Tanpa Disadari, 6 Hal Ini Paling Membuat Waktumu Jadi Tidak Produktif

Masih mau buang waktumu sia-sia?

Semua orang memiliki waktu yang sama yaitu 24 jam dalam sehari. Kita semua berharap agar kita bisa lebih produktif. Namun,  banyak yang masih menyia-nyiakan waktunya untuk hal yang tak penting dan menunda setumpuk pekerjaannya ketika deadline mulai dekat. Sangat mudah untuk menjadi produktif, tetapi tak semua orang dapat memanfaatkan waktunya dengan baik.
 
Banyak yang tak menyadari bahwa beberapa hal berikut adalah hal yang paling membuat seseorang membuang waktunya percuma. Berikut adalah delapan pemborosan waktu yang paling membunuh produktivitas seseorang.

1. Tidak fokus pada satu pekerjaan dan menjadi multitasking hanya akan membuat waktumu tidak efektif dan tidak efisien

Tanpa Disadari, 6 Hal Ini Paling Membuat Waktumu Jadi Tidak Produktifunsplash.com/Andrew Niel

Banyak orang berpikir bahwa menjadi multitasking dapat membuat pekerjaan lebih cepat selesai, padahal salah besar. Multitasking hanya akan menyia-nyiakan produktivitasmu karena ketika kamu berpindah-pindah pekerjaan akan membuatmu beralih-alih fokus dan membuat pekerjaanmu tak akan selesai dengan baik dan tepat waktu.

Lakukanlah satu per satu. Setelah menyelesaikan satu tugas, kamu dapat beralih ke tugas berikutnya dengan fokus.

2. Tidak mengatur to-do-list dengan baik bakal bikin kamu tak tau hal yang mana prioritas

Tanpa Disadari, 6 Hal Ini Paling Membuat Waktumu Jadi Tidak Produktifunsplash.com/Estee Janssens

Agar pekerjaanmu efektif dan tak kewalahan, membuat to-do-list adalah hal yang wajib dilakukan untuk membantumu tetap fokus dengan menyortir tugas-tugas paling penting untuk diselesaikan. Namun, masih banyak orang yang menyepelekan untuk membuat to-do-list hingga mereka berujung tidak produktif.

Pada dasarnya, kita akan kebingungan mana yang prioritas dan bahkan tidak tahu apa yang harus dikerjakan. Itulah mengapa waktu kita akan terbuang sia-sia karena ketidakteraturan pekerjaan yang ada.

Baca Juga: Waspada, Ini 6 Tanda Kamu Lagi Sia-siakan Hidupmu di Masa Sekarang

3. Menunda pekerjaan yang berat justru bikin kamu tidak memulai apapun dan menyia-nyiakan waktu deadline percuma

Tanpa Disadari, 6 Hal Ini Paling Membuat Waktumu Jadi Tidak Produktifunsplash.com/Chris Benson

Kita semua memiliki tugas-tugas yang tidak ingin kita lakukan atau terlalu berat dan memakan waktu. Lalu, kita pun memilih menghindarinya dan mengerjakan yang bukan prioritas.

Apapun itu, menghindari pekerjaan yang susah tidak mengubah fakta bahwa tugas itu akan selesai. Alih-alih membiarkan menggantung di pikiranmu, kamu hanya perlu menyelesaikannya.

Faktanya, menghindari pekerjaan yang tidak kamu sukai hanya akan membuat waktumu terbuang percuma mengerjakan hal-hal yang mudah. Sedangkan, pekerjaan utamamu malah kamu sia-siakan di lain waktu.

4. Mengecek media sosial secara terus menerus bikin kamu lupa waktu

Tanpa Disadari, 6 Hal Ini Paling Membuat Waktumu Jadi Tidak Produktifunsplash.com/Erik Lucatero

Hal wajar memang ketika sekarang ini seseorang tak bisa lepas dari media sosial, namun harus dipahami juga bahwa media sosial adalah hal yang paling menghabiskan waktu kita. Menurut sebuah riset, rata-rata orang menghabiskan 2.5 jam dalam sehari hanya untuk media sosial.

Bayangkan saja, dalam 2.5 jam itu tentu banyak yang bisa kalian kerjakan ketimbang bermain di dunia maya. Supaya lebih teratur, tetapkanlah waktu-waktu tertentu ketika ingin membuka media sosial seperti di luar jam kerja atau saat jam istirahat.

5. Sungkan berkata tidak dan mengiyakan semua rencana orang lain hanya akan membuatmu tidak bisa memprioritaskan diri sendiri

Tanpa Disadari, 6 Hal Ini Paling Membuat Waktumu Jadi Tidak Produktifinstagram.com/@parkbboyoung

Dapat dimengerti bahwa kamu tidak ingin mengecewakan orang lain, tetapi bukan berarti kamu bisa membuat semua orang bahagia dan mengorbankan dirimu sendiri. Dengan berkata ‘Ya’ pada semua orang hanya akan membuang-buang waktumu saja.

Sedangkan kamu memiliki prioritas yang lebih utama daripada sekadar menyenangkan hati orang lain. Tak disadari, kebiasaan selalu berkata iya pada ajakan orang ini benar-benar akan membuang waktumu percuma.

6. Menjadi perfeksionis hanya akan membuat waktumu terbuang tidak efektif dengan deadline menumpuk

Tanpa Disadari, 6 Hal Ini Paling Membuat Waktumu Jadi Tidak Produktifunsplash.com/William Even

Ketika kamu memiliki standar tinggi yang tidak realistis, kamu hanya akan mencurahkan lebih banyak waktu daripada yang seharusnya untuk satu pekerjaan. Bahkan setelah selesai, kamu masih harus membuatnya "sempurna."

Dalam hal ini, pekerjaanmu memang akan sangat baik namun juga membuat waktumu tidak efektif. Alih-alih membiarkan kesempurnaan memakan waktu dan pikiranmu, belajarlah dari kesalahan yang ada sehingga kamu tidak perlu mengulanginya.

Waktu sangatlah terbatas, dan itu merupakan aset berharga bagi setiap orang. Kita harusnya dapat menggunakan waktu layaknya sedang berinvestasi. Pastikan bahwa pekerjaan yang kamu lakukan dapat membuat waktumu lebih produktif dengan sebuah tujuan pasti untuk masa depan.

Baca Juga: Biar Gak Sia-sia, Ini 6 Cara Ubah Marahmu Jadi Sesuatu yang Berfaedah

Siska Arifa Photo Community Writer Siska Arifa

Amateur who doesn't quit @siscaaryf

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You