Comscore Tracker

6 Cara Tetap Fokus dan Produktif di Kantor yang Berisik

Tetap produktif meskipun di kondisi yang tidak mendukung

Apakah kamu mudah terganggu oleh kebisingan? Pernahkah kamu harus membaca ulang suatu bagian berulang-ulang karena seseorang di dekatmu berbicara terlalu keras sehingga kamu tidak bisa berkonsentrasi? Jika iya, tentu hal ini akan sangat menyebalkan.

Jenis gangguan kebisingan yang paling umum bagi karyawan adalah percakapan rekan kerja yang terjadi di dekat mereka. Ketika kebisingan tersebut sampai mengganggu produktifitas kamu, maka cobalah melakukan 6 cara di bawah berikut agar bisa tetap fokus dan produktif di suasana yang bising!

Baca Juga: Bikin Gak Produktif, 5 Benda Ini Jangan Diletakkan di Meja Kantor!

1. Kenakan penyumbat telinga atau headphone

6 Cara Tetap Fokus dan Produktif di Kantor yang Berisikilustrasi headphone (pixabay.com)

Tips pertama yang paling populer yang bisa kamu lakukan adalah menggunakan headphone atau penyumbat telinga selama bekerja. Penyumbat telinga adalah salah satu pilihan terbaik bagi pekerja yang mudah teralihkan perhatiannya. Alat ini dapat meredam kebisingan dan membantu otak berkonsentrasi.

Memutar musik melalui headphone juga bisa menjadi alternatif lainnya. Bergantung pada seberapa sensitif kamu terhadap kebisingan, kamu bisa membuat daftar putar yang cocok untuk didengarkan saat kantor sangat bising.. Hal ini akan membuatmu merasa lebih terinspirasi atau lebih bahagia saat mendengarkan musik.

2. Cari ruangan yang tenang

6 Cara Tetap Fokus dan Produktif di Kantor yang Berisikilustrasi pekerja yang bekerja di ruangan tenang (pixabay.com)

Seringkali konsep ruang kerja terbuka dapat menghambat produktivitas karena sering mendengar percakapan antar rekan kerja dan bahkan panggilan telepon pribadi yang bisa memecah konsentrasi. Jika kamu tidak dapat cukup fokus untuk menyelesaikan pekerjaanmu, lihat apakah kamu dapat menemukan ruang yang tenang yang tidak digunakan untuk menyelesaikan tugasmu yang intensif.

Selain itu, terkadang ada waktu di mana suasana kantor bisa lebih berisik atau lebih tenang. Kamu bisa mulai menjadwalkan tugas-tugasmu sesuai suasana kantor agar hasil pekerjaanmu dapat terselesaikan dengan baik.

Baca Juga: 5 Tips Menjernihkan Pikiran agar Kembali Fokus dan Produktif

3. Bagilah pekerjaan berdasarkan kebutuhan konsentrasi kamu

6 Cara Tetap Fokus dan Produktif di Kantor yang Berisikilustrasi menulis (pixabay.com)

Ada beberapa pekerjaan tertentu yang tidak terlalu membutuhkan fokus konsentrasi dan dapat dilakukan meskipun dalam kondisi kantor yang keras, seperti menerima dan membalas e-mail. Namun, ada juga beberapa pekerjaan tertentu yang membutuhkan fokus yang tinggi untuk menyelesaikannya, seperti mengedit video atau auditing.

Maka dari itu, penting untuk membagi pekerjaan sesuai tingkat kebutuhan konsentrasi yang diperlukan. Pekerjaan yang membutuhkan fokus tinggi sebaiknya dikerjakan dalam kondisi tenang dan pada waktu kondisi kantor yang tidak terlalu berisik. 

Fokuslah pada satu tugas pada satu waktu dan berikan semua konsentrasi ke dalam satu tugas itu. Jika kamu berhenti di tengah-tengah proyek, kamu bisa saja harus kembali dan menelusuri kembali tindakanmu untuk kembali ke jalurnya.

4. Membiasakan diri pada suara keras

6 Cara Tetap Fokus dan Produktif di Kantor yang Berisikilustrasi bekerja dalam tim (pixabay.com)

Cara ini bisa dibilang cukup kontraproduktif, namun salah satu alasan utama suara bising dapat memengaruhi produktivitas adalah karena kita sudah terbiasa dengan keheningan. Jadi, ketika kebisingan itu terjadi, kita pun seketika kehilangan fokus karena tidak terbiasa.

Luangkan lebih banyak waktu di sekitar lingkungan yang selalu bising. Hal ini akan melatih tubuhmu untuk menyesuaikan diri dengan kebisingan tersebut. Tak lama, gangguan pendengaran itu mungkin tidak terlihat atau tidak akan berdampak apapun pada kamu. Tentu saja, cara ini mungkin tidak bekerja untuk semua orang, tetapi patut dicoba untuk mengurangi dampak kantor yang bising pada kamu.

5. Hilangkan kebisingan yang mengganggu dengan suara lain

6 Cara Tetap Fokus dan Produktif di Kantor yang Berisikilustrasi wanita yang sedang bekerja (pixabay.com)

Terkadang apa yang membuat bekerja di kantor yang bising menjadi sulit adalah sulitnya meredam kebisingan percakapan. Untuk mengatasinya, kamu bisa mencoba untuk menambahkan lebih banyak suara, tetapi jenis suara yang berbeda.

Cobalah duduk di dekat jendela yang terbuka ke jalan di mana kebisingan lalu lintas dapat terdengar atau duduk di area umum dengan banyak orang yang berbicara sehingga percakapan individu menjadi tidak terdengar. Ini adalah konsep yang mirip dengan white noise. Pengalih perhatian mungkin bukan kebisingan itu sendiri, tetapi jenis kebisingan tertentu.

6. Bicarakan pada supervisor atau pimpinan

6 Cara Tetap Fokus dan Produktif di Kantor yang Berisikilustrasi pimpinan yang mendengarkan pekerjanya (pexels.com/Craig Adderley)

Jika semua cara di atas gagal dan kamu merasa tidak nyaman menghadapi rekan kerja, maka curhatlah kepada supervisor dan jelaskan bagaimana masalah kebisingan dapat menghambat kamu dalam menunjukkan potensi tertinggi kamu di dalam pekerjaan. Maka, setidaknya supervisor bisa mengambil langkah yang tepat untuk mengatasi atau memperbaikinya. Sehingga suasana kantor dapat jauh lebih membaik dan lebih produktif.

Memang tidaklah mudah untuk bekerja di suasana tempat kerja yang terlalu keras dan berisik karena terkadang ada beberapa pekerjaan yang membutuhkan fokus tinggi. Dengan melakukan cara-cara di atas, setidaknya bisa membuat kamu lebih fokus dan mendapatkan kembali semangat untuk produktif.

Baca Juga: 5 Kiat Tingkatkan Kinerja di Kantor, Jadi Lebih Produktif

Sintya Yoo Photo Verified Writer Sintya Yoo

nothing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Diana Hasna

Berita Terkini Lainnya