Comscore Tracker

6 Tanda Kamu Sudah Memiliki Teman Curhat yang Tepat

Kalau sudah menemukan yang sesuai, jangan dilepas!

Saat remaja dan dewasa sekalipun, kita memerlukan yang namanya teman atau orang-orang terdekat untuk bisa dipercaya. Namun, di masa sekarang ini sangat sulit rasanya untuk mempercayai seseorang.

Perasaan takut dikhianati atau ditusuk dari belakang menjadi alasan sebagian orang tidak menceritakan masalah dan dirinya ke orang lain. Tentu hal ini cukup memusingkan.

Untuk memastikan kamu sudah menemukan orang yang tepat untuk berbagi cerita, berikut enam tanda yang menunjukkan bahwa kamu sudah menemukan teman curhat yang tepat dan dipercaya. Perhatikan cirinya dengan baik, ya!

1. Kalimat "Saya mengerti" jarang digunakan dalam percakapan denganmu

6 Tanda Kamu Sudah Memiliki Teman Curhat yang Tepatilustrasi dua orang yang sedang berbicara serius di ruangan (pexels.com/cottonbro)

Seseorang yang layak untuk dipercaya tidak hanya mengatakan kepadamu dengan kalimat "saya mengerti" berulang kali. Sebaliknya, mereka akan menunjukkan kepadamu kenapa mereka memahamimu.

Mereka akan memberi tahu tentang pengalaman pribadi yang menyebabkan mereka bisa merasakan persis apa yang kamu rasakan saat ini. Orang seperti ini pasti akan berusaha menunjukkan bahwa apa yang kamu katakan kepada mereka benar-benar masuk akal.

2. Tidak mencoba menusuk dari belakang

6 Tanda Kamu Sudah Memiliki Teman Curhat yang Tepatilustrasi orang yang sedang memperhatikan temannya (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Tidak banyak orang yang bisa dipercaya dengan informasi pribadi di masa saat ini. Apalagi masalah atau informasi yang kamu berikan ke mereka dapat digunakan untuk melawanmu pada situasi tertentu. Luangkan waktu untuk merenungkan tindakan orang-orang ini.

Apakah mereka membuatmu mendapat masalah karena mereka memilih untuk mengungkapkan informasi tentang kamu dalam upaya untuk melindungi diri mereka sendiri? Jika demikian, kamu harus berhenti mempercayai mereka.

Apabila yang mendengarkanmu tidak memanfaatkan informasi atau cerita dirimu untuk kepentingan mereka sendiri, sesungguhnya mereka adalah orang-orang yang bisa dipercaya. Mereka bahkan memikirkan dirimu, lho.

3. Kamu tidak menggambarkan mereka dengan kata "teman"

6 Tanda Kamu Sudah Memiliki Teman Curhat yang Tepatilustrasi tiga sahabat ceria (pexels.com/Diva Plavalaguna)

Hubunganmu dengan mereka jauh lebih dalam dan akrab, sehingga kata "teman" pun tidak bisa menggambarkan hubungan kalian yang sebenarnya. Sebaliknya, kamu lebih suka menggambarkan mereka sebagai keluarga.

Semuanya itu menyiratkan hubungan yang lebih kuat daripada kata "teman" itu sendiri. Dengan begitu, kamu dan dia sudah tak lagi canggung saat bertukar cerita.

Baca Juga: 5 Tips Curhat di Media Sosial Biar Gak Kelihatan Norak

4. Mereka setuju padamu dengan caranya sendiri

6 Tanda Kamu Sudah Memiliki Teman Curhat yang Tepatilustrasi dua sahabat yang saling berdiskusi (pexels.com/Kampus Production)

Jelas dalam hubungan pertemanan kamu dan temanmu tidak akan selalu memiliki pendapat yang sama. Namun, apa yang membuat hubungan begitu unik adalah kenyataan bahwa kalian tidak secara langsung saling mengejek atau merendahkan pendapat.

Sebagai gantinya, kalian berusaha mengekspresikan ide atau pendapat masing-masing dan berusaha untuk menemukan kesamaan. Bagi kalian, ini bukan tentang tidak setuju dengan orang lain, tetapi lebih menunjukkan bahwa kalian benar-benar memahami satu sama lain.

5. Kamu terbiasa memberitahu berbagai hal tanpa ragu

6 Tanda Kamu Sudah Memiliki Teman Curhat yang Tepatilustrasi wanita yang sedang bercerita ke temannya (pexels.com/John Diez)

Fakta bahwa kamu telah tumbuh untuk memberi tahu teman berbagai hal tanpa sedikit pun keraguan menunjukkan bahwa kamu telah mempercayai mereka.Dengan kata lain, kamu mungkin memiliki beberapa orang yang hanya kamu anggap sebagai "teman" saja.

Namun, ada teman yang bisa membuat kamu bercerita apa pun dengan leluasa tanpa merasa khawatir. Jika iya, maka kamu harus tahu bahwa kamu sudah memiliki orang yang tepat di sini. Jangan sampai hilang!

6. Merasa tidak lengkap tanpa orang ini dalam hidupmu

6 Tanda Kamu Sudah Memiliki Teman Curhat yang Tepatilustrasi sahabat (pexels.com/Kampus Production)

Ada teman tertentu dalam hidup kamu yang tidak pernah ingin kamu pikirkan untuk hilang. Jika orang ini memberi kamu apa yang tidak dapat diberikan teman yang lain, maka pertahankan.

Jika temanmu ini sudah sesuai dengan salah satu tanda yang telah diberikan dalam artikel ini, maka temanmu itu adalah sosok yang bisa diandalkan. Kalau sudah begini, jangan sampai dilepaskan, ya.

Setiap manusia memerlukan sosok teman yang bisa dipercaya dan diandalkan. Kalau temanmu sudah sesuai dengan kriteria di atas, maka pertahankan dengan baik hubungan pertemanan kalian saat ini.

Baca Juga: 5 Prinsip Penting dalam Hubungan Pertemanan, Wajib Tahu!

Sintya Yoo Photo Verified Writer Sintya Yoo

nothing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya