Comscore Tracker

5 Tips Bisa Berpikir Mandiri, Stop Bersandar ke Orang Lain

Biasakan berpikir secara mandiri demi perkembangan dirimu

Belajarlah menjadi pribadi yang mandiri, tidak mengandalkan orang lain dan yakin akan kemampuan diri sendiri dimulai dari membiasakan diri untuk berpikir secara mandiri. Kamu bisa mulai melakukannya dengan lima tips ini. 

1. Jangan mudah terpengaruh omongan orang lain

5 Tips Bisa Berpikir Mandiri, Stop Bersandar ke Orang LainAlasan kamu gak pernah bisa mengabaikan omongan buruk orang lain (Unsplash.com/Alexis Brown)

Saat ada orang lain yang memberikanmu pandangannya, pendapatnya maupun masukan darinya, maka jangan langsung mudah terpengaruh omongannya. Jauh lebih bijak jika kamu menelaah kembali apa yang dikatakannya. Jika dia bilang itu yang terbaik untukmu, maka kamu seharusnya tahu bahwa ini adalah hidupmu, maka kamulah yang menentukan mana yang terbaik untukmu dan tidak. 

Biasakan dirimu untuk tidak mudah mengiyakan apa yang orang lain katakan atau mengubah keputusanmu hanya karena perkataan orang lain. Percayalah sekalipun kamu menurutinya, yang bertanggung jawab atas hidupmu adalah dirimu sendiri, bukan mereka. Jadi, saat keputusan yang kamu ambil atas sarannya ternyata malah memberikan dampak yang buruk padamu, maka tidak ada jaminan mereka mau bertanggung jawab. 

Jadi, berpikirlah secara panjang dan melakukan analisis terlebih dahulu sebelum kamu memutuskan untuk menuruti perkataan orang lain. Jangan mudah terpengaruh oleh omongan orang lain agar kamu bisa menjadi pribadi yang dapat berpikir secara mandiri. Kamu harus lebih percaya diri pada pemikiranmu sendiri. 

2. Berani mengambil keputusan, terutama hal yang penting di dalam hidupmu

5 Tips Bisa Berpikir Mandiri, Stop Bersandar ke Orang Lainilustrasi mengambil keputusan (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Jangan takut memutuskan sesuatu di dalam hidupmu, terutama hal-hal penting di dalamnya. Misalnya cita-citamu, impianmu atau keinginan terbesarmu yang ingin kamu raih.

Cobalah tentukan hidupmu dalam beberapa tahun ke depan ingin menjadi apa, ingin melakukan apa dan harus sudah memiliki apa. Dengan pemikiran seperti itu, maka akan menuntunmu untuk bisa berpikir secara mandiri untuk dirimu sendiri. 

Jangan meminta orang lain untuk membantumu mengambil keputusan, sekalipun dia orang terdekatmu saat ini, misalnya pasanganmu. Membiasakan diri selalu bertanya dan melibatkan pasangan akan membuatmu menjadi tidak bisa mengambil keputusan saat pasanganmu tidak ada.

Belum lagi jika apa-apa kamu mengandalkannya untuk memutuskan sesuatu di dalam hidupmu, maka secara tidak langsung pasanganmu menyetir hidupmu dan hidupmu seolah diatur di atas keputusannya tersebut. Hilangkan kebiasaan untuk bersandar pada orang lain. 

Baca Juga: 10 Ilustrasi Beratnya Hidup Mandiri, Anak Kos Pasti Paham Rasanya

3. Jangan plin plan dalam melakukan sesuatu

5 Tips Bisa Berpikir Mandiri, Stop Bersandar ke Orang Lainilustrasi memiliki keyakinan (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Jika ada sesuatu yang kamu inginkan dan kamu lakukan, maka jangan pernah ragu dan plinplan untuk melakukannya. Hentikan pemikiran negatif seperti "apakah aku bisa?" atau "sanggupkah aku melakukannya?".

Pemikiran seperti itu hanya akan membuatmu semakin ragu untuk maju dan melangkah. Jauh lebih baik jika kamu berpikir bahwa segala sesuatu tentu tidak selalu benar, yang penting kamu mau mencoba dan berusaha. 

Jadi, sekalipun kamu melakukan hal yang salah atas keinginanmu sendiri, cukup jadikan itu sebagai pembelajaran diri agar kamu lebih pintar lagi ke depannya. Kesalahan yang lalu bisa kamu jadikan pelajaran agar menjadi lebih baik di masa depan.

Jangan menyesali terlalu dalam atas apa yang terjadi, karena hal tersebut akan membuatmu menjadi tidak berani lagi melakukan sesuatu yang kamu inginkan. Dengan membiasakan diri dengan tidak plinplan, maka kamu akan bisa berpikir secara mandiri untuk dirimu sendiri. 

4. Berani mengambil inisiatif

5 Tips Bisa Berpikir Mandiri, Stop Bersandar ke Orang Lainilustrasi mengambil inisiatif (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Saat terjadi sesuatu, jika kamu merasa ada solusi yang baik, maka katakanlah. Ambil inisiatif dengan berani mengatakan apa yang kamu pikirkan. Jangan sampai kamu baru berani melakukannya saat ada orang lain yang memberikan perintah padamu untuk mengatakannya. Maka yang menjadi pertanyaan adalah kenapa keberanianmu harus dimulai oleh orang lain terlebih dahulu. 

Jawabannya karena kamu takut pada dirimu sendiri. Oleh karena itu, hentikan ketakutan yang melanda dirimu itu dengan membiasakan diri untuk berani mengatakan apa yang kamu pikirkan dan melakukan apa yang kamu inginkan. Lakukan semua yang kamu mau dengan bebas. Dengan begitu kamu akan berani dalam berinisiatif agar kamu bisa berpikir secara mandiri. Di mana kamu akan semakin dewasa dari hari ke hari.

5. Tidak meragukan diri sendiri dan kemampuan yang dimiliki

5 Tips Bisa Berpikir Mandiri, Stop Bersandar ke Orang Lainilustrasi percaya kemampuan diri (pexels.com/Mikhail Nilov)

Jika kamu ingin berpikir secara mandiri, maka kamu jangan pernah meragukan dirimu sendiri dan kemampuan yang kamu miliki. Percaya pada pikiranmu, langkah yang kamu ambil, dan keputusan yang kamu tetapkan. Dengan begitu maka kamu akan selalu yakin bahwa kamu sudah benar dalam melakukan dan menetapkan sesuatu yang kamu pikirkan dan putuskan. 

Jika kamu bisa melakukannya, maka hal tersebut juga akan meningkatkan kepercayaan diri yang kamu miliki. Jadilah pribadi yang bisa berdiri di atas kaki sendiri tanpa harus bergantung dan mengandalkan orang lain. Terutama dalam hal berkarier. Tunjukkan bahwa kamu bisa dan mampu melakukannya. Jangan pernah meremehkan dirimu sendiri dalam segala hal. Semua butuh proses, semakin kamu berusaha maka kamu pasti akan bisa melakukannya dengan baik dalam hal apa pun. 

Berpikir secara mandiri tentunya tidaklah mudah, apalagi jika kamu selalu merasa tidak yakin akan diri dan kemampuanmu sendiri. Belum lagi jika kamu terbiasa bersandar ke orang lain. Tapi selama kamu mau terus berusaha dan berproses maka kamu pasti bisa melakukannya. Kamu bisa mencoba lima tips di atas agar bisa membantumu melakukannya. Yuk, coba! 

Baca Juga: Selain Mandiri, Ini 5 Alasan Kamu Harus Hidup Merantau Selagi Muda

Shella Rafika Sari Photo Verified Writer Shella Rafika Sari

.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya