Comscore Tracker

8 Kebiasaan yang Gak Disadari Bikin Kamu Sering Merasa Kesepian

Coba introspeksi dulu, yuk!

Kesepian adalah emosi yang umum dirasakan oleh semua orang. Biasanya, perasaan ini muncul saat seseorang memasuki pergaulan baru di tempat baru. Itu berarti, kesepian tak mungkin dirasakan seseorang selamanya jika mereka mampu beradaptasi seiring waktu.

Namun, jika kamu merasa kesepian hampir setiap saat, penyebabnya bisa jadi bukan dibawa oleh sekelilingmu, melainkan diri sendiri. Seringkali, tanpa disadari kamu membangun 8 kebiasaan buruk berikut  yang membuatmu tersisih dari lingkungan sosial. Kebiasaan-kebiasaan seperti apa sih yang dimaksud? Simak, yuk!

1. Kamu gak mengizinkan orang melihat sisi aslimu

8 Kebiasaan yang Gak Disadari Bikin Kamu Sering Merasa KesepianUnsplash.com/John Sting

Seberapa pun banyak orang yang mengerumuni dan menyukaimu, tetap bohong jika kamu merasa bahagia karenanya. Sebab, orang yang mereka sukai kenyataannya bukanlah kamu. Setiap ingin menampakkan the real you, kamu hanya akan takut bahwa respon mereka padamu pun berubah. Itu sebabnya kamu masih sering merasa sendirian, karena relasi yang kamu jalin tersebut tidak memiliki makna sejati bagimu.

2. Kamu kerap menghakimi orang lain

8 Kebiasaan yang Gak Disadari Bikin Kamu Sering Merasa KesepianUnsplash.com/Priscilla Du Preez

Kebiasaan terburu-buru mengambil kesimpulan, terutama kesimpulan buruk tentang orang lain sebenarnya sering mengkibatkan kamu menjadi terisolasi. Bagaimana tidak, reaksi negatif tersebut tentu saja menyulitkan orang lain untuk memasuki kehidupanmu. Padahal, apa yang kamu lihat sepintas tentu bukanlah keseluruhan dari mereka.

Agar tak kesepian, cobalah untuk membangun pertemanan dengan mencari kesamaan di antara kalian, dibanding selalu bersikap ofensif.

3. Kamu punya ekspektasi yang gak realistis tentang pertemanan

8 Kebiasaan yang Gak Disadari Bikin Kamu Sering Merasa KesepianUnsplash.com/Daiga Ellaby

Semua orang berhak punya kriteria tentang hubungan yang ideal dengan lingkungan sosialnya. Namun, tentunya harus tetap masuk akal dan realistis. Memaksakan diri untuk menjadi bagian dari kelompok yang tidak cocok, justru hanya membuatmu sering merasa kesepian. Sebab, saat kamu berusaha mencari yang sesempurna harapanmu, kamu hanyalah menarik diri dari lingkungan yang baik untukmu.

Baca Juga: Jangan Diabaikan, 5 Bukti Kamu Sebenarnya Merasa Kesepian

4. Kamu ingin orang lain merangkulmu lebih dulu

8 Kebiasaan yang Gak Disadari Bikin Kamu Sering Merasa KesepianUnsplash.com/Tamara Bellis

Berpikir terlalu idealis dan menganggap bahwa jika ingin berteman maka merekalah yang harus mendatangimu lebih dulu, adalah salah satu sikap yang perlu kamu hilangkan. Kenyataannya, menunggu hanyalah mendatangkan rasa sangat kesepian bagimu. 

Memang, kamu mungkin saja orang yang super sibuk dan merasa tak butuh, atau sebaliknya kamu adalah orang pemalu, tetapi sebagai makhluk sosial kamu harus melakukan upaya untuk bisa terhubung dengan lingkungan sekitarmu.

5. Kamu menghabiskan banyak waktu berada di dunia maya

8 Kebiasaan yang Gak Disadari Bikin Kamu Sering Merasa KesepianUnsplash.com/Daria Nepriakhina

Seringkali ketika merasa kesepian dan bosan, alih-alih menceburkan diri ke dalam pergaulan yang nyata, kamu lebih memilih menghabiskan terlalu banyak waktumu untuk bermedia sosial. Walaupun dengan bermedia sosial kamu juga melakukan interaksi sosial, namun hal tersebut tak mampu memenuhi kebutuhan untuk terhubung langsung dengan manusia lain.

6. Kamu terlalu sering membandingkan diri dengan orang lain

8 Kebiasaan yang Gak Disadari Bikin Kamu Sering Merasa KesepianUnsplash.com/Ladislav Bona

Satu kebiasaan buruk yang perlu untuk dihilangkan tentu perasaan insecure yang membawa banyak kerugian bagimu. Kerap membandingkan kelebihan orang, dan membesar-besarkan kekuranganmu tak akan membuatmu merasa lebih baik. Sebaliknya, kamu hanya akan semakin tersingkirkan dari pergaulan oleh perasaanmu sendiri.

7. Kamu tak mengiyakan setiap teman-temanmu membuat rencana bertemu

8 Kebiasaan yang Gak Disadari Bikin Kamu Sering Merasa KesepianUnsplash.com/Brooke Cagle

Kamu mungkin punya banyak alasan pribadi sehingga setiap mereka mengajak keluar, kamu tak bisa langsung menyetujui. Namun, terlalu sering berpikir panjang, atau bahkan mengatakan tidak hanya membuatmu terpinggirkan dalam lingkungan sosial.

Maka dari itu, mulai sekarang kamu perlu menjadwalkan setidaknya sekali seminggu untuk berinteraksi tatap muka dengan teman-temanmu. Ini membuat relasi yang telah kalian bangun menjadi subur, dan kamu tak perlu lagi merasa kesepian.

8. Kamu terlalu kaku menerima hal baru

8 Kebiasaan yang Gak Disadari Bikin Kamu Sering Merasa Kesepianunsplash.com/Alicia Steels

Sebagian orang merasa kesepian disebabkan karena aturan yang terlalu ketat yang mereka pegang, menganggap keluar dari aturan dan kebiasaan tersebut adalah hal yang buruk.

Sikap kaku dan tidak fleksibel menciptakan lingkungan yang sempit bagimu, karena tak banyak pengalaman dan orang baru yang bisa kamu dapatkan. Itu sebabnya, kamu perlu untuk bersikap lebih lunak, karena belum tentu prinsip yang selama ini kamu pegang adalah yang paling baik.

Nah, itulah 8 kebiasaan buruk yang ternyata sering menjadi penyebab kesepian. Sekarang, waktunya memotivasi diri untuk mengubah kebiasaan tersebut, dan lihat perubahan apa yang akan kamu alami!

Baca Juga: 5 Tanda Bahwa Sebenarnya Saat Ini Kamu Sedang Merasa Kesepian

Sinta Photo Verified Writer Sinta

“Failure is a feeling long before it becomes an actual result." -Michelle Obama

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You