Comscore Tracker

7 Sikap yang Membuatmu Susah Bangkit dari Kegagalan, Jangan Dipelihara

Bikin kamu susah sukses!

Dalam setiap perjuangan, nyaris tidak ada orang yang tak pernah mengalami kegagalan. Semua memiliki kisah pahitnya masing-masing, dan tentunya berkeinginan untuk bangkit dari keterpurukan.

Sayangnya, beberapa orang masih salah kaprah dalam menyikapi kegagalan, karena masih memelihara sikap yang tanpa disadari justru membuat mereka susah bangkit dan ikhlas atas kegagalan yang terjadi. Agar semangat bisa kembali, berikut tujuh sikap yang harus segera kamu hindari saat mengalami kegagalan.

1. Selalu negative thinking

7 Sikap yang Membuatmu Susah Bangkit dari Kegagalan, Jangan Dipeliharapexels.com/@mastercowley

Saat mengalami kegagalan, kebanyakan orang menjadi frustrasi dan tak jarang yang membelokkan pikirannya ke arah negatif. "Mungkin takdirku memang seperti ini, mungkin aku memang tidak sanggup, mungkin hal itu tidak akan bisa ku capai," dan segala kemungkinan buruk lain yang dipikirkannya.

Padahal terwujudnya suatu impian selalu berawal dari pikiran positif dan rasa percaya dirimu pada impian itu sendiri. Jika kegagalan malah membuatmu berpikir negatif, maka jangan harap hasil yang akan kamu dapatkan bisa sesuai harapan.

2. Takut yang berlebihan

7 Sikap yang Membuatmu Susah Bangkit dari Kegagalan, Jangan Dipeliharapexels.com/@segopotso-makhutja-443819

Memiliki rasa takut, terlebih takut untuk gagal kembali, memang hal yang wajar. Namun kita dianugerahkan rasa takut tersebut bukan untuk diikuti, tetapi untuk dilawan. Ingatlah bahwa untuk menggapai sesuatu itu tidak selamanya mudah. Kamu harus mengeluarkan effort lebih, yang diawali dengan keberanianmu untuk terus melangkah sampai pada tujuan yang diinginkan.

3. Terlalu membandingkan diri dengan yang lebih tinggi

7 Sikap yang Membuatmu Susah Bangkit dari Kegagalan, Jangan Dipeliharapexels.com/@zun1412

Terlalu melihat pada orang yang lebih sukses, tidak salah dilakukan bila tujuan kamu adalah menjadikannya sebagai inspirasi. Namun bila melihat ke atas malah membuatmu semakin down dengan kegagalan yang dialami, maka kurangilah sikap tersebut.

Berhenti membandingkan diri dengan orang yang lebih tinggi bila itu membuatmu kehilangan kepercayaan diri. Cukup fokus pada tujuan dan tak perlu mengurusi kehidupan orang lain, karena hakikatnya semua orang memiliki jalan kesuksesannya masing-masing.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Kegagalan Itu Perlu Dirasakan Sebelum Raih Kesuksesan

4. Melupakan tujuan awal

7 Sikap yang Membuatmu Susah Bangkit dari Kegagalan, Jangan Dipeliharaunsplash.com/@stefanspassov

Sebelum berjuang kamu tentu memiliki tujuan dalam perjuanganmu bukan? Entah itu ingin sukses, mendapatkan pekerjaan idaman, hingga mengambil hati pujaan. Namun kurang teguhnya keyakinanmu pada tujuan itu bisa membuat kamu juga susah bangkit ketika menemui kegagalan.

Jika terlanjur gagal, maka untuk membangkitkan semangatmu kembali adalah mengingat tujuan awal. Sehingga kegagalan seperti apapun tidak akan menghalangi jalanmu dalam mengejar apa yang kamu impikan.

5. Terlalu mendengarkan apa kata orang

7 Sikap yang Membuatmu Susah Bangkit dari Kegagalan, Jangan Dipeliharaunsplash.com/@soroushkarimi

Hidup bersosial membuat kehidupan kita seakan tak lepas dari komentar orang-orang di sekitar. Apalagi saat gagal dan terpuruk, berbagai komentar buruk yang tidak bisa kamu saring akan sangat memengaruhi mental dan membuatmu sulit untuk bangkit.

Di sinilah perlunya kamu untuk bersikap cuek dan bodo amat terhadap berbagai perkataan negatif yang dilontarkan orang lain. Jika terus dipikirkan, maka kamu sendiri yang akan kewalahan saat akan memulai kembali perjuangan.

6. Terlalu memikirkan kegagalan itu sendiri

7 Sikap yang Membuatmu Susah Bangkit dari Kegagalan, Jangan Dipeliharapixabay.com/free-photos

Saat gagal, cukup sedih sewajarnya saja dan jangan terlalu dipikirkan. Karena kegagalan yang terlalu di terpuruki malah akan membuat perasaanmu semakin jatuh dan sulit untuk membangkitkannya lagi.

Ingatlah bahwa kegagalan selalu memberikanmu pelajaran dan pengalaman baru, jadikan itu sebagai bekal untuk perjalananmu selanjutnya.

7. Tidak berusaha bangkit

7 Sikap yang Membuatmu Susah Bangkit dari Kegagalan, Jangan Dipeliharaunsplash.com/@gohrhyyan

Sikap terakhir yang membuat kamu susah bangkit ya ketidakinginan kamu sendiri pada perubahan itu. Jika kamu tidak berusaha, maka selamanya kamu pun tidak akan pernah bisa menggapainya. Meski sulit, sekecil apapun usahamu untuk bangkit, maka lakukan saja. Karena hal kecil yang dilakukan terus menerus bisa membuat perubahan besar pada akhirnya.

Bangkit dari kegagalan itu memang sulit, namun bukan berarti tidak bisa dilakukan. Kamu hanya perlu menyiapkan tekad dan mental yang kuat dalam menghadapinya. Ingatlah bahwa kegagalan adalah bagian penting dari jalan kamu menuju kesuksesan. Semangat!

Baca Juga: Genggam dan Jalani 6 Prinsip Hidup Ini untuk Sukses dan Bahagia

Siti Andini Photo Verified Writer Siti Andini

Nothing Impossible!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya