantik yang Bisa Menahan Erosi di Taman, Dikoleksi, yuk! 

Nuansanya juga ampuh sejukin mata 

Walaupun taman cenderung tertutup dan jarang terkena hujan lebat, tak menutup kemungkinan tanah di sana makin lama makin merosot, lho. Terlebih jika tanah di taman jarang digunakan buat menanam berbagai tumbuhan. Saat musim hujan, tanah pun jadi mudah terseret arus.

Oleh karena itu, penting buat kamu melakukan penghijauan di halaman rumah. Gak semua harus di pot, kok. Berikut beberapa tanaman indah, yang juga ampuh buat mencegah erosi di taman.

1. Bunga tapak dara

5 Tanaman Cantik yang Bisa Menahan Erosi di Taman, Dikoleksi, yuk! ilustrasi tapak dara (pixabay.com/may_hokkaido-11960248)

Selain punya variasi warna yang cantik dan menarik, tanaman tapak dara juga ampuh mencegah erosi tanah, lho. Terlebih penyebaran tanaman ini juga sangat mudah. Wajib kamu tanam yang satu ini, ya.

Tipe tanaman ini juga sangat cocok berada di halaman rumah karena karakternya yang gak suka dengan kondisi matahari terik. Kamu bisa menanamnya langsung ke tanah, gak perlu perawatan berlebihan. Hanya diperlukan penyiraman saja sehari sekali saja tanaman ini bisa mudah subur, kok.

2. Tanaman bambu 

5 Tanaman Cantik yang Bisa Menahan Erosi di Taman, Dikoleksi, yuk! ilustrasi bambu hias (pexels.com/@ifreestock)

Dengan warna hijau dan berdiri tegak dengan batang yang lembut, tanaman satu ini bakal membuat lanskap tamanmu makin berkesan. Selain cantik, tanaman satu ini ternyata bisa menahan erosi juga. Terbukti sering digunakan sebagai tanaman pembatas.

Seperti yang kamu tahu, tanaman bambu memiliki akar serabut yang ampuh menahan longsornya tanah. Karena akarnya yang bersifat mengikat. Namun tanaman satu ini lumayan butuh perhatian, karena dia suka kondisi tanah yang lembap dan cenderung berair.

3. Pachysandra terminalis 

5 Tanaman Cantik yang Bisa Menahan Erosi di Taman, Dikoleksi, yuk! ilustrasi pachysandra terminalis (instagram.com/italianbotanicaltrips)

Tanaman ini biasa menjadi tambahan latar taman biar tambah berwarna, lho. Selain bisa buat latar taman ataupun pembatas, tanaman ini juga dipercaya mampu menahan erosi tanah. Jadi sangat cocok buat kamu tanam di pinggiran halaman rumahmu.

Tanaman ini kaya dedaunan, sehingga bakal membuat halaman rumahmu bernuansa sejuk. Tanaman ini juga punya bunga berwarna putih kecil dan lembut. Saat menanam tanaman ini, kamu harus rajin-rajin membersihkan guguran dedaunannya.

4. Juniper berry  

5 Tanaman Cantik yang Bisa Menahan Erosi di Taman, Dikoleksi, yuk! ilustrasi juniper berry (unsplash.com/@steverichey)

Merupakan jenis tanaman pinus yang punya buah berbentuk bulat mirip berry. Buah yang dihasilkan pohon ini memiliki rasa getir dan kulit yang agak kasar. Tanaman ini cocok buat menahan posisi tanah di tamanmu.

Karena berdaun hijau dan bisa tumbuh tinggi, tanaman ini juga cocok buat nambahin lanskap di taman kamu. Karena bisa tumbuh subur cepat, tanaman ini juga cocok buat berteduh. Langsung tanam yang satu ini, yuk.

5. Forsythia 

5 Tanaman Cantik yang Bisa Menahan Erosi di Taman, Dikoleksi, yuk! ilustrasi forsythia (pixabay.com/@hans-2)

Mungkin bagi kalian masih asing sama tanaman indah yang ini. Tapi tenang saja, ini sudah banyak dijual di Indonesia, kok. Selain bisa menahan erosi, tanaman ini juga dipercaya bisa mengurangi nuansa panas di rumah.

Karena warnanya yang menarik, forsythia bisa jadi pilihan terbaik agar tamanmu gak monoton lagi. Dan yang terpenting lagi, akarnya yang kekar dan kuat bisa menahan kondisi tanah. Tanaman satu ini cukup multifungsi, kan.

Nuansanya mempesona semua, ya. Selain bisa menambah erosi, halaman rumah pun jadi tambah berwarna. Yuk, langsung pilih tanaman favoritmu diatas!

senja sandera Photo Verified Writer senja sandera

.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya