Inspiratif! 6 TED Talks Ini Menuntunmu Lebih Percaya Diri pada Mimpimu

Karena kunci itu ada pada diri kita sendiri

Dalam tahap perjuangan akan karir, mimpi, dan kehidupan, seringkali kita dibuat berhenti oleh diri kita sendiri. Sangat disayangkan bila mimpi yang harusnya menjadi semangatmu dulu justru kamu ragukan kemudian. Banyak faktor yang akhirnya menghambat mimpimu itu, salah satunya adalah tingkat kepercayaan dirimu pada diri sendiri.
 
Apa kamu sering meragukan langkahmu yang akan berhasil? Atau kamu merasa tak berbakat dalam hal tertentu? Sangat mengkhawatirkan jika kalian pun mengalami keraguan seperti itu dalam menggapai sesuatu yang kalian anggap berharga. Berikut adalah enam TED Talks yang inspiratif untuk membuatmu kembali lebih percaya diri dan bersemangat. Yuk simak!

1. The day I stood up alone - Boniface Mwangi

https://www.youtube.com/embed/W1KIgMXPR28

Fotografer Boniface Mwangi ingin memprotes korupsi di negara asalnya, Kenya. Ia pun membuat rencana dengan beberapa koleganya untuk berjuang demi keadilan dengan melakukan berbagai protes massal. Tetapi, ketika saatnya mereka harus berjuang di lapangan, dia ditinggalkan teman-temannya hingga ia harus berdiri sendiri.

Sempat meragukan bahwa perjuangannya sudah tamat tanpa bantuan orang lain, namun ia berani menunjukkan siapa dirinya kemudian. Seperti yang ia katakan dalam Ted Talks-nya, "Ada dua hari yang paling kuat dalam hidup manusia. Itu ialah hari ketika kita dilahirkan, dan hari di mana kita menemukan alasannya.”

Jika Mwangi saja bisa melakukan perubahan yang besar sendirian demi cintanya pada negaranya, lalu kenapa kita tidak bisa percaya pada kekuatan kita sendiri?

2. Success, failure and the drive to keep creating - Elizabeth Gilbert

https://www.youtube.com/embed/_waBFUg_oT8

Elizabeth Gilbert pernah menjadi penulis yang karyanya ditolak ratusan kali oleh banyak penerbit. Ratusan email penolakan adalah apa yang ia lihat setiap hari. Namun, kini ia menjadi penulis best seller New York Times dengan bukunya Eat Pray Love.

Gilbert merenungkan mengapa kesuksesan bisa sama membingungkannya dengan kegagalan. Ketika kita gagal, kita akan mengalami fase ketidakpercayaan pada diri sendiri. Namun, inilah fase tersulit dalam perjuangan seseorang. Ia berpesan,  “Mimpimu adalah rumah yang dapat kau gunakan untuk mencurahkan energimu dengan pengabdian luar biasa sehingga hasil akhirnya menjadi tidak penting.”

Dan jika suatu hari nanti, entah kamu merasa tak yakin dan ingin menyerah, maka pekerjaan kita adalah berjuang kembali ke ‘rumah’ itu.

3. Change your mindset and achieve anything - Colin O'Brady

https://www.youtube.com/embed/vo_lZiytsMw

Dalam video Ted Talks ini, Colin O'Brady bercerita akan kebakaran tragis yang menimpanya hanya untuk naik ke 7 gunung tertinggi dan dua kutub di bumi untuk mendapat rekor dunia. Ia menjelaskan bagaimana seseorang dapat mencapai apapun terlepas dari keadaan.

Ia berpesan bahwa apapun yang terjadi, kita memiliki kendali penuh atas pilihan kita untuk terus bergerak maju selangkah demi selangkah. Kita semua memiliki sumber kekuatan dan kepercayaan untuk dapat mencapai hal-hal besar sekalipun.

Ingat bahwa hal terbesar yang menghalangi kita adalah pikiran kita sendiri. Tentu jika kita tak percaya pada diri sendiri, lantas siapa yang akan percaya pada dirimu?

Baca Juga: Lihat 5 Video TED Talks Ini dan Kamu akan Lebih Semangat Bekerja

4. How to believe in yourself - Jim Cathcart

https://www.youtube.com/embed/-ki9-oaPwHs

Jim Cathcart pernah berpikir dia tidak akan pernah membuat perubahan pada dirinya. Ia hanya seorang murid biasa dari keluarga biasa tanpa keahlian khusus, ia merasa keberadaannya tak akan mengubah apa-apa. Tetapi suatu hari ia mendengar pesan motivasi di sebuah radio dan itu mengubah arah hidupnya, ia pun menjadi yakin akan potensinya.

Kini, Jim adalah seoarang pembicara Hall of Fame dan telah menulis 16 buku sejauh ini. Dalam video ini Jim membagikan caranya untuk percaya pada diri sendiri. Coba deh simak video inspiratifnya!

5. How to live passionately, no matter your age - Isabel Allende

https://www.youtube.com/embed/5ifMRNag2XU

Penulis terkenal Isabel Allende kini sudah berusia 71 tahun. Namun, di masa-masa senjanya ini, ia juga memiliki perspektif yang luar biasa untuk seorang yang tak lagi muda. Dalam Ted Talks-nya kali ini ia mencoba memberi pesan untuk semua orang dari segala usia tentang ketakutan dan ketidakpercayaannya ketika dia semakin tua.

Ia pun berbagi bagaimana dia berencana untuk terus hidup dengan penuh semangat. Ia mencoba meraih mimpinya yang mungkin bagi semua orang sudah terlambat hanya karena ia sudah berumur.

Namun, kini Isabel bisa mematahkan perspektif orang-orang dan juga ketidakpercayaannya pada diri sendiri kala itu. Tentu, jika Isabel saja bisa meraih mimpinya, kenapa kita yang masih muda malah ragu melangkah?

6. Choose yourself - James Altucher

https://www.youtube.com/embed/xmndCPvXiik

James Altucher sebelum menjadi pengusaha sukses, investor dan penulis buku, ia menceritakan bahwa ia pernah mencoba untuk bunuh diri, dan bagaimana ia mengubah hidupnya dengan mengikuti lima praktik utama yang ia bagikan di video TED Talks ini. Ia berpesan "Jika kamu tidak membuat pilihan dalam hidupmu sendiri, maka orang lain akhirnya akan mewujudkannya, dan itu tidak akan pernah baik."

Ia pun menjelaskan bagaimana dia percaya diri kembali setelah mengalami depresi panjang dan bangkit dari kegagalan yang berulang. Lima kunci utamanya adalah menjaga kesehatan, hubungan cinta, spiritualitas, beri ruang diri untuk menghasilkan ide-ide buruk sekalipun dengan menuliskan setidaknya 10 ide baru setiap hari dan berdiskusi.

Tentu, jika seorang James yang pernah depresi saja bisa membuktikan diri dan percaya pada mimpinya lagi, tentu kamu juga harus lebih yakin bukan?

Nah, itulah enam video TED Talks inspiratif yang akan membuatmu lebih percaya pada diri sendiri dan meraih mimpimu tanpa ragu. Jadi, apakah kalian lebih percaya diri sekarang?

Baca Juga: 6 Video TED Talks yang Akan Bikin Kamu Bangun & Mewujudkan Mimpi!

Siska Arifa Photo Community Writer Siska Arifa

Amateur who doesn't quit @siscaaryf

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You