Comscore Tracker

Jangan Rebahan Terus, Ini 7 Cara Produktif Menghabiskan Waktu di Rumah

Walau di rumah, harus tetap produktif dong

Saat aktivitas padat dan menyita waktu, libur akan menjadi kata yang membahagiakan untuk didengar. Namun beda cerita jika pada saat libur kita diharuskan untuk tetap di rumah. Jika hanya menghabiskan waktu dengan bermain gadget atau marathon film, lama-lama bisa bikin kepala pusing dan malah membuat badan lemas.

Daripada bingung ingin melakukan apa atau sudah bosan dengan kegiatan itu-itu saja, ada beberapa ide kegiatan yang lebih produktif untuk mengisi waktu libur agar lebih bermanfaat. Apa saja?

1. Membersihkan dan menyortir isi lemari

Jangan Rebahan Terus, Ini 7 Cara Produktif Menghabiskan Waktu di Rumahunsplash.com/SarahBrown

Saking jarangnya dicek dan disortir, terkadang sampai lupa ada pakaian yang sudah lama sekali tidak digunakan atau bahkan pakaian baru yang belum pernah dibuka dari wadahnya menumpuk jadi satu di lemari. 

Dengan libur berarti ada cukup waktu untuk membereskan isi lemari yang berantakan. Cukup simpan pakaian yang benar-benar masih dipakai, lalu rapikan berdasarkan jenis agar mudah diambil. Siapa tahu pas beres-beres lemari nemu ada yang nyelip, ya kan?

2. Menyelesaikan buku yang belum sempat dibaca

Jangan Rebahan Terus, Ini 7 Cara Produktif Menghabiskan Waktu di Rumahunsplash.com/AnthonyTran

Padatnya rutinitas terkadang membuat kita tidak sempat menyelesaikan buku yang sedang dibaca. Atau bahkan lupa pernah membeli buku dan akhirnya hanya menumpuk di rumah, belum sempat dibaca. Mumpung libur, waktu untuk membaca juga semakin banyak, saatnya menuntaskan buku yang belum selesai dibaca.

Apalagi jika punya target bacaan yang harus diselesaikan, waktu libur bisa dijadikan kesempatan untuk menuntaskan target dan menambah list bacaan selanjutnya.

3. Memulai kebiasaan sehat setiap hari, seperti olahraga

Jangan Rebahan Terus, Ini 7 Cara Produktif Menghabiskan Waktu di Rumahunsplash.com/BrunoNascimento

Libur panjang juga bisa menjadi kesempatan untuk mulai membiasakan diri melakukan pola hidup sehat. Dari yang sebelumnya jarang olahraga pagi, mulai berolahraga pagi. Atau dari yang sebelumnya sering begadang, mulai tidur teratur.

Dimulai hal-hal sederhana, yang penting niat dan dilakukan secara konsisten. Secara alami, nantinya bisa menjadi kebiasaan sehari-hari yang akan dilakukan tanpa terpaksa.

Baca Juga: Cuma Pakai Air, Praktikkan 8 Trik Sains Ajaib Ini saat Bosan di Rumah

4. Nggak ada salahnya untuk belajar memasak, bukan?

Jangan Rebahan Terus, Ini 7 Cara Produktif Menghabiskan Waktu di Rumahunsplash.com/AaronThomas

Memasak juga bisa dijadikan kegiatan untuk mengisi waktu luang, siapa tahu ada bakat koki yang selama ini masih terpendam. Mencoba resep baru atau mencoba teknik memasak yang ingin dipelajari bisa menjadi hal yang menyenangkan, apalagi jika hasil masakannya lezat dan sesuai ekspektasi.

Selain itu dengan memasak sendiri, tentunya bisa memastikan kualitas bahannya dan kebersihan alat masaknya. 

5. Hubungi teman yang sudah lama tidak bertemu

Jangan Rebahan Terus, Ini 7 Cara Produktif Menghabiskan Waktu di Rumahunsplash.com/JonLy

Saat nganggur dan tidak melakukan apapun, pernah nggak sih tiba-tiba teringat teman semasa sekolah dulu? Yang pernah lengket kemana-mana bareng, tapi karena jarak dan kesibukan, mungkin terakhir kali bersapa adalah saat lebaran tahun lalu. 

Daripada cuma kepikiran saja, menghubungi kembali teman yang sudah lama tidak bertemu nggak ada salahnya lho. Saling bertukar kabar atau ngobrol masa-masa saat sekolah dulu, pasti tidak membosankan dan bisa bikin lupa waktu.

6. Belajar kreasi DIY yang sudah lama ingin dipelajari

Jangan Rebahan Terus, Ini 7 Cara Produktif Menghabiskan Waktu di Rumahunsplash.com/DianaSchröder-Bode

DIY atau do it yourself adalah kegiatan membuat baru ataupun memodifikasi kerajinan dengan memanfaatkan barang bekas menjadi barang yang bisa dipakai kembali. Saat melihat video kreasi DIY yang menarik, terkadang muncul keinginan untuk mencobanya juga. 

Tidak ada salahnya untuk mencoba membuat kerajinan yang sudah lama ingin dicoba untuk mengisi waktu luang. Di samping bisa menghasilkan kerajinan buatan sendiri atau menjadikan barang bekas bernilai kembali, kegiatan ini juga bisa mengurangi stres lho.

7. Melakukan perawatan kecantikan di rumah

Jangan Rebahan Terus, Ini 7 Cara Produktif Menghabiskan Waktu di Rumahunsplash.com/IsabellWinter

Kesibukan yang menyita waktu terkadang membuat kita tidak sempat untuk merawat diri. Saat libur adalah saatnya memanjakan diri dengan melakukan ritual kecantikan di rumah. Nggak cuma memakai skincare saja, untuk mendapatkan hasil perawatan yang maksimal selama liburan, juga bisa didukung dengan tidur yang teratur, makan makanan sehat dan olahraga cukup.

Nah, itu dia beberapa hal yang bisa dilakukan agar waktu libur lebih produktif dan bermanfaat. Semoga menginspirasi!

Baca Juga: 7 Tips Menata Rumah Minimalis Dua Lantai, Dijamin Rumah Bikin Betah!

Siwi Tristanti Photo Verified Writer Siwi Tristanti

^^

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya