Comscore Tracker

Sepele, 5 Alasan Resolusi Tahun Barumu Selalu Gagal

Udah gitu suka menganggap remeh, duh jangan deh!

Salah satu hal yang identik saat memulai tahun yang baru adalah resolusi tahun baru. Tiap orang berlomba-lomba untuk membuat resolusi yang akan mereka lakukan di hidup mereka terhitung sejak pergantian tahun.

Namun hal itu biasanya tak berlangsung lama dan berujung pada kegagalan. Kira-kira kenapa ya penyebabnya?

1. Kalian belum siap untuk membuat perubahan yang ingin kalian lakukan

Sepele, 5 Alasan Resolusi Tahun Barumu Selalu Gagalfreepik.com/cookie-studio

Tanyakan pada diri kalian dengan jujur. Apakah kalian benar-benar siap untuk berubah atau kalian cuma bicara saja? Perubahan bisa sangat menyakitkan dan membutuhkan banyak kerja keras. Kalian akan mendapat reward yang besar di akhir, tetapi kalian harus mau bekerja keras terlebih dulu.

2. Kalian tidak yakin apakah dapat melanjutkan resolusi yang dimiliki

Sepele, 5 Alasan Resolusi Tahun Barumu Selalu Gagalfreepik.com/asier-relampagoestudio

Sebenarnya poin ini kurang lebih seperti poin nomor 1. Jauh di dalam hati, apakah kalian yakin bahwa kalian bisa melanjutkan resolusi yang telah dibuat? Kebanyakan orang jika gagal melakukan resolusinya maka mereka akan percaya kalau memang tidak akan pernah bisa melakukannya.

Baca Juga: Resolusi Tahun Baru Sering Gagal? Ini Tips Jitu dari Psikolog

3. Kalian menetapkan resolusi yang tidak realistis

Sepele, 5 Alasan Resolusi Tahun Barumu Selalu Gagalfreepik.com/yanalya

Di kehidupan, yang paling penting adalah bersikap serealistis mungkin. Jangan berpikir untuk mencapai hal-hal di luar batas kemampuan diri sendiri. Untuk contoh sederhana, kalian berencana untuk olahraha dengan cara lari marathon, padahal kaki kalian bahkan belum pernah mencoba berlari di atas treadmill. Jika ini terdengar familier, itu berarti kalian telah menetapkan resolusi yang sangat tinggi yang tidak mungkin dicapai.

4. Kalian tidak mendapat dukungan

Sepele, 5 Alasan Resolusi Tahun Barumu Selalu Gagalfreepik.com/freepic-diller

Mungkin sulit untuk tetap termotivasi saat kalian merasa sendirian. Tapi nyatanya kalian tidak benar-benar sendirian. Jika kalian memiliki kenalan yang memiliki tujuan yang sama, cobalah untuk membicarakannya dengan mereka untuk membuat keputusan yang positif bagi dua belah pihak. Atau kalian bisa menggunakan sosial media untuk menanyakan teman kalian apakah ada yang ingin menjadi teman gym, misalnya.

5. Resolusi yang kalian tetapkan tidak cukup spesifik

Sepele, 5 Alasan Resolusi Tahun Barumu Selalu Gagalfreepik.com/suksao

Memiliki resolusi yang tidak cukup spesifik hanya akan membuat kalian lebih cepat gagal. Contohnya, kalian ingin menurunkan berat badan. Buat lebih spesifik lagi seperti contohnya menjadi kalian ingin menurunkan 10 kg berat badan kalian.

Sekarang setelah kalian tahu mengapa resolusi tahun baru kalian gagal dan mengapa kalian tidak terlalu mungkin untuk melanjutkannua, tips di atas merupakam beberapa tips yang dapat kalian gunakan untuk meningkatkan peluang kalan berhasil mewujudkan resolusi kalian.

YOOL Photo Verified Writer YOOL

Focus on me, like a meditation.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya