Comscore Tracker

7 Cara Mengatasi Perasaan Rendah Diri, Biar Lebih Percaya Diri! 

Biar rasa rendah dirimu pergi jauh-jauh

Rasa rendah diri, yang memiliki banyak nama seperti minder atau low self-esteem atau condescending, adalah perasaan di mana seseorang merasa dirinya lebih rendah dibanding orang lain dalam satu atau lain hal.

Hasil imajinasi atau kenyataan yang terjadi disekitar bisa jadi pemicu perasaan ini dapat muncul. Tanpa disadari, perasaan rendah diri sering terjadi dan bisa membuat orang yang merasakannya melakukan kompensasi yang berlebihan untuk mengimbanginya, berupa prestasi yang spektakuler, atau perilaku antisosial yang ekstrem, atau keduanya sekaligus.

Tak heran, bila beberapa orang di luar sana sedang mengalami kesulitan untuk bangkit dari perasaan rendah diri yang dapat memicu berbagai problem lain di kehidupan yang dijalaninya. 

Buat kalian yang sedang mencari solusi untuk hidup dengan rasa percaya diri tanpa adanya rendah diri yang berlebihan, artikel ini memberikan beberapa tips agar kamu bisa meminimalisir dan mengatasi perasaan rendah diri ini, simak yang berikut ini, yuk!

1. Perhatian dengan diri sendiri 

7 Cara Mengatasi Perasaan Rendah Diri, Biar Lebih Percaya Diri! Unsplash.com/deandre

Perhatian dengan diri sendiri dapat membantumu mengembangkan rasa koneksi dengan diri sendiri dan mengurangi cara-cara yang membuatmu tidak nyaman. Bukan bersikap egois, terkadang menyenangkan diri sendiri jauh lebih penting dibandingkan menyenangkan orang lain.

2. Berlatih meditasi 

7 Cara Mengatasi Perasaan Rendah Diri, Biar Lebih Percaya Diri! Unsplash.com/emilysea

Melalui meditasi kita mampu melepaskan pikiran yang kalut dan kusut sehingga kita bisa jauh lebih tenang dan rileks dengan menjalani meditasi. Luangkan beberapa saat setiap hari untuk diam saja, fokus pada pernapasan dan saksikan kekhawatiranmu yang akan mulai terkontrol.

3. Berpartisipasi dalam kehidupanmu sendiri 

7 Cara Mengatasi Perasaan Rendah Diri, Biar Lebih Percaya Diri! Unsplash.com/youxventures

Berpartisipasi dalam kehidupanmu sendiri bisa membuatmu lebih mengenal pribadimu, sehingga kamu tidak merasakan perasaan rendah diri karena mengikuti arahan dari orang lain yang membuatmu terlihat semakin tidak punya prinsip untuk menentukan jalan hidupmu sendiri.

Tentu, meminta pendapat dari orang-orang sekitar juga perlu untuk menentukan jalan hidupmu. Namun apabila itu tidak sesuai keinginanmu dan kamu merasakan tertekan, tunjukkan bahwa kamu bisa mengambil tindakan untuk hidupmu sendiri.

Baca Juga: 5 Tips Tetap Percaya Diri Saat Bersaing Mencari Pekerjaan dari HRD

4. Menulis buku harian atau jurnal 

7 Cara Mengatasi Perasaan Rendah Diri, Biar Lebih Percaya Diri! Unsplash.com/prophsee

Melalui kegiatan menulis jurnal atau diary, kalian bisa meluapkan perasaan dan ucapan yang selama ini kalian pendam melalui sebuah tulisan. Banyak pikiran dan perasaan yang terkunci dalam pikiran bawah sadar dapat di tuangkan dalam dunia menulis.

Menulis tentang cara kita merasa dan berpikir dapat membantu memisahkan ide-ide negatif tentang diri kita sendiri, metode ini juga mampu membuat kita lebih merasa percaya diri dan mengenal diri sendiri.

5. Fokus pada hidup saat ini 

7 Cara Mengatasi Perasaan Rendah Diri, Biar Lebih Percaya Diri! Unsplash.com/youxventures

Ketika fokus pada kehidupan yang dijalani saat ini, tentu kita tidak punya waktu untuk memikirkan hal-hal yang di luar kendali diri sehingga kita mampu meng-handle segala mindset yang dapat memicu perasaan rendah diri dan membandingkan diri dengan orang lain.

Fokus untuk hidup yang dijalani saat ini tanpa perlu mengkhawatirkan dan terpengaruh oleh luka masa lalu sekaligus apa yang terjadi di masa depan. Kamu hanya butuh fokus untuk menjalani hidup saat ini, sambil pelan-pelan menata tujuan hidup yang ingin kamu capai.

6. Melepaskan hal-hal yang tidak penting 

7 Cara Mengatasi Perasaan Rendah Diri, Biar Lebih Percaya Diri! Unsplash.com/giulia_bertelli

Sikap melepaskan juga penting untuk membantumu meng-upgrade dirimu ke versi yang lebih baik, terkadang kita selalu stuck pada satu tempat dengan berjuta alasan yang sebenarnya tidak berujung menunjukkan hasil yang memadai.

Menjadi stuck di satu tempat dapat membuat pribadimu jauh tertinggal dibanding orang lain, lho, inilah yang membuat kepercayaan diri mulai turun.

7. Tidak menghakimi diri sendiri 

7 Cara Mengatasi Perasaan Rendah Diri, Biar Lebih Percaya Diri! Unsplash.com/bartlarueeppler

Menghakimi diri sendiri tentu tidak dapat membuahkan hasil yang positif, salah satu cara agar kita lebih mudah menerima diri sendiri adalah dengan tidak menghakimi diri sendiri.

Dengan cara tersebut kita mampu menerima setiap kekurangan diri, pengalaman, kegagalan dan keberhasilan. Dengan menghargai diri sendiri lewat tidak menghakimi diri ini dapat mengubah pola pikirmu terhadap orang lain agar tidak mudah menghakimi orang lain.

 

Itulah beberapa tips dan cara untuk meminimalisir rasa rendah dirimu, buktikan bahwa kamu juga bisa lebih menerima diri sendiri dan lebih percaya diri untuk saat ini.

Baca Juga: 7 Tips Tampil Lebih Percaya Diri Saat Online Meeting, Gak Akan Gugup!

Shasya Khairana Photo Verified Writer Shasya Khairana

Semua berawal dari tulisan kecil || Ig: Shasyakhairana

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya