Comscore Tracker

5 Kalimat yang Jangan Sampai Kamu Katakan pada Teman yang Lagi Depresi

"Makanya, rajin berdoa, dong"

Memiliki teman yang sedang berada dalam kondisi depresi memang gak mudah. Bukan hanya butuh dukungan, seseorang dengan beban mental yang berat butuh dikuatkan. Dalam hal ini, kamu sebagai teman bertanggung jawab untuk membuat kondisinya jadi lebih baik.

Supaya kadar stresnya gak makin parah, jangan sampai kamu mengatakan lima hal ini pada teman yang sedang tertekan. Kondisi hatinya yang tidak baik bisa berakibat fatal kalau kamu berkomentar secara tidak tepat.

1. “Kamu itu harusnya bersyukur, dong. Di luar sana, banyak yang lebih susah!”

5 Kalimat yang Jangan Sampai Kamu Katakan pada Teman yang Lagi Depresistandard.co.uk

Harus kamu ingat bahwa penderitaan yang dialami orang lain tidak akan membuat tekanan yang sedang temanmu alami itu berkurang. Mengatakannya bisa jadi hanya akan memperburuk situasi. Dibanding salah bicara, alangkah baiknya kamu diam dan berperan sebagai pendengar yang baik dan selalu ada untuknya.

2. “Itu cuma perasaanmu aja. Aku, lho, juga pernah gitu”

5 Kalimat yang Jangan Sampai Kamu Katakan pada Teman yang Lagi Depresiimdb.com

Lalu? Hanya karena kamu pernah mengalaminya dan bisa melaluinya, bukan berarti orang lain juga pasti seperti itu. Cobalah menjadi teman yang memiliki empati dengan coba merasakan apa yang sedang dia rasakan. Jangan menyamakan. Jangan sekali-kali membuatnya merasa lemah karena dia akan makin terpuruk.

Baca Juga: Ho'oponopono, Lagu Anti Stres Ini Populer di Seluruh Dunia

3. “Makanya, kamu itu rajin berdoa, dong”

5 Kalimat yang Jangan Sampai Kamu Katakan pada Teman yang Lagi Depresitraileraddict.com

Orang yang mengalami kesulitan belum tentu karena kurang berdoa. Lagi pula, siapa kamu yang bisa menghakimi orang begitu saja? Jangan pernah mengatakan hal seperti ini pada teman yang sedang mengalami tekanan yang berat.

Bagaimanapun, kamu tidak merasakan apa yang sedang dia rasakan. Jadi, kalau tidak bisa membantu, lebih baik jangan memperbanyak masalahnya.

4. “Jangan ngeluh teruslah. Bosan aku”

5 Kalimat yang Jangan Sampai Kamu Katakan pada Teman yang Lagi Depresiindependent.ie

Kamu harus tahu bahwa dia juga tidak bermaksud untuk terus mengeluh. Dia memiliki tekanan mental yang membuatnya bisa jadi bingung dengan keadaannya. Kamu yang berpengetahuan minim soal kesehatan mental sebaiknya menyarankannya untuk menemui ahli yang lebih berpengalaman.

5. “Masa, sih, kamu depresi? Orang kelihatannya gak apa-apa gitu, kok”

5 Kalimat yang Jangan Sampai Kamu Katakan pada Teman yang Lagi Depresimiromagazine.com

Hanya karena dia tidak menangis, bukan berarti dia sedang baik-baik saja. Kamu gak akan pernah tahu apa yang orang lain rasakan dalam hidupnya karena kamu bukan dia.

Kalau temanmu datang karena masalah kesehatan mental, kamu perlu menanganinya dengan serius, bukan mempermainkan perasaannya dengan mempertimbangkan kondisinya yang kelihatan baik-baik saja.

Dia yang datang padamu ketika dalam keadaan tertekan haruslah kamu perhatikan lebih dulu dibandingkan semua kesibukanmu. Untuk bisa terbuka padamu saja, dia sudah melalui proses yang berat. Jangan sampai perkataanmu yang tidak dipikir dulu membuat kondisinya semakin buruk, bahkan enggan untuk membuka dirinya lagi.

Baca Juga: Ini 5 Sikap Cowok yang Bisa Bikin Cewek Stres

Stella Azasya Photo Verified Writer Stella Azasya

A chronic daydreamer || IG: @stellaazasya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya