Comscore Tracker

Ini 7 Hal yang Harus Kamu Ingat Jika Bingung Ambil Keputusan

Jadilah tegas dengan dirimu sendiri

Semua orang pasti pernah dihadapkan dengan dua pilihan. Tapi tidak sedikit orang yang mengalami kesulitan menentukan pilihan yang tepat. Pada akhirnya, kebanyakan orang memilih yang paling mudah dan menguntungkan padahal yang membawa kerugian di masa depan. Keputusanmu hari ini sangat berpengaruh untuk hari esok. Jadi jangan sampai kamu salah memilih dan membuat dirimu sendiri menyesal nantinya.

Ada 7 cara yang harus kamu lakukan saat kamu bingung harus ambil keputusan yang mana. Tenangkan dirimu dan jangan panik. Panik hanya akan menghancurkan konsentrasimu. Kalau kamu termakan panik, kamu bisa salah memilih nanti.

1. Tentukan skala prioritasmu.

Ini 7 Hal yang Harus Kamu Ingat Jika Bingung Ambil KeputusanPhoto by Dương Trần Quốc on Unsplash

Jika kamu lelah menentukan mana yang paling penting karena semuanya terlihat penting, tuliskan semua pilihan dalam sebuah kertas. Tuliskan dari yang paling sulit sampai yang paling mudah. Tuliskan juga dampak dari setiap keputusan. Apa yang akan terjadi kalau kamu memilih A dan apa yang akan terjadi kalau kamu memilih B.

2. Pakai sistem jika-maka.

Ini 7 Hal yang Harus Kamu Ingat Jika Bingung Ambil KeputusanPhoto by Philipp Mandler on Unsplash

Setelah itu pakai sistem jika-maka. Jika kamu memilih A maka apa dan jika kamu memilih B maka apa yang akan terjadi. Jangan berpikir pendek. Pilih yang keuntungannya sampai jangka panjang. Memilih yang mudah di awal dan buruk di akhir hanya akan membuatmu rugi sendiri nantinya.

3. Berpikir lebih banyak adalah pilihan yang baik. 

Ini 7 Hal yang Harus Kamu Ingat Jika Bingung Ambil KeputusanPhoto by Jonathan Simcoe on Unsplash

Jangan malas memikirkan mana yang paling tepat. Pikirkan dengan baik pilihan mana yang benar-benar membuatmu selamat sekarang dan nanti, bukan sekarang saja. Lebih banyak berpikir akan membuatmu lebih banyak menentukan konsekuensinya.

4. Tentukan deadline kapan kamu mau memutuskan.

Ini 7 Hal yang Harus Kamu Ingat Jika Bingung Ambil KeputusanPhoto by freestocks.org on Unsplash

Jangan berlama-lama tidak memutuskan dan akhirnya membuatmu malah tidak memilih. Tentukan kapan kamu mau ambil keputusan, berapa lama kamu akan memikirkannya dan berapa lama kamu sudah harus punya jawabannya. Kamu harus bisa menjadi orang yang punya integritas, jika kamu mengatakan akan memutuskan dalam tiga hari, maka pastikan kamu sudah punya keputusannya dalam tiga hari.

Baca Juga: 10 Quotes Bijak Tom Hanks Ini Ampuh Tularkan Kebijaksanaan di Dirimu

5. Terima dengan lapang dada kalau ada satu pilihan yang harus kamu korbankan.

Ini 7 Hal yang Harus Kamu Ingat Jika Bingung Ambil KeputusanPhoto by Felipe P. Lima Rizo on Unsplash

Bagimu mungkin semuanya tampak sulit, tampak sama-sama penting dan sama-sama mendesak, tapi mau tidak mau kamu harus tetap memilih dan merelakan. Jangan sampai kamu terlalu memberatkan satu pilihan sampai kamu tidak jadi memutuskan. Relakan yang harus direlakan.

6. Percayalah pada intuisimu.

Ini 7 Hal yang Harus Kamu Ingat Jika Bingung Ambil KeputusanPhoto by W A T A R I on Unsplash

Intuisi tidak selalu salah. Terkadang justru intuisi adalah hal paling tepat untuk diikuti. Tanyakan pada hati kecilmu mana yang membuatmu nyaman dan paling bahagia. Dengan begitu kamu akan merasa puas karena kamu tidak salah memilih.

7. Jadilah tegas.

Ini 7 Hal yang Harus Kamu Ingat Jika Bingung Ambil KeputusanPhoto by Blake Connally on Unsplash

Jika kamu tidak bisa tegas dengan dirimu sendiri, maka kamu tidak akan bisa tegas dengan orang lain. tegaslah pada dirimu sendiri, jangan sampai kamu membiarkan dirimu terlalu nyaman sampai jadi manja dan akhirnya tidak bisa ambil keputusan sendiri.

Gunakan 7 cara di atas saat kamu terjebak dalam dua pilihan sulit. Yang terpenting adalah kamu yakin kamu tidak memilih pilihan yang bisa membawamu pada penyesalan. Walau berat, setidaknya kamu harus tahu mana yang mau kamu lakukan. Jangan sampai kamu membuat dirimu sendiri terjebak dalam pilihan sulit dan akhirnya tidak memilih yang seharusnya kamu pilih.

Baca Juga: Saat Kamu Merasa Stuck Dalam Hidup, Renungkanlah 7 Pesan Bijak Ini!

Topic:

Berita Terkini Lainnya