Comscore Tracker

5 Jenis Tanggung Jawab yang Perlu Kamu Prioritaskan demi Kebaikan Diri

Pentingnya bertanggung jawab atas dirimu sendiri

Jadilah pribadi yang bertanggung jawab di dalam hidupmu sendiri dengan tidak melupakan hal-hal yang seharusnya kamu kerjakan dan utamakan terlebih dahulu. Karena jika kamu mengabaikannya, maka kamu jugalah yang akan terkena dampak negatifnya. Pahami dengan baik apa-apa saja tanggung jawab yang penting di dalam hidupmu, sehingga kamu bisa memprioritaskannya demi kebaikan dirimu sendiri.

Karena saat kamu bisa memenuhi tanggung jawab tersebut, maka kamu akan mendapatkan banyak hal positif di dalamnya. Nah, tanggung jawab apa sajakah itu? Yaitu lima tanggung jawab ini. 

1. Tanggung jawab atas perkataan yang kamu ucapkan

5 Jenis Tanggung Jawab yang Perlu Kamu Prioritaskan demi Kebaikan Diriilustrasi bicara dengan orang lain (pexels.com/nappy)

Berpikir panjanglah terlebih dahulu sebelum kamu mengucapkan sesuatu kepada orang lain. Karena kata-kata yang kamu ucapkan tersebut bisa menjadi bumerang untuk dirimu sendiri saat kamu sembarangan dalam berbicara ataupun memberikan janji kepada orang lain. Terutama orang terdekatmu sendiri, seperti orang tua, anggota keluarga, pasangan dan sahabatmu. Karena terkadang perkataan yang terucap bisa mengundang ekspektasi berlebihan dari orang lain. 

Jangan sampai hal tersebut malah membebani dirimu sendiri karena tidak bisa membuktikan perkataanmu dan pada akhirnya hanya akan membuat orang lain merasa kecewa atau kehilangan kepercayaanya terhadapmu. Namun jika memang terjadi maka kamu harus bisa memprioritaskannya sebagai bentuk tanggung jawabmu. Karena mengabaikannya hanya akan membuatmu menjadi pribadi yang tidak bertanggung jawab di mata orang lain. Kemudian untuk ke depannya kamu bisa menjadikannya sebagai pelajaran agar ke depannya lebih berhati-hati lagi dalam berbicara kepada orang lain demi kebaikanmu sendiri. 

2. Tanggung jawab atas perilaku yang kamu tampilkan

5 Jenis Tanggung Jawab yang Perlu Kamu Prioritaskan demi Kebaikan Diriilustrasi berperilaku kasar (pexels.com/Mikhail Nilov)

Perhatikan perilakumu agar kamu tahu apakah tindakan yang kamu lakukan itu sudah benar atau tidak. Karena penilaian orang lain tentunya akan mempengaruhi citra diri dan image-mu. Jangan sampai orang lain merasa tidak nyaman akan perilakumu sehingga sering kali mereka berkata miring, negatif atau mengkritikmu secara berlebihan. 

Apalagi jika yang mengatakan hal tersebut bukan hanya satu dua orang, namun banyak orang. Maka tentunya ada hal buruk yang kamu lakukan saat berperilaku kepada orang lain. Maka kamu perlu bertanggung jawab agar tidak menghancurkan hubunganmu dengan orang lain. Terutama orang-orang yang berada di dekatmu. Prioritaskan hal tersebut agar kamu tetap bisa menjaga relasi yang baik dengan orang-orang yang berada di sekitarmu demi kebaikanmu sendiri. 

Baca Juga: 5 Cara Ambil Tindakan Tanggung Jawab atas Kehidupan Pribadi

3. Tanggung jawab atas masalah yang telah kamu perbuat

5 Jenis Tanggung Jawab yang Perlu Kamu Prioritaskan demi Kebaikan Diriilustrasi menyelesaikan kesalahan (pexels.com/Yan Krukov)

Bertanggung jawab atas masalah yang telah kamu lakukan menandakan kamu tidak akan pernah lari dari kesalahan yang telah kamu buat. Karena jika kamu membiarkannya, maka bisa saja masalah yang ada akan semakin melebar dan akhirnya semakin sulit untuk diselesaikan. Apalagi jika kesalahan yang telah kamu lakukan sampai merugikan orang lain, maka prioritaskan hal tersebut agar kamu bisa segera memperbaikinya. Carilah solusi yang terbaik agar bisa menanggulanginya dengan tepat. 

Jangan sampai orang lain mengalami penderitaan akibat kesalahan yang tidak dia lakukan. Akuilah kesalahan yang telah kamu lakukan dan belajar untuk bisa menyelesaikan masalah tersebut demi kebaikanmu. Karena akan ada banyak hal yang bisa kamu petik di dalamnya. Kamu juga menjadi lebih berhati-hati untuk ke depannya agar tidak mengulangi hal yang sama lagi. 

4. Tanggung jawab atas konsekuensi yang terjadi dari keputusan yang kamu ambil

5 Jenis Tanggung Jawab yang Perlu Kamu Prioritaskan demi Kebaikan Diriilustrasi mengambil keputusan (pexels.com/Diva Plavalaguna)

Setiap keputusan yang kamu ambil tentu ada konsekuensi yang mungkin saja terjadi setelahnya. Nah, untuk itu kamu harus bisa mengantisipasinya sejak dini agar bisa mengatasinya dengan baik. Pertimbangkan dengan matang keputusan yang akan kamu ambil agar bisa meminimalkan konsekuensinya. Jika perlu kamu sudah memprediksi sejak awal konsekuensi-konsekuensi apa saja yang mungkin terjadi saat kamu hendak mengambil suatu keputusan.

Hal tersebut agar keputusan yang kamu ambil tidak balik merugikanmu secara berlebihan. Jangan sampai kamu tidak mampu meng-handle konsekuensi yang ada di belakang keputusan tersebut. Namun jika memang konsekuensi tersebut tidak bisa dihindari, maka kamu tetap harus bisa bertanggung jawab dan memprioritaskannya, karena apa pun bentuknya hal tersebut terjadi akibat dari keputusanmu sendiri. 

5. Tanggung jawab atas mimpi yang ingin kamu wujudkan di dalam hidup

5 Jenis Tanggung Jawab yang Perlu Kamu Prioritaskan demi Kebaikan Diriilustrasi bekerja demi impian (pexels.com/Anna Nekrashevich)

Jika kamu ingin mewujudkan mimpimu, maka bertanggung jawablah dengan baik untuk bisa menggapainya. Karena tentunya dibutuhkan proses yang tidak sebentar untuk bisa mencapainya. Jangan mudah putus asa dan menyerah di tengah jalan, kamu harus bisa bertanggung jawab dan memprioritaskannya hingga akhir. Ingatkan dirimu selalu bahwa semua yang kamu lakukan adalah demi kebahagiaan dirimu sendiri. 

Jadi niatkan dari dalam dirimu, lalu mulailah untuk bekerja keras, menyusun strategi dan langkah yang tepat agar kamu bisa mewujudkan mimpimu tersebut. Selain itu, jangan dengarkan perkataan orang-orang sekitar yang meragukan kemampuanmu. Kamulah penentu hidupmu sendiri, maka kepercayaan dirimu merupakan peran yang penting dan tidak boleh kamu lupakan. Biarkan saja opini orang lain seperti apa, yang penting kamu tidak mudah tergoyahkan begitu saja. 

Sadari dan pahami tanggung jawab diri yang penting di dalam hidupmu sendiri. Kamu harus tahu dengan baik hal-hal apa saja yang perlu kamu prioritaskan di dalam hidup. Sehingga kamu tidak salah dalam melangkah dan bisa menjadi pribadi yang bertanggung jawab, termasuk untuk dirimu sendiri. Lima hal di atas merupakan tanggung jawab yang tak boleh kamu abaikan di dalam hidupmu demi kebaikanmu. 

Baca Juga: 6 Perilaku Khas untuk Menghindari Tanggung Jawab, Ada Sifat Pengecut

Shella Rafika Sari Photo Verified Writer Shella Rafika Sari

.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya