Comscore Tracker

Biar Gak Kebablasan, 5 Cara Mengontrol Keinginan untuk Berbelanja 

Lebih baik uangnya untuk investasi

Bagi wanita khususnya, berbelanja bisa menjadi cara tersendiri yang bisa menyenangkan hati atau bahkan mengatasi stres, rasa sedih atau rasa marah yang dirasakan. Tapi mungkin sudah waktunya untuk melakukan sedikit intervensi dan menghentikan kegiatan belanja yang bisa saja mengurasi isi dompet dan rekening kalian. Berikut ada lima cara yang bisa kalian coba untuk mengontrol keinginan belanja.

1. Buat daftar belanja barang yang kalian butuhkan

Biar Gak Kebablasan, 5 Cara Mengontrol Keinginan untuk Berbelanja ilustrasi menulis (unsplash.com/Green Chameleon)

Kalian membutuhkannya atau meinginkannya? Meinginkannya atau membutuhkannya? Pertanyaan sederhana yang harus kalian jawab dengan jujur.

Sebelum mengambil barang apa pun dari rak saat kalian tengah berbelanja, luangkan waktu sejenak untuk berpikir, apakah kalian benar-benar membutuhkan barang ini? Hal buruk apa yang mungkin terjadi jika kalian tidak membelinya? Kecuali jika sangat diperlukan, maka jangan membelinya. Buat daftar pasti tentang hal-hal yang kalian butuhkan.

2. Batasi anggaran

Biar Gak Kebablasan, 5 Cara Mengontrol Keinginan untuk Berbelanja ilustrasi dompet dan uang (unsplash.com/bady abbas)

Sebelum pergi berbelanja, pastikan kalian memiliki anggaran tertentu dan benar-benar mengingatnya. Jangan beli barang itu jika harganya melebihi anggaran dan tetap berpegang pada anggaran yang telah dibuat. Kalian tidak pernah tahu, mungkin nanti kalian akan menemukan barang lain yang sebenarnya juga sama bagusnya dan yang paling penting sesuai dengan anggaran yang telah kalian tentukan.

Baca Juga: Keuangan Membengkak saat Puasa? Coba 5 Tips Keuangan Ini 

3. Habiskan uang dengan cara lebih pintar

Biar Gak Kebablasan, 5 Cara Mengontrol Keinginan untuk Berbelanja ilustrasi wanita berbelanja (unsplash.com/Arturo Rey)

Selalu ingat bahwa yang terpenting adalah kualitas dan bukan kuantitas. Jangan tergoda dengan diskon 50 persen yang ditawarkan. Jika kalian tidak membutuhkannya maka jangan membelinya.

Jadilah lebih sadar akan apa yang kalian beli dan pertimbangkan untuk berinvestasi yang sebenarnya bernilai uang kalian daripada membayar dua kali lipat untuk barang berkualitas rendah. Hentikan kebiasaan membeli barang-barang yang tidak terlalu kalian butuhkan. 

4. Tantang diri kalian

Biar Gak Kebablasan, 5 Cara Mengontrol Keinginan untuk Berbelanja ilustrasi wanita berpikir (unsplash.com/ActionVance)

Ciptakan tantangan untuk diri kalian sendiri dengan berhenti berbelanja selama beberapa waktu. Coba gunakan apa yang sudah kalian miliki dengan cara yang berbeda. Hal ini mungkin mulai menunjukkan kepada kalian bagaimana cara untuk memperhatikan dan memanfaatkan barang-barang yang sudah kalian miliki.

5. Kurangi waktu yang dihabiskan secara online 

Biar Gak Kebablasan, 5 Cara Mengontrol Keinginan untuk Berbelanja ilustrasi belanja online (unsplash.com/John Schnobrich)

Keranjang belanja online dan wishlist harus menjadi musuh baru kalian. Jangan biarkan pesan yang biasanya dikirimkan aplikasi belanja online menghampiri kalian.

Daripada menghabiskan banyak waktu dengan gadget, coba habiskan waktu berkualitas dengan keluarga atau teman. Ha ini bisa menahan keinginan belanja dan menjaga agar dompet kalian tidak 'menangis' nantinya.

Belanja itu tidak dilarang. Tapi kalian harus ingat bahwa ada sesuatu yang benar-benar penting untuk dibeli dan ada yang tidak. Jangan sampai kalian selalu menangisi isi dompet dan rekening kalian setiap bulan, ya.

Baca Juga: 5 Cara Mudah Membuat Laporan Keuangan Perusahaan, Biar Gak Tekor!

YOOL Photo Verified Writer YOOL

Focus on me, like a meditation.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Diana Hasna

Berita Terkini Lainnya