5 Tips agar Kamu Gak Gampang Gelisah saat Dihadapkan Suatu Masalah

Kendalikan dirimu dengan baik agar gak mudah gelisah

Setiap orang pastinya pernah memiliki masalah di dalam hidupnya, bukan hanya dirimu saja. Terlepas masalah tersebut terbilang besar atau kecil, kamu harus bisa menghadapinya dengan baik demi kebaikanmu juga. Karena jika masalah yang ada di hadapi dengan rasa gelisah yang berlebihan, maka hanya akan berdampak buruk bagimu. 

Yaitu kamu gak bisa berpikir dengan jernih dan tenang untuk mencari solusi dari permasalahan yang ada. Bahkan kamu bisa bertindak gegabah dalam mengambil keputusan karena logikamu yang sulit berjalan dengan benar. Untuk itu, jangan gampang gelisah saat dihadapkan pada suatu masalah agar hal tersebut gak terjadi padamu. Nah, kamu bisa melakukannya dengan lima tips ini. 

1. Melakukan perawatan diri dengan baik

5 Tips agar Kamu Gak Gampang Gelisah saat Dihadapkan Suatu Masalahilustrasi olahraga (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Melakukan perawatan diri dengan baik merupakan tips yang pertama agar kamu gak gampang gelisah. Karena tak dapat dipungkiri bahwa kondisi kesehatan secara fisik dapat mempengaruhi perasaan. Maka kamu perlu mengelola stres yang kamu miliki agar tubuhmu gak mudah merasa lelah hingga mempengaruhi kondisi mentalmu juga. 

Tidur dengan waktu yang cukup dan berkualitas, menjaga pola makan sehat dan rutin berolahraga demi menjaga kebugaran tubuh perlu kamu biasakan dengan baik. Sehingga saat ada masalah yang datang tanpa terduga, kamu akan bisa menghadapinya dengan baik pula. Karena kesehatan fisikmu yang baik akan ikut menjaga perasaanmu sehingga gak mudah merasa gelisah saat harus menghadapinya. 

2. Gak hobi membandingkan diri

5 Tips agar Kamu Gak Gampang Gelisah saat Dihadapkan Suatu Masalahilustrasi membandingkan diri dengan orang lain (pexels.com/Katerina Holmes)

Mensyukuri atas apa yang kamu miliki akan membuatmu bisa menerima dirimu sendiri dengan baik. Kamu gak akan merasa kurang di dalam hidup sehingga bisa fokus pada kebahagiaanmu. Sehingga kamu gak akan melihat orang lain lebih darimu dalam segala hal. 

Kamu gak akan iri dengan kesuksesan orang lain dan anti mempertanyakan ke diri sendiri mengapa kamu gak bisa menjadi seperti mereka. Dengan begitu secara emosional kesehatanmu juga akan terjaga dengan baik karena kamu gak hobi membandingkan diri dengan orang lain. Maka saat ada masalah yang datang, kamu menjadi gak mudah gelisah karena kestabilan emosional yang kamu miliki. 

Baca Juga: 5 Sikap yang Membuatmu Gampang Gelisah Menjalani Hidup, Yuk Hindari!

3. Melihat masa depan dengan pikiran positif

dm-player
5 Tips agar Kamu Gak Gampang Gelisah saat Dihadapkan Suatu Masalahilustrasi berpikir positif (pexels.com/Pablo Serrano Arenas)

Cemas akan masa depan merupakan hal yang lumrah kamu rasakan. Namun bukan berarti kamu menjadi takut secara berlebihan akan hal tersebut. Apalagi sampai berpikir yang tidak-tidak, seperti masalah karier, finansial, hubungan asmara dan sosialmu gak akan berjalan dengan baik. 

Maka yang ada kamu akan mudah merasa gelisah dalam segala hal. Termasuk saat dihadapkan pada suatu masalah. Di mana ketakutanmu akan keputusan dan solusi yang kamu ambil bisa berdampak buruk pada masa depan. Untuk itu, cobalah melihat masa depan dengan pikiran yang positif. Sehingga masalah yang ada saat ini bisa kamu hadapi dengan baik dan tenang tanpa harus merasa gelisah akan masa depan. 

4. Gak menuntut diri untuk sempurna

5 Tips agar Kamu Gak Gampang Gelisah saat Dihadapkan Suatu Masalahilustrasi perfeksionis (pexels.com/Gustavo Fring)

Mengejar kesempurnaan di dalam hidup merupakan hal yang baik karena berdampak positif padamu. Karena hal tersebut akan membuatmu terpacu dan semangat untuk bisa mewujudkannya. Namun bukan berarti kamu menjadi menuntut dirimu sendiri terlalu tinggi agar bisa selalu sempurna dalam segala hal. 

Sikap perfeksionis yang berlebihan justru bisa menyebabkanmu menjadi orang yang gampang gelisah. Jangan berlebihan dalam menuntut diri untuk bisa sempurna agar gak memberikanmu tekanan yang berat di dalam diri. Dengan begitu rasa gelisah yang berlebihan gak akan kamu rasakan saat harus menghadapi suatu masalah yang datang menghampiri. 

5. Membiasakan diri untuk berprasangka baik

5 Tips agar Kamu Gak Gampang Gelisah saat Dihadapkan Suatu Masalahilustrasi berprasangka baik (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Membiasakan diri untuk berprasangka baik perlu kamu lakukan di dalam keseharianmu. Karena hal tersebut akan membantumu untuk jauh dari pikiran negatif yang berlebihan pada suatu hal. Termasuk saat kamu dihadapkan pada suatu masalah. 

Kamu akan bisa melewatinya dengan baik dan tenang karena emosimu yang stabil akibat pikiran positif yang kamu miliki. Prasangkamu yang baik akan menuntunmu untuk bisa bersikap bijak dalam menyikapi permasalahan yang ada. Termasuk gak overthinking akan hal-hal yang terjadi ke depannya pasca kamu mengambil keputusan. 

Menghadapi suatu masalah dengan baik dengan meredam rasa gelisah bukanlah hal yang mudah. Namun saat kamu mampu melakukannya dengan lima tips di atas, maka akan banyak dampak positif yang mengiringinya. Yaitu kamu bisa menyelesaikan masalahmu dengan tepat dan kamu bisa meminimalisir dampak buruk yang terjadi setelahnya. Sehingga masalah yang ada gak akan meluas dan merembet ke mana-mana. 

Baca Juga: 5 Sikap yang Membuatmu Gampang Gelisah Menjalani Hidup, Yuk Hindari!

Shella Rafika Sari Photo Verified Writer Shella Rafika Sari

Yuk semangat menulis!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya