Comscore Tracker

5 Cara untuk Bertekad Kuat saat Merasa Ingin Menyerah

Menyerah bukan jalan keluar

Stres merupakan hal yang normal saat kita menjalani hidup ini. Entah itu mungkin dalam urusan rumah tangga, pekerjaan, atau mungkin pendidikan.

Daripada menyerah dan memilih untuk menunggu sampai semua stres itu hilang, berikut ada beberapa hal yang dapat kalian lakukan untuk membantu kalian agar tetap memiliki tekad yang kuat.

1. Temukan apa yang memotivasi kalian

5 Cara untuk Bertekad Kuat saat Merasa Ingin Menyerahilustrasi wanita dengan bunga (unsplash.com/Anna Baker)

Sangat sulit untuk terus melangkah maju jika kalian tidak tahu mengapa kalian melakukannya. Tanyakan pada diri kalian apa yang sebenarnya memotivasi kalian untuk bangun di pagi hari.

Apakah kalian melakukannya demi keluarga kalian? Apakah kalian memiliki passion untuk sesuatu yang kalian sukai? Apakah kalian ingin melakukan sesuatu untuk sekitar kalian?

2. Singkirkan ekspektasi  

5 Cara untuk Bertekad Kuat saat Merasa Ingin Menyerahilustrasi wanita serius (unsplash.com/Andriyko Podilnyk)

Ketika kalian memiliki ekspektasi, suasana hati dan reaksi kalian didasarkan pada tindakan eksternal. Ketika tindakan eksternal tidak sesuai dengan hasil yang kalian inginkan, hal itu bisa membuat kalian marah, sedih, kecewa, dan berbagai emosi negatif lainnya. Itu bisa sangat merugikan terutama jika kalian merasa tidak ada yang berjalan sesuai keinginan kalian.

Untuk bisa mencapai tujuan kalian, kalian harus menyingkirkan ekspektasi yang kalian punya. Ingat, tidak semua yang kalian ingin tahu atau ingin lakukan akan sama dengan orang lain. Kalian bisa saja berbagi ide yang luar biasa dengan keluarga atau teman kalian tapi mereka bisa saja tidak setuju atau tidak menyukainya.

Berhenti mencari validasi dari orang lain. Berhenti berharap dari orang lain. Kalian sendiri yang akan hancur jika mereka tidak memberikan reaksi sesuai yang kalian harapkan.

3. Buat perencanaan

5 Cara untuk Bertekad Kuat saat Merasa Ingin Menyerahilustrasi wanita menulis (unsplash.com/Kyle Gregory Devaras)

Pernah mendengar pepatah "Roma tidak dibangun dalam sehari?" Apapun yang ingin kalian capai dalam hidup kalian juga sama seperti itu, hal-hal itu tidak akan terjadi begitu saja secara ajaib dalam satu hari. Butuh banyak waktu serta perencanaan untuk melakukan semuanya.

Cara yang baik untuk bisa tetap teguh dalam perjalanan menuju impian kalian adalah dengan memecah tujuan besar kalian menjadi potongan-potongan yang lebih kecil. Melihat kembali hal-hal kecil yang berhasil kalian lakukan itu akan mengingatkan kalian sudah seberapa jauh kalian telah berkembang. Ingat, sedikit kemajuan setiap hari akan menjadi banyak pada akhirnya.

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Gak Boleh Menyepelekan Orang yang Punya Tekad Kuat

4. Berbuat baik pada orang lain

5 Cara untuk Bertekad Kuat saat Merasa Ingin Menyerahilustrasi wanita dan temannya (unsplash.com/Thought Catalog)

Merayakan kebahagiaan orang lain terkadang dapat menyegarkan kembali upaya diri sendiri karena suasana hati akan didorong oleh kegembiraan mereka. Hubungi dan tanyakan kabar mereka dan beri mereka dorongan dan dukungan.

Jika orang terdekat kalian baru saja meraih sebuah prestasi, berikan mereka selamat. Menyebarkan kebaikan dan kegembiraan adalah hal gratis dan tidak membutuhkan waktu lama, tetapi hal itu benar-benar akan membuat hari orang lain menjadi menyenangkan.

5. Luangkan waktu untuk mengatur ulang semuanya

5 Cara untuk Bertekad Kuat saat Merasa Ingin Menyerahilustrasi wanita serius (unsplash.com/Marco Xu)

Terkadang merasa gagal hanya berarti jika kalian perlu waktu istirahat. Tidak berarti kalian harus bekerja lebih keras dari sebelumnya.

Tidak apa-apa untuk istirahat dan mengatur ulang semuanya. Luangkan waktu yang kalian butuhkan untuk beristirahat agar dapat segar kembali sehingga kalian dapat mencapai tujuan kalian lagi.

Gak susah, kan? Daripada langsung menyerah, lebih baik coba untuk menguatkan diri agar tekad yang dipunya semakin kuat sehingga kalian bisa meraih mimpi yang kalian punya!

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Harus Melakukan Segala Hal dengan Tekad Kuat

YOOL Photo Verified Writer YOOL

Focus on me, like a meditation.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya