Comscore Tracker

7 Tanda Nyata Kamu Tipe Orang Perfeksionis Garis Keras

Kadang menyiksa lho

Orang dengan kepribadian ini adalah orang yang selalu menginginkan semua yang dia lakukan itu sempurna dan berjalan sesuai yang dia rencanakan. Tidak ada salahnya jika kamu menginginkan segala yang terbaik untuk apapun yang kamu kerjakan, tapi masalah akan muncul ketika kamu tidak bisa mengontrol obsesi untuk menjadi sempurna itu.

Di bawah ini adalah 7 tanda nyata kamu seorang perfeksionis garis keras. Kalau kamu memiliki semua tanda di bawah ini berarti kamu harus mulai belajar mengontrol obsesimu untuk menjadi sempurna. Kalau tidak, kamu sendiri yang akan tersiksa jika tidak semua hal berjalan baik.

1. Kamu menetapkan ekspektasi yang tidak realistis dalam dirimu sendiri.

7 Tanda Nyata Kamu Tipe Orang Perfeksionis Garis KerasPhoto by Jesse Collins on Unsplash

Setiap hari, kamu memikirkan bagaimana kamu bisa mencapai banyak hal sampai-sampai kamu lupa kalau kamu manusia yang terbatas. Kamu menetapkan standar yang super tinggi dan kamu sering merasa stres karena hal ini. Kamu harus belajar untuk cuek dan menurunkan standarmu. Maklumi dirimu yang terbatas. Menginginkan hal yang tidak masuk akal hanya akan membuatmu gila karena obesesi.

2. Kamu sangat tidak mudah percaya pada orang lain.

7 Tanda Nyata Kamu Tipe Orang Perfeksionis Garis KerasPhoto by Drew Hays on Unsplash

Karena kamu merasa kamulah yang terbaik untuk melakukannya dan jika orang lain yang mengerjakannya maka hasilnya tidak akan baik. Kamu menciptakan tembok yang tinggi pada orang lain dan membuat orang lain tidak bisa menjangkaumu dan sebaliknya. Kalau seperti itu terus, kamu sendiri yang akan susah.

3. Kamu butuh mengontrol segala-galanya.

7 Tanda Nyata Kamu Tipe Orang Perfeksionis Garis KerasPhoto by Majid Sadr on Unsplash

Kamu menganggap semua harus berada dalam jangkauan tanganmu agar kamu tidak kecewa. Malahan kamu akan merasa tidak tenang kalau sampai kamu tidak bisa mengatur semuanya. Kamu tidak harus mengontrol semuanya. Berikan dirimu sendiri istirahat. Kamu akan lelah kalau kamu mengurusnya sendiri.

4. Kamu punya ekspektasi yang tidak masuk akal pada orang lain.

7 Tanda Nyata Kamu Tipe Orang Perfeksionis Garis KerasPhoto by rawpixel.com on Unsplash

Kamu mengharapkan orang lain untuk mengerjakan semua yang sempurna. Kamu juga mengharapkan orang lain bisa melakukan sebaik yang kamu lakukan. Kamu tidak bisa seperti itu. Semua orang punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Hargai apa yang orang lain kerjakan walau tidak sebagus apa yang kamu kerjakan.

Baca Juga: Kamu Tidak Sempurna & 7 Hal Menguntungkan Ini Akan Terjadi Kalau Kamu Menerimanya

5. Kamu punya level stres yang tinggi.

7 Tanda Nyata Kamu Tipe Orang Perfeksionis Garis KerasPhoto by Lucas Pimenta on Unsplash

Bagaimana kamu tidak memiliki level stres yang tinggi kalau kamu selalu cemas tidak bisa melakukan yang terbaik atau yang sesuai dengan standart yang kamu tetapkan. Jika kamu sering stres tanpa alasan yang jelas, bisa jadi itu karena kamu mengharapkan hal berjalan sesuai keinginan dan kenyataannya tidak. Itu artinya kamu memang seorang perfeksionis.

6. Orang lain melihatmu sebagai orang yang tahu segalanya.

7 Tanda Nyata Kamu Tipe Orang Perfeksionis Garis KerasPhoto by rawpixel.com on Unsplash

Orang akan minder berada di dekatmu karena kamu sosok yang tidak bisa dijangkau. Kamu terlalu pekerja keras, kaku bakan keras pada dirimu sendiri dan orang lain. Orang lain melihatmu sebagai orang yang tahu segala-galanya dan kamu fine-fine saja dengan sebutan itu. Kamu malah akan merasa terganggu kalau ada yang menganggapmu tidak mampu.

7. Kamu sering merasa kesepian.

7 Tanda Nyata Kamu Tipe Orang Perfeksionis Garis KerasPhoto by Blake Connally on Unsplash

Karena kamu tidak mudah percaya dengan orang lain dan terbiasa mengerjakan semuanya sendiri, makanya kamu sering merasa kesepian. Kalau kamu sering merasakannya, itu bisa jadi karena kamu seorang yang perfeksionis.

Jadi perfeksionis boleh saja, asal jangan berlebihan. Kamu sendiri yang akan cemas dan tidak tenang kalau sampai ada hal-hal buruk yang terjadi. Kamu harus bisa menerima bahwa tidak semua hal di dunia ini bisa berjalan sesuai yang kamu inginkan. Kegagalan terjadi – dan itu hal yang normal.

Baca Juga: 8 ‘Kebiasaan Buruk’ yang Gak Sadar Selalu Dimiliki Cewek Kuat

Topic:

Berita Terkini Lainnya