Comscore Tracker

Jangan Sampai Menyesal, Hindari 6 Hal Ini Saat Kamu Sedang Marah!

Jangan sampai ya melakukan hal-hal berikut!

Setiap orang memiliki respon yang berbeda-beda dalam mengendalikan dan mengontrol emosi. Emosi seorang individu memang ada kalanya berubah-ubah. Tentu hal wajar jika mood dan sensitifitas seseorang berpengaruh terhadap hal-hal yang sedang mereka alami saat itu. Setiap individu mengekpresikan perasaan mereka dengan berbagai hal.

Namun, terkadang banyak orang yang tidak bisa mengontrol emosi sehingga emosi tersebut berubah menjadi kemarahan yang membuat kita geram dan kesal. Seringkali seseorang yang sedang terbawa rasa amarah tidak dapat berpikir jernih sehingga timbul hal-hal yang akan disesalinya esok hari. Meski dalam keadaan marah hebat sekalipun, sebaiknya kalian patut menghindari hal-hal berikut jika tak mau menyesal nanti!

1. Mengambil keputusan saat sedang marah

Jangan Sampai Menyesal, Hindari 6 Hal Ini Saat Kamu Sedang Marah!unsplash.com/Frank Busch

Tak perlu dipungkiri lagi, mengambil keputusan dalam amarah adalah hal yang tidak bijak untuk dilakukan. Sebab, dalam keadaan ini, seseorang yang sedang di kelilingi seribu benci dan kecewa hanya akan membuat keputusan sepihak demi memuaskan rasa kesalnya terhadap orang lain.

Keputusan besar atau kecil sekalipun sejatinya harus di pikirkan baik dan buruknya telebih dulu. Jika kalian dalam keadaan marah, usahakan untuk mengambil nafas dalam-dalam dan diamlah sejenak sampai benar-benar merasa baik-baik saja. 

2. Mempercayai semua hal yang diomongkan orang lain

Jangan Sampai Menyesal, Hindari 6 Hal Ini Saat Kamu Sedang Marah!Unsplash/Ben White

Seorang bijak pernah berkata, “Kalau dasarnya sudah tidak suka, kesalahan sekecil apapun akan dibesar-besarkan. Kalau dasarnya sudah suka, kesalahan sebesar apapun akan dibenar-benarkan.” Hal tersebut agaknya sangat akurat untuk menggambakan emosi dan perilaku seseorang yang sedang dalam amarah. Jika ia mendengar omongan orang lain tentang seseorang yang dibenci, emosi dan perasaan dendam terhadap orang tersebut pasti akan sangat kuat sehingga semua omongan buruk orang lain tentang seseorang yang ia benci pasti akan di benarkan meski itu belum tentu benar. Jadi, jangan sekali kali kalian menelan mentah-mentah semua hal yang orang lain omongkan, ya!

Baca Juga: Sulit Mengontrol Amarah? 5 Tips Ini Akan Membantu Kendalikan Emosimu

3. Melakukan hal-hal buruk untuk menuntaskan amarah yang akan kamu sesali kemudian

Jangan Sampai Menyesal, Hindari 6 Hal Ini Saat Kamu Sedang Marah!https://unsplash.com/

Menuntaskan perasaan marah dan masalah secepat mungkin memang baik untuk diri sendiri. Ketika kita sedang dalam masalah yang menimbulkan amarah, tentunya tak baik jika kita biarkan berlarut-larut tanpa penyelesaian yang jelas. Namun, dengan catatan bahwa saat menuntaskan amarah, semua pihak harus berkepala dingin dahulu.

Bahayanya adalah jika seseorang yang masih terbawa emosi justru melakukan hal-hal lain seperti merusak atau membanting barang-barang yang ada, berkata-kata kasar, atau bahkan sampai memukul orang lain dengan kekerasan. Tentu, cara-cara tersebut adalah hal-hal yang tak patut dilakukan karena hanya akan timbul penyesalan setelahnya.

4. Menunjukan kemarahanmu ke publik dan semua sosial media

Jangan Sampai Menyesal, Hindari 6 Hal Ini Saat Kamu Sedang Marah!https://pixabay.com/

Saat ini, sosial media bagaikan bagian dari hidup setiap orang. Semua aktifitas dan perasaan kita kadang dengan mudah kita ekspos ke orang lain yang belum tentu kita kenal di dunia nyata. Namun, ketika kita sedang di rangkul amarah, sebaiknya kita menutup semua akun sosial media kita untuk sementara. Tak ada baiknya jika kita mengumbar kesalahan orang lain dan membiarkan dirimu menjadi orang yang kasar dan sembarangan di social media. Hindari ya, guys!

5. Bercerita tentang masalahmu kepada semua orang tanpa terkecuali

Jangan Sampai Menyesal, Hindari 6 Hal Ini Saat Kamu Sedang Marah!https://unsplash.com/

Di saat kita sedang dilanda kegundahan, galau, dan kecewa pada sesuatu hal atau pada seseorang, hal utama untuk mencairkan kegelisahan kita adalah dengan di dengar orang lain. Bercerita tentang masalah kita dan apa yang sedang terjadi kepada orang lain merupakan satu jurus jitu untuk kita dapat lebih tenang dan stabil.

Namun, bukan berarti semua orang yang kamu temui harus tau tentang masalahmu. Cukup ceritakan masalahmu kepada satu atau dua orang yang paling kamu percayai. Jangan pernah menceritakan hal apapun itu kepada orang lain jika mereka dapat menyelesaikannya. Sebab, dapat dipastikan bahwa hanya akan ada 1 orang yang peduli dan sisanya hanyalah ingin tahu.

Emosi dan perasaan seseorang memanglah hal rumit yang kadang butuh perhatian lebih untuk kita dapat memahaminya. Tak ayal, amarah dan rasa kecewa pun turut menjadi momok utama seseorang jadi lepas kendali dan menyesali tindakannya di kemudian hari. Meskipun kita sedang merasa kecewa dan marah, namun bukan berarti kita menjadi manusia paling benar sedunia.

Percayalah, bahwa saat itu kita hanya sedang di kendalikan nafsu dan keadaan. Maka, sangat penting jika kalian memperhatikan untuk tidak melakukan hal-hal tersebut saat sedang dalam keeadaan marah, ya. 

Baca Juga: Selain Maaf, Ini 5 Cara Cerdas Menghadapi Orang yang Marah Padamu

Siska Arifa Photo Verified Writer Siska Arifa

Amateur who doesn't quit @siscaaryf

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya