Comscore Tracker

5 Hal Ini Mengingatkan Betapa Kuatnya Dirimu saat Hidup Banyak Masalah

Yakinlah kamu memiliki jiwa sekuat baja

Terkadang memperjuangkan hidup memang tidak mudah. Terlebih lagi untuk orang-orang yang terlahir dengan sejumlah keterbatasan yang membuat mereka harus berjuang lebih keras daripada orang lain.

Tapi tidak apa-apa, tak perlu berkecil hati dan membanding-bandingkan hidup dengan orang lain sebab setiap orang pasti memiliki masalahnya masing-masing. Maka dari itu apabila sekarang kamu sedang menghadapi masalah hidup yang berat, yakinlah bahwa kamu memiliki jiwa dan hati yang kuat untuk melewatinya.

Nah, jika penasaran ingin mengetahui apakah kamu termasuk pribadi yang kuat atau bukan, di bawah ini sudah terdapat lima hal yang bisa menjadi pengingat bahwa kamu adalah pribadi yang luar biasa tangguh.

1. Selalu berusaha bangkit saat terjatuh

5 Hal Ini Mengingatkan Betapa Kuatnya Dirimu saat Hidup Banyak Masalahilustrasi perempuan berbaju hijau tersenyum (pexels.com/Matthias Cooper)

Dalam hidup, terjatuh dan terpuruk adalah hal yang biasa terjadi. Setiap orang pasti pernah dihadapkan pada peristiwa dan pengalaman yang membuat mereka merasa menjadi orang paling merana dan gagal di dunia, tak terkecuali dirimu.

Sekarang yang terpenting adalah bagaimana cara kamu menghadapinya. Apabila kamu lebih memilih bangkit daripada hanyut dalam keputusasaan, maka sebenarnya kamu memiliki hati dan jiwa yang sangat kuat. Tak banyak orang yang mampu melakukannya lantaran membutuhkan keberanian cukup besar.

Maka, diri kamu yang hebat itu juga perlu mendapatkan apresiasi lantaran berani melangkah ke depan dan ini termasuk hal yang luar biasa.

2. Menerima perasaan bahagia dan sedih secara terbuka

5 Hal Ini Mengingatkan Betapa Kuatnya Dirimu saat Hidup Banyak Masalahilustrasi perempuan meniup tanaman (pexels.com/Marcelo Chagas)

Kamu sudah tidak lagi membenci perasaan senang dan sedih yang bergantian datang dalam hidupmu. Dengan kata lain kamu menerima setiap perasaan dan memahami bahwa semua hal yang terjadi di dunia ini hanya sementara.

Alih-alih dianggap sebagai beban, kamu menilai setiap masalah yang terjadi sebagai salah satu hal yang membuat hidupmu berwarna. Sebab hidup terasa flat jika hanya berjalan begitu-begitu saja, bukan?

Lagi pula kemampuan menerima perasaan bahagia dan sedih secara terbuka justru akan membentuk pribadimu menjadi lebih kuat lagi dari waktu ke waktu.

Baca Juga: 5 Cara Menyikapi Semangat Hidup yang Menurun, Yuk Semangat Lagi!

3. Meyakini bahwa semua yang terjadi dalam hidupmu adalah skenario terbaik

5 Hal Ini Mengingatkan Betapa Kuatnya Dirimu saat Hidup Banyak Masalahilustrasi perempuan memakai topi sedang tertawa (pexels.com/Carms Onoya)

Dengan hati ikhlas, kamu menerima pahit getirnya pengalaman hidup yang harus kamu alami. Kamu sudah tidak lagi mempertanyakan perihal hidup yang terasa tidak adil sampai membuatmu bersedih dan terpuruk dalam jangka waktu lama.

Kamu meyakini bahwa semua hal yang terjadi di dalam hidupmu merupakan skenario terbaik. Maka secara bijak, kamu pun mengambil hikmah dan pelajaran dari setiap peristiwa. Dengan begitu kamu akan menemukan kekuatan dan keberanian dalam diri untuk selalu bangkit dan memperjuangkan hidup.

4. Mampu bahagia dengan cara-cara sederhana

5 Hal Ini Mengingatkan Betapa Kuatnya Dirimu saat Hidup Banyak Masalahilustrasi perempuan memakai kacamata sedang tersenyum (pexels.com/Garon Piceli)

Benar apa kata orang bijak yang mengatakan bahwa sebenarnya bahagia itu sangat sederhana dan berasal dari hal-hal yang sederhana pula. Tak perlu mengharapkan kebahagiaan dari orang lain karena kebahagiaanmu diciptakan oleh dirimu sendiri.

Jika kamu masih menggantungkan kebahagiaan pada orang lain, kamu hanya akan terus-menerus merasa kecewa. Tapi, jangan ragu mengucapkan terima kasih jika ada orang yang hadir dalam hidupmu lantas memberikan kebahagiaan, ya.

Kamu adalah pribadi yang istimewa saat bisa bahagia dengan cara-cara sederhana dan kamu telah melakukan hal yang luar biasa dalam hidup.

5. Bersyukur atas hal-hal sederhana dalam hidup

5 Hal Ini Mengingatkan Betapa Kuatnya Dirimu saat Hidup Banyak Masalahilustrasi perempuan tersenyum sambil memejamkan mata (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Percaya atau tidak, selalu bersyukur atas hal-hal sederhana yang terjadi dalam hidup ternyata dapat membuat hati lebih tenang dan bahagia. Sebab kamu menjadi lebih fokus pada diri sendiri. Kebiasaan membandingkan hidup sendiri dengan hidup orang lain yang tampak berjalan lancar pun mulai hilang.

Mensyukuri hal sekecil atau sesederhana apa pun juga menjadi bukti bahwa kamu dianugerahi hati yang kuat dan tangguh.

Guys, meski perjalanan hidupmu terasa berat, tapi prosesnya akan membuat hidupmu jadi lebih berwarna dan bermakna. Tanamkan dalam benakmu bahwa kamu memiliki mental sekuat baja untuk terus memperjuangkan hidup yang lebih baik. Terima kasih sudah bertahan dan melakukan yang terbaik hingga detik ini.

Baca Juga: 5 Inspirasi Hal yang Bisa Dilakukan saat Hadapi Titik Terendah Hidup

Sinta Listiyana Photo Verified Writer Sinta Listiyana

Terimakasih telah membaca tulisan saya :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya