Comscore Tracker

5 Hal yang Harus Dibiasakan untuk Latih Mental agar Kuat dan Dewasa

Pentingnya memiliki mental yang kuat dan dewasa dalam hidup

Dalam menjalani hidup kamu perlu memiliki mental yang kuat dan dewasa untuk bisa melaluinya. Mental yang kuat dan dewasa akan membantumu menyikapi semua hal yang terjadi di dalam hidupmu dengan baik dan bijaksana. Kamu gak akan gegabah dalam mengambil langkah dan memutuskan sesuatu. 

Kamu juga tidak akan lemah saat menghadapi setiap permasalahan yang datang di dalam hidupmu. Cobaan hidup akan kamu pandang dengan pikiran yang positif, yaitu menjadi tantangan untukmu agar bisa menjadi pribadi yang lebih pintar lagi dalam menyelesaikan masalah. Oleh karena itu, agar bisa memiliki mental yang kuat dan dewasa, kamu perlu membiasakan melakukan lima hal ini. 

1. Menghadapi setiap masalah yang ada dan mengendalikan emosi agar gak menguras pikiran dan batinmu

5 Hal yang Harus Dibiasakan untuk Latih Mental agar Kuat dan Dewasailustrasi diskusi (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Jangan pernah lari atau menghindar dari masalah jika kamu ingin memiliki mental yang kuat dan dewasa. Kamu justru harus menghadapi setiap masalah yang ada agar semakin menempa mentalmu agar menjadi lebih kuat dan dewasa saat berusaha untuk menyelesaikan permasalahan tersebut dengan baik. Kemudian, jangan pernah libatkan emosimu terlalu dalam di permasalahan yang sedang kamu hadapi itu. 

Kamu harus bisa mengendalikan emosimu agar emosi tersebut gak menguras pikiran dan batinmu terlalu dalam. Karena jika itu terjadi, maka akan membuatmu mudah lelah secara psikis. Di mana hal tersebut gak baik untuk kesehatan mentalmu.

Jangan sampai kamu malah stres dan depresi akibat permasalahan atau cobaan hidup yang datang padamu. Jadi, hadapilah setiap masalah yang ada dengan pengendalian emosi dan diri yang baik. 

2. Berusaha untuk melakukan semua hal sendiri secara mandiri tanpa bergantung orang lain

5 Hal yang Harus Dibiasakan untuk Latih Mental agar Kuat dan Dewasailustrasi berpikir (pexels.com/Anna Shvets)

Jika mau jadi pribadi yang memiliki mental yang kuat dan dewasa, maka kamu harus membiasakan dirimu untuk gak bergantung pada orang lain. Cobalah untuk mandiri dengan melakukan semua hal sendiri. Terkecuali jika kamu sudah berusaha semaksimal mungkin, namun nyatanya kamu tetap membutuhkan bantuan orang lain. 

Sekalipun meminta bantuan, kamu hanya perlu meminta sarannya saja untuk penyelesaiannya tetap harus kamu yang melakukannya sendiri. Dengan begitu kamu akan memiliki mental yang kuat dan dewasa. Sebab, kamu terbiasa menyelesaikan permasalahan dan hal-hal yang rumit di dalam hidupmu dengan dirimu sendiri.

Mengandalkan orang lain atau bergantung pada orang lain justru akan membuatmu lemah secara mental dan tidak dewasa. Sebab, kamu tidak mau berusaha terlebih dahulu untuk mencoba. 

Baca Juga: 5 Cara Menghilangkan Kebiasaan Buruk, Jangan Tunggu Lama

3. Jangan pernah ragu untuk mengeksplorasi diri dari minat, bakat, dan kemampuan yang kamu miliki

5 Hal yang Harus Dibiasakan untuk Latih Mental agar Kuat dan Dewasailustrasi mengeksplorasi diri (pexels.com/Gustavo Fring)

Jangan biasakan dirimu nyaman di zonamu sendiri. Jika memang kamu sudah menguasai pekerjaanmu dengan baik dan di luar kepala, maka tidak ada salahnya untuk mencoba melakukan hal-hal yang baru. Di mana hal tersebut berada di luar bidangmu saat ini.

Dengan semakin kamu mengeksplorasi dirimu baik secara minat, bakat maupun kemampuan yang kamu miliki. Itu juga akan semakin membuat mentalmu kuat dan dewasa. 

Kamu akan menempa dirimu dengan memulai belajar dari awal untuk melakukan hal-hal yang baru. Apalagi bisa saja datang permasalahan saat kamu sedang mengerjakan hal baru tersebut.

Jika kamu bisa menyelesaikannya dengan baik, maka hal tersebut akan semakin menambah ilmu, wawasan dan pengalaman yang baik pula untuk dirimu. Secara mental kamu juga akan kuat dan dewasa karena tidak lagi kaget saat menghadapi hal-hal yang berada di luar bidangmu. 

4. Tidak over confident sekalipun banyak kelebihan dan kemampuan yang kamu miliki

5 Hal yang Harus Dibiasakan untuk Latih Mental agar Kuat dan Dewasailustrasi tersenyum (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Percaya diri tentunya penting untuk dirimu. Sebab dengan percaya diri maka kamu yakin akan kelebihan dan kemampuan yang dimiliki, sehingga orang lain tidak akan mudah memandangmu sebelah mata. Walau begitu, bukan berarti kamu menjadi over confident.

Percayalah bahwa hal tersebut tidak baik untuk dirimu. Sebab, over confident akan membuatmu merasa puas dan akhirnya mengurangi keinginanmu untuk terus belajar atau berusaha lebih di dalam menggali kemampuan dirimu sendiri.

Kamu akan selalu mengunakan cara yang sama saat menyelesaikan permasalahan. Kamu juga tidak lagi mencari cara lain yang mungkin saja bisa lebih efektif dan efisien dari cara penyelesaian yang kamu lakukan sekarang.

Jadi, jangan over confident jika kamu mau memiliki mental yang kuat dan dewasa. Ini supaya kamu selalu memiliki keinginan untuk belajar dan menuangkan ide-ide baru yang kreatif serta inovatif saat menghadapi permasalahan hidup. 

5. Berusaha menjadi pribadi yang bertanggung jawab atas apa yang telah kamu ucapkan

5 Hal yang Harus Dibiasakan untuk Latih Mental agar Kuat dan Dewasailustrasi mengobrol (pexels.com/Thirdman)

Jika kamu mengatakan sesuatu dan berjanji terhadap orang lain, maka tepatilah. Jangan pernah melupakan atau mengabaikan apa yang telah kamu ucapkan. Sebab itu sama saja kamu memiliki mental yang lemah dan tidak dewasa.

Jika ingin memiliki mental yang kuat dan dewasa, kamu perlu bertanggung jawab atas ucapan yang kamu katakan. Lakukan dan selesaikan janji yang memang telah kamu ucapkan.

Jangan sampai orang lain berpikir bahwa kamu tipe tong kosong nyaring bunyinya. Belum lagi hubunganmu dengan orang tersebut bisa menjadi rusak akibat perilakumu yang tidak bertanggung jawab. Berusahalah menjadi pribadi yang bertanggungjawab atas apa yang telah kamu ucapkan. 

Melatih mental yang kuat dan dewasa tidaklah mudah. Namun, itu bisa dilakukan selama kamu mau berusaha dan sabar dalam menjalani setiap proses yang ada di dalamnya. Jadilah pribadi yang memiliki mental yang kuat dan dewasa agar kamu pandai dalam menempatkan diri dengan baik dalam menghadapi cobaan hidup.

Baca Juga: 5 Sebab Susah Memperbaiki Kebiasaan Belanja Impulsif, Sering Terjadi!

Shella Rafika Sari Photo Verified Writer Shella Rafika Sari

.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya