Comscore Tracker

5 Kutipan Stoikisme untuk Hidup yang Lebih Baik, Filosofis Banget! 

Mengena banget!

Sejak didirikan pada abad ke-3 SM, Stoikisme atau Stoa telah mengajarkan tanggung jawab pribadi pada kehidupan manusia. Alih-alih bergerak menuju kesenangan dan menghindari rasa sakit, kaum Stoa lebih memilih untuk menikmati setiap momen dalam kehidupan. Tak heran kalau mereka dapat terus tabah bahkan selama masa-masa sulit seperti sekarang.

Untuk mempelajarinya lebih lanjut, kalian mungkin harus membaca beberapa buku-buku tentang Stoikisme. Namun bagi kalian yang ingin mengetahui sekilas tentang filsafat ini, artikel ini akan menawarkan lima kutipan terbaik tentang Stoikisme. Berikut daftarnya!

1. "Hambatan yang menghalangi sebuah tindakan justru membantu tindakan tersebut. Apa yang menghalangi satu jalan akan menjadi jalan itu sendiri." - Marcus Aurelius 

5 Kutipan Stoikisme untuk Hidup yang Lebih Baik, Filosofis Banget! thegreatcoursesplus.com

Pada dasarnya, dua kalimat di atas telah merangkum esensi filsafat Stoikisme. Intinya, jika kamu tidak dapat mengubah keadaan sulit menjadi keuntungan untuk dirimu sendiri, maka kamu tidak akan pernah bisa mengubah dirimu sendiri.

Dalam hal ini, kamu tidak harus lari dari setiap masalah yang datang dan menghalangi jalanmu. Justru sebaliknya, kamu dapat melompati atau bahkan menghancurkan halangan tersebut sambil terus berlari. Jika kalian ingin tahu lebih banyak tentang pemikiran Kaisar-Filsuf asal Romawi ini, kalian bisa membaca bukunya yang terkenal, Meditasi.

2. "Saya menganggap Anda tidak beruntung jika tidak pernah merasakan penderitaan." – Seneca 

5 Kutipan Stoikisme untuk Hidup yang Lebih Baik, Filosofis Banget! medium.com

Negarawan dan dramawan asal Romawi ini menawarkan banyak wawasan yang tajam tentang sifat manusia. Layaknya sebuah teater, hidup juga dipenuhi dengan drama di dalamnya. Jika kamu tidak pernah menderita, kamu tidak akan bisa merasakan empati. Jika kamu tidak pernah merasa tertantang, maka kamu tidak akan pernah menang.

Baca Juga: Dikenal Malas, 6 Kutipan Nobita yang Bikin Hidupmu Lebih Semangat

3. "Jangan terus menjanjikan sesuatu yang bisa kamu lakukan." - Cato the Younger 

5 Kutipan Stoikisme untuk Hidup yang Lebih Baik, Filosofis Banget! about-history.com

Janji hanyalah kata-kata saja sampai kamu memenuhinya. Berhentilah menunda-nunda. Ide yang berharga adalah ide yang mengarah pada tindakan langsung.

4. "Jangan mengupayakan segalanya terjadi seperti apa yang Anda inginkan, tetapi lebih baik berharap semuanya terjadi sebagaimana mestinya — maka hidup Anda akan mengalir ke arah yang lebih baik." – Epictetus 

5 Kutipan Stoikisme untuk Hidup yang Lebih Baik, Filosofis Banget! dailystoic.com

Pandemi COVID-19 telah mempengaruhi dan membentuk ulang kita semua. Lagipula, tidak ada yang pernah menginginkannya. Meski begitu, pandemi ini tetap saja tersebar ke seluruh dunia. Untuk tetap tegar di kondisi seperti ini, menurut Epictetus, berusahalah untuk menerima segala hal yang terjadi di luar "kehendak" kita agar hidup kita dapat terus "mengalir."

5. "Kita mempunyai dua telinga dan satu mulut. Jadi, kita harus lebih banyak mendengar daripada berbicara." - Zeno dari Citium 

5 Kutipan Stoikisme untuk Hidup yang Lebih Baik, Filosofis Banget! exploringyourmind.com

Kutipan terakhir ini dipersembahkan oleh bapak pendiri Stoikisme sendiri, Zeno dari Citium. Lewat kutipan ini, Zeno memberikan nasihat yang bisa diterapkan ketika kita sedang menimba ilmu dan menjalani kehidupan sehari-hari — sebuah kutipan yang bisa kita terapkan di era digital ini.

Nah, itu tadi kutipan-kutipan terbaik dari Filosofi Teras atau Stoikisme. Intinya, bukan kondisi eksternal lah yang memengaruhi kehidupan kita, tetapi respons kita terhadapnya lah yang akan menunjukkan karakter kita yang sebenarnya.

Baca Juga: Yuk Baca dan Terapkan! 10 Kutipan Hadis yang Bisa Jadi Pedoman Hidup

Shandy Pradana Photo Verified Writer Shandy Pradana

"I don't care that they stole my idea. I care that they don't have any of their own." - Tesla // I am a 20% historian, 30% humanist, and 50% absurdist // For further reading: linktr.ee/pradshy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya