Comscore Tracker

7 Pemborosan Energi Terbesar yang Biasa Orang Lakukan di Rumah

Kamu juga gak?

Tidak sedikit yang masih menganggap sepele pemborosan energi. Padahal, meningkatnya suhu global, perubahan iklim, intensitas cuaca yang ekstrem juga adalah dampak dari pemborosan energi yang setiap hari orang lakukan.

Manusia juga bisa terancam habitatnya akibat pemanasan global. Ada 7 pemborosan energi terbesar yang biasa orang lakukan di rumah. Coba kamu lihat daftarnya, kalau kamu juga termasuk yang melakukannya, maka sebaiknya kamu mulai mengadakan penghematan energi di mulai dari rumahmu sendiri.

1. Meninggalkan rumah dalam keadaan lampu menyala

7 Pemborosan Energi Terbesar yang Biasa Orang Lakukan di RumahUnsplash.com/Daniil Avilov

Salah satu kebiasaan buang-buang energi yang paling jelas adalah lampu. Mulai sekarang, jangan lupakan untuk mematikan lampu sebelum meninggalkan rumah atau pada siang hari karena sama saja kamu membantu menghemat listrik dan membuat bola lampumu bisa bertahan lama.

2. Membiarkan barang elektronik tetap menancap di stop kontak

7 Pemborosan Energi Terbesar yang Biasa Orang Lakukan di RumahUnsplash.com/Steve Johnson

Peralatan elektronik tetap menggunakan energi bahkan saat dimatikan. Cabut semua alat elektronik yang sudah tidak digunakan. Selama bisa menghemat energi, jangan memboroskannya begitu saja.

3. Mengisi daya ponsel semalaman

7 Pemborosan Energi Terbesar yang Biasa Orang Lakukan di RumahUnsplash.com/Jeff Sheldon

Yang paling sering anak muda lakukan adalah ini. Apakah kamu juga suka men-charge hanphone sampai keesokan hari? Jangan lakukan ini lagi. Sebaiknya tunggu sampai pagi untuk mengisi dayanya daripada membiarkannya tertancap sampai pagi.

4. Menyalakan alat pendingin ruangan saat tidak ada orang

7 Pemborosan Energi Terbesar yang Biasa Orang Lakukan di RumahUnsplash.com/Breather

AC, ataupun kipas angin, sebaiknya kamu mengatur penggunaannya sehemat mungkin. Kalau memang tidak ada orang, maka jangan dinyalakan. Kamu hanya buang-buang energi percuma kalau masih suka menyalakannya.

Baca juga: 6 Kebiasaan Berakibat Fatal yang Sering Dilakukan Orang

5. Membiarkan tv menyala semalaman

7 Pemborosan Energi Terbesar yang Biasa Orang Lakukan di RumahUnsplash.com/Taner Ardali

Kebiasaan lain yang masih sering orang adalah menyalakan tv tanpa menontonnya. Apalagi pada malam hari. Sebaiknya kamu matikan saja walau kamu belum tidur untuk mencegah terjadinya pemborosan energi yang sia-sia.

6. Bermain game sepanjang hari

7 Pemborosan Energi Terbesar yang Biasa Orang Lakukan di RumahUnsplash.com/Ugur Akdemir

Mulai atur pukul berapa sampai berapa kamu seharusnya main game. Selain memboroskan energi, kamu juga membuang banyak waktumu jika hanya dihabiskan di depan game saja.

7. Meletakkan kulkas di tempat yang salah

7 Pemborosan Energi Terbesar yang Biasa Orang Lakukan di RumahUnsplash.com/Naomi Hebert

Kulkas adalah satu-satunya alat elektronik yang tidak pernah mati setiap hari. Tapi kebanyakan orang tidak paham di mana harus meletakkan kulkas dengan benar. Harus ada ventilasi di sekitar kulkas. Bahkan pada dinding, jangan sampai terlalu dekat. Tidak memberikan ventilasi akan membuat kulkas cepat panas dan membutuhkan energi yang lebih banyak lagi.

Itulah 7 pemborosan energi terbesar yang biasa orang lakukan di rumah. Karena ada begitu banyaknya dampak buruk dari pemborosan energi, sebaiknya kamu mulai peduli untuk tidak melakukan pemborosan energi di manapun kamu berada. Hindari kebiasaan memboroskan listrik sebisa mungkin. Setidaknya, kamu mau tidak mau harus ikut dalam penghematan energi demi masa depan bumi yang lebih baik dan sehat.

Baca juga: Mati Listrik, 950 Penambang Afrika Selatan Terjebak di Dalam Tanah

Topic:

  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya