5 Cara Mengubah Situasi Writer's Block Jadi Bahan Tulisan

Ada inspirasi di tengah situasi terhimpit

Writer's block menjadi musuh utama bagi orang yang gemar atau berprofesi sebagai penulis. Setiap penulis ingin produktif menghasilkan karya yang memuaskan. Situasi writer's block menghalangi penulis untuk melakukan kegiatan seperti biasa.

Saat sulit menemukan ide, penulis sebenarnya bisa menggunakan situasi writer's block sebagai bahan tulisan. Bagi penulis artikel, ada banyak sisi dari situasi writer's block yang bisa diangkat. Berikut lima cara mengubah situasi writer's block menjadi bahan tulisan yang menginspirasi pembaca.

Baca Juga: 5 Penyebab Writer’s Block, Musuh Besar Penulis

1. Kulik fakta tentang writer's block

5 Cara Mengubah Situasi Writer's Block Jadi Bahan Tulisanilustrasi seorang penulis (pexels.com/William Fortunato)

Meski tergolong istilah umum, tidak semua orang mengetahui writer's block secara mendalam. Penulis bisa mengulik fakta tentang masalah yang biasa membayangi teman seprofesi mereka ini. Mengulik fakta bisa membantu penulis lain untuk mengetahui masalah ini secara mendalam.

Dalam mengulik fakta mengenai writer's block, penulis bisa mengambil informasi dari tenaga profesional atau pengalaman penulis yang lain. Fakta-fakta tentang masalah ini juga bisa mencakup perkembangan writer's block dari masa ke masa. Tidak hanya membantu penulis lain, melakukan kegiatan ini juga bisa mengeluarkan penulis dari situasi writer's block mereka sendiri.

2. Jabarkan ciri-ciri writer's block secara terperinci

5 Cara Mengubah Situasi Writer's Block Jadi Bahan Tulisanilustrasi seorang penulis (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Kadang penulis masih kesulitan untuk memahami diri sendiri yang sedang terkena writer's block. Mereka kerap mengira kemampuan dalam merangkai kata sedang menurun. Akibatnya, para penulis sering kehilangan kepercayaan diri dalam situasi sejenis.

Dengan menjabarkan ciri-ciri tentang writer's block, penulis sedang membantu teman satu profesi untuk mengenali masalah sendiri. Identifikasi masalah yang lebih awal membuat solusi jadi lebih mudah untuk ditemui. Penulis pun bisa kembali produktif lebih cepat jika mengetahui masalah mereka terlebih dahulu.

3. Cari penanganan efektif agar masalah tidak berulang

5 Cara Mengubah Situasi Writer's Block Jadi Bahan Tulisanilustrasi writer's block (pexels.com/energepic.com)
dm-player

Selain ciri-ciri tentang writer's block, penulis juga bisa mengidentifikasi solusi yang selama ini efektif untuk mereka. Writer's block menjadi masalah yang kerap terulang. Dengan lebih teliti memperhatikan solusi, penulis bisa mencegah situasi ini untuk terulang.

Penanganan setiap masalah pun pasti berbeda dari satu kejadian ke kejadian lainnya. Agar solusi yang ditemukan tidak terbuang secara percuma, poin-poin yang ada bisa dijabarkan dalam sebuah tulisan. Adanya tulisan sebagai karya abadi membuat penulis bisa meniliknya lagi jika masalah yang sama akhirnya muncul kembali.

Baca Juga: 6 Cara Menulis Paragraf Pembuka Artikel Menarik, Atasi Writer's Block!

4. Kumpulkan pendapat ahli atau senior

5 Cara Mengubah Situasi Writer's Block Jadi Bahan Tulisanilustrasi penulis ahli (pexels.com/Andrea Puacquadio)

Penulis kawakan pun tidak akan lepas dari masalah writer's block ini. Yang perlu dilakukan penulis pemula adalah belajar dari para senior dan ahli untuk mencari solusi. Pendapat dari penulis senior atau yang sudah ahli biasanya lebih mudah diterima oleh pembaca.

Artikel mengenai cara penulis senior mengatasi writer's block pun bisa mengundang kepercayaan lebih dari pembaca. Referensi penulis pun bisa bertambah dengan mengulik hal ini. Tidak jarang solusi dari penulis ahli cocok diterapkan untuk masalah diri sendiri.

5. Belajar dari media yang tersedia

5 Cara Mengubah Situasi Writer's Block Jadi Bahan Tulisanilustrasi membaca buku (pexels.com/Monstera Production)

Mengingat writer's block tergolong masalah yang sudah menahun, media pasti sudah mengeksplorasi mengenai tema sejenis. Sejumlah buku dan film kerap membahas masalah ini secara mendalam. Media seperti ini pantas digunakan penulis untuk pembelajaran mereka.

Penulis bisa membuat daftar mengenai buku dan film yang membahas tentang writer's block. Daftar ini tidak hanya memperkaya karya penulis tentang tema tersebut. Pembaca jadi punya referensi lebih untuk mencari tahu solusi yang tersedia, sehingga tidak hanya mengandalkan artikel tentang solusi semata.

Writer's block memang masalah yang menyebalkan. Akan tetapi, cara-cara ini bisa digunakan penulis untuk mengubah situasi frustrasi menjadi produktivitas bernilai tinggi.

Baca Juga: 5 Trik Jitu untuk Keluar dari Jebakan Writer's Block

Sri Mulyati Photo Verified Writer Sri Mulyati

A passenger, preferably on window seat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya